Mengenal Colocation Server

Mengenal Colocation Server

Colocation server adalah tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan data center yang biasanya dikelola oleh pihak ketiga. Dengan begitu, colocation server adalah sebuah jasa yang dikelola oleh pihak ketiga untuk mengurusi perawatan hardware pada sebuah server. Namun perlu diperhatikan apakah kriteria jasa yang dipilih sudah terpenuhi.

Setelah mengetahui apa itu colocation server, kita akan membahas apa perbedaan dan persamaan colocation server dengan dedicated server. Dedicate server adalah layanan server lainnya yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan server dengan data yang sangat besar. Oleh karena hal itu, diperlukan lah server khusus untuk menampung jumlah data tersebut. Selain fungsi yang berbeda, kedua server ini juga memiliki kesamaan yaitu sistemnya yang sama-sama menyewa sebuah server atau hardware yang dipakai secara perseorangan, namun yang membedakan dedicated server adalah tidak ada system sharing pada waktu yang bersamaan dengan penggun lain.

Setelah memahami apa perbedaan dan persamaan dedicate server dan colocation server, kita akan menyinggung mengenai perbedaan dan persamaan antara hosting dan colocation server. Hosting merupakan tempat penyimpanan dalam konteks website yang di mana pengguna bias menyimpan file seperti email, teks, aplikasi, program, gambar dan sebagainya. Selain itu hosting yang paling sering dipakai yaitu shared hosting. hosting yang memiliki sistem berbagi ini dipakai secara bersama-sama dengan pengguna lainnya yang membutuhkan keperluan yang sama. Pengguna akan menggunakan IP address, software, dan hardware yang sama dengan pengguna lainnya.

Jika dilihat sekilas saja, hosting dan colocation server memiliki fungsi yang cukup serupa yakni berbagi wadah. Namun, jika ditelaah lebih lanjut, terdapat perbedaan yang cukup mendasar pada hosting dan colocation server. Colocation server disebut juga dengan cloud hosting. Jika dibandingkan dengan hosting biasa, cloud hosting merupakan layanan yang memiliki koneksi yang banyak dengan server yang berbeda.

Terdapat beberapa jenis dari produk ini. Seperti yang kita semua diketahui, colocation server merupakan layanan yang memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, terdapat bebrapa server yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa jenis dari server tersebut adalah seperti Per U, Half Rack, dan Full Rack Selain itu, terdapat dua jenis model penyimpanan server yakni pada rack maupun cabinet. Biasanya yang pemilihan model rack ini bias diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

Terdapat beberapa alasan mengapa harus menggunakan produk ini. Penggunaan produk yang satu ini sangat dianjurkan karena terdapat banyak sekali bahaya yang akan mengancam data-data yang dimiliki. Ini merupakan dua alasan yang perlu diperhatikan kenapa sangat perlu menggunakan produk ini, yaitu untuk mengatisapasi hal-hal yang menghambat sistem dan untuk mengatasi gangguan yang bias menghalangi eksestensi data di dalam server. Colocation sever merupakan solusi yang sanagat tepat untuk mengatasi hal-hal di atas tadi. Karena jika hal tersebut terjadi pasti akan membahayakan data yang dimiliki.

Berbicara mengenai colocation server di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa ini, salah satunya adalah nexdatacenter.com. Selain itu produk ini tidak akan jauh dari cloud server. Pasalnya, salah satu layanan yang didapat ketika menggunakan colocation server adalah cloud server yang membutuhkan jaringan internet untuk pengolahan datanya. Dalam hal bisnis, inilah beberapa keuntungan yang didapat ketika menggunakan cloud server, yaitu efesiensi untuk pengguna, akses data yang mudah, tidak diperlukan biaya untuk perangkat keras dan perangkat lunak yang memudahkan pengguna.

Update Artikel Gratis?

0 Response to "Mengenal Colocation Server"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.