Soal dan Kunci Jawaban Pembelajaran TVRI untuk SMA (Rabu, 22 April 2020)

Soal dan Kunci Jawaban Pembelajaran TVRI untuk SMA (Rabu, 22 April 2020)
Selamat pagi adik-adik di rumah. Gimana belajar dari rumahnya? semoga lancar dan menambah pengetahuannya ya. Ingat tetap di rumah untuk belajar dan beribadah ya. Jaga kesehatan dan tetap rajin juga mencuci tangannya. Kali ini IPUNG.NET bakal kasih soal dan jawaban yang ditayangkan di TVRI untuk hari ini. Tapi tetap fokus apa yang diajarkan pada tayangan TVRI ya.

Soal dan Kunci Jawaban Pembelajaran TVRI untuk SMA Minggu kedua 20-24 April 2020. Setelah menyelesaikan pembelajaran minggu pertama yang dimulai dari senin, 13 April 2020 lalu, kini memasuki masa pembelajaran minggu kedua melalui siaran TVRI. Hal ini lantaran wabah pandemi virus corona yang masih ada di Indonesia, sehingga untuk memutus rantai penularan diharuskan untuk belajar di rumah.

Proses kegaiatan belajar di rumah didukung pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan TVRI menayangkan seri tayangan pendidikan rumah belajar. Salah satu yang ditayangkan adalah pembelajaran untuk jenjang SMA sederajat.

Adapun jadwal pembelajaran untuk periode minggu kedua yang dimulai dari tanggal 24 April 2020 hingga 24 April 2020 untuk jenjang SMA dapat dilihat di bawah ini selengkapnya.

Lihat Jadwal TVRI Untuk SMA (20-24 April 2020) Setiap Pukul 10.00 WIB - 10.30 WIB
Hari/TanggalMateri Pembelajaran SMA
Senin (20/4/2020)Matematika: Trigonometri - Sudut Istimewa dan Segitiga Siku-siku
Selasa (21/4/2020)Srikandi Indonesia
Rabu (22/4/2020)Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya
Kamis (23/4/2020)Statistika: Nilai Rata-Rata
Jum'at (24/4/2020)Matematika: Trigonometri - Sudut Istimewa dan Segitiga Siku-siku

Guna mendukung kegiatan belajar dari rumah, perlu adanya panduan dalam bimbingan belajar dan evaluasi belajar. Oleh karena itu Kemdikbud mempublikasikan materi pembelajaran yang lengkap dengan soal-soal pertanyaan yang akan ditayangkan sesuai jadwal penyiaran TVRI. Adapun soal pertanyaan untuk SMA periode 20 April 2020 hingga 24 April 2020 sebagai berikut.


RABU (22 APRIL 2020)

Soal Pertanyaan untuk SMA (Rabu, 22 April 2020) dengan materi pembelajaran adalah Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya".

Soal SMA (Rabu, 22 April 2020)
1. (i) Dari tayangan tersebut, apakah jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi? (ii) Mengapa ikan-ikan tersebut dianggap memiliki nilai ekonomis tinggi? Tuliskan alasannya!

Jawaban Soal SMA (Rabu, 22 April 2020)
Jawab: 

(i) Jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi:
a. Ikan Tuna Mata Besar
b. Ikan Tuna Madidihang
c. Ikan Albakora
d. Ikan Cakalang
e. Ikan Tongkol

(ii) Ikan-ikan tersebut memiliki nilai ekonomis tinggi karena ikan tersebut bernilai jual tinggi dan banyak memberi manfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu gizi tinggi yang tedapat ikan banyak dicari orang untuk menambah gizi tubuhnya.


Soal SMA (Rabu, 22 April 2020)
2. Bagaimana cara membudidayakan rumput laut? Kamu bisa bertanya kepada orang tua, guru, petani rumput laut, atau mencari informasi dari sumber lainnya.

Jawaban Soal SMA (Rabu, 22 April 2020)
Jawab: 

Cara membudidayakan rumput laut.
Metode dalam membudidayakan rumput laut diantaranya
a. Metode dalam membudidayakan rumput laut diantaranya dengan Metode Rakit Apung. Metode ini biasa digunakan pada perairan yang berkarang, sehingga penanamannya menggunakan bambu atau kayu.

b. Metode dalam membudidayakan rumput laut diantaranya dengan Metode Lepas Dasar. metode ini biasa digunakan pada perairan yang berpasir atau berlumpur pasir, tujuannya agar mudah  menancapkan tiang pancang.

c. Metode dalam membudidayakan rumput laut diantaranya dengan Metode Long Line (Tali Gantung). Metode ini menggunakan tali panjang 50-150 m yang dibentangkan pada kedua sisi diberi jangkar serta pelampung besar. Setiap jarak 255 m diberi pelampung-pelampung.

Soal SMA (Rabu, 22 April 2020)
3. (i) Dari tayangan tersebut, mengapa keramba jaring apung merupakan cara yang sangat baik untuk budidaya atau domestikasi ikan? (ii) Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di keramba jaring apung? (iii) Ikan apa yang akan kamu pilih jika ingin melakukan budidaya ikan? Berikan alasanmu!

Jawaban Soal SMA (Rabu, 22 April 2020)
Jawab: 

(i) Keramba apung merupakan cara yang sangat baik untuk budidaya atau domestika ikan karena akan menambah efisiensi penggunaan sumberdaya.

(ii) Kegiatan yang dapat dilakukan di keramba jaring apung yaitu: Penebaran benih ikan, pemberikan pakan ikan, dan pemanenan ikan hasil pebesaran.

(iii) Ikan yang akan saya pilih jika melakukan budidaya ikan yaitu ikan bandeng karena ikan bandeng merupakan ikan yang banyak di sukai dan dikonsumsi masyarakat.


Jadwal TVRI dan Materi Belajar dari Rumah Minggu Ke-2 (20-26 April 2020) - Klik di Sini
Jadwal TVRI Belajar dari rumah dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penyiaran TVRI dan Kemdikbud RI. Perubahan Jadwal acara TVRI akan disiarkan lebih lanjut.

Soal dan Materi Belajar di TVRI 20-24 April 2020

1. Soal dan Jawaban Pembelajaran di TVRI SD Kelas 1-3 - (Lihat SOAL)
2. Soal dan Jawaban Pembelajaran di TVRI SD Kelas 4-6 - (Lihat SOAL)
3. Soal dan Jawaban Pembelajaran di TVRI SD Kelas SMP - (Lihat SOAL)
4. Soal dan Jawaban Pembelajaran di TVRI SD Kelas SMA - (Lihat SOAL)

Update Artikel Gratis?

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Pembelajaran TVRI untuk SMA (Rabu, 22 April 2020)"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.