Pengertian, Jenis, Serta Unsur Pembangun Seni Rupa yang Wajib Diketahui - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian, Jenis, Serta Unsur Pembangun Seni Rupa yang Wajib Diketahui

Pengertian Seni Rupa yang perlu Anda ketahui diantaranya, seni rupa adalah sebuah cabang seni yang fungsinya itu untuk  mengekspresikan kreativitas dalam dunia visual. Artinya visual tersebut harus yang dapat dilihat sehingga memberikan kesan tersendiri kepada siapapun yang menyaksikan. Alias tidak seperti media radio yang harus didengarkan, seni rupa lebih mengandalkan kemampuan penglihatan.

Pengertian, Jenis, Serta Unsur Pembangun Seni Rupa yang Wajib Diketahui


Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Wujud

Setelah Anda mengetahui apa pengertian dari seni rupa, maka ketahui pula jenis-jenis seni rupa dilihat dari wujudnya. Perlu Anda ketahui bahwa seni rupa terbagi atas dua macam karya, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi atau yang biasa disebut 2D dan 3D.

1. Seni rupa dua dimensi 2D

Seni rupa dua dimensi akan nampak begitu jelas jika dilihat hanya dari sisi depan saja. Sisi selainnya boleh jadi karya tersebut tidak akan wujud. Untuk itu dalam karya seni tersebut banyak dipengaruhi oleh tekstur, bahan, serta berbagai hal lainnya. 

2. Seni rupa tiga dimensi 3D

Cakupan seni rupa tiga dimensi tentu saja lebih luas dari karya dua dimensi. Hal ini juga dikarenakan karya seni 3 D memiliki ukuran seperti panjang, lebar dan tinggi. Ketiga sisi inilah yang juga biasa disebut dengan kedalaman atau ruang ketiga. 

Unsur-Unsur Seni Rupa

Pengetahuan pertama terkait seni rupa yang harus Anda pahami adalah unsurnya. Seni rupa terdiri atas beberapa unsur pembangun. Di mana beberapa  diantaranya dapat Anda lihat melalui berbagai karya seperti patung, lukisan, ataupun relief. Setiap pola yang ada dalam seni rupa memiliki unsur tersendiri. Di mana perlu diketahui bahwa unsur terkecil dalam seni rupa adalah garis dan warna. 

Selain tarikan garis dan unsur pewarnaan, ada beberapa unsur seni rupa lainnya yaitu

a. Titik

Unsur seni rupa pertama adalah titik. Pernahkah Anda mendengar bahwa garis adalah gabungan dari titik-titik kecil. Maka dalam unsur seni rupa pula titik ini yang akan membentuk suatu garis, sehingga gambar dapat dibentuk sesuai keinginan.

b. Bidang

Unsur selanjutnya dari sebuah karya seni rupa adalah bidang, di mana dari kata tersebut sudah dapat dimengerti bahwa bidang adalah suatu garis yang dibentuk agar membuat area menjadi tertutup. Contoh seni rupa yang termasuk bidang adalah segitiga, lingkaran, dan lain-lain.

c. Volume

Ada jenis seni rupa yang memiliki volume yaitu bernuansa 3D sehingga dapat dilihat dari sisi manapun. Biasanya keterkaitan volume ini tidak terlepas dari desain grafis, patung, maupun lukisan.

d. Gelap terang

Unsur pembangun seni rupa juga tentang gelap terang. Di mana unsur yang satu ini akan menambahkan kesan nyata pada apa yang Anda lukis. Jadi dalam karya seni rupa bukan hanya warna yang menjadi patokan, tapi lebih kepada sisi gelap terang suatu objek. Hal ini dimanfaatkan untuk membuat suatu karya seni tersebut nampak seimbang sehingga siapapun yang melihat terkadang tertipu dengan visualitas gelap terang yang ada.

e. Tekstur

Tekstur dalam karya seni rupa dua dimensi hanya berupa guratan alat lukis saja. Artinya guratan tersebut memang tidak nyata dan hanya berlaku untuk penglihatan. Namun untuk karya tiga dimensi tekstur benar-benar dapat dirasakan secara nyata. Meski begitu dalam dua dimensi harus tetap ada tekstur yang fungsinya untuk menggetarkan persepsi yang menyaksikan. 

Berbagai hal tentang seni rupa di atas tentunya membuat Anda lebih tahu dan mengerti bagaimana cara sebuah karya dapat terbentuk. Sehingga membuat siapapun belajar bahwa membuat karya  tidak bisa dengan asal tapi juga mengedepankan berbagai unsur yang terlibat.