Cara Mengasah Public Speaking di Rumah Bagi Pemula - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengasah Public Speaking di Rumah Bagi Pemula

Cara Mengasah Public Speaking di Rumah Bagi Pemula

Cara Mengasah Public Speaking di Rumah Bagi Pemula. Belum terlambat rasanya bila kita ingin berproses dalam memperbaiki sikap dan cara berkomunikasi. Pasalnya komunikasi menentukan sukses tidaknya seseorang dalam kehidupan sehari-hari. 

Pentingnya Public Speaking Bagi Pemula

Coba kita tengok saja, banyak kejadian diluar kendali akibat fatalnya dalam berkomunikasi. Meskipun pada sebenarnya kesalahan bukan terletak pada komunikasi tersebut, tetapi kurangnya kepekaan dalam menangkap hasil informasi. Maka tak heran bila ada yang bilang bahwa "komunikasi itu bukan apa yang telah kita sampaikan, melainkan informasi apa yang yang dapat diterima".  

Jadi dari hal sedikit di atas kita bisa menarik poin penting untuk terus mengasah kemampuan public speaking. Meskipun tidak mudah, kita bisa membuat jadwal latihan public speaking sendiri di rumah. Bicara itu ada seninya. Yuk simak ulasannya IPUNG.NET tentang bagaimana cara melatih public speaking di rumah?

Contoh Materi Public Speaking 

Stategi public speaking menjadi seni dalam berbicara. Strategi ini juga bisa kita tanamkan bagi pemula sebagai cara mengatasi kelemahan publik speaking. Apa saja contoh materi public speaking yang bisa kita pelajari? Berikut ini tips yang dapat kita lakukan

1. Persiapan Materi

Sebagai seorang komunikator, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah persiapan. Catatlah poin-poin penting yang akan kita sampaikan. 

2. Menguasai Materi

Dengan kita paham dan hafal isi materi yang akan disampaikan, tentu poin ini akan membuat kita semakin percaya diri dalam berkomunikasi. Hasilnya, kita tidak akan terlihat seperti orang bingung dengan apa yang kita sampaikan sendiri. Dengan menguasai materi ini, kita akan mudah juga dalam improvisasi berkomunikasi, seperti menggunakan bahasa tubuh yang semakin cakap dan responsif serta mampu menciptakan sisipan humor untuk menguasi audiens. 

3. Praktik Dan Perbanyak Jam Terbang

Hal yang tidak kalah penting dalam menguasai teknik publik speaking adalah dengan memperbanyak praktik. Dengan demikian, otomatis jam terbang kita akan semakin meningkat. Tips yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan merekam diri sendiri. Setelah direkam, putar dan analisis hal-hal apa yang dirasa kurang dan perlu diperbaiki. Cara ini cukup efektif bila dilakukan pemula dalam belajar public speaking di rumah.

4. Positif Thingking & Just Do It

Buang rasa ragu dan lakukan. Tanamkan pada diri hal tersebut untuk membuang rasa gugup dan tidak percaya diri. Dengan cara itu pula, kebiasaan dalam melafalkan kata aaah, eeh, dan lain sebagainya yang menunjukkan rasa guguk akan sedikit mulai hilang. Dan kemudian anda akan semakin lancar dalam berbicara dengan intonasi yang jelas. Bahkan, kontak mata kita selama berbicara tidak akan menciut karena gugup pula, namun mampu bertatap kepada para audien.

Demikianlah sedikit tips yang dapat menjawab pertanyaan teman-teman tentang bagaimana cara melatih public speaking?. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengapa public speaking itu penting dan apa yang harus dipelajari dari public speaking
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Mengasah Public Speaking di Rumah Bagi Pemula"