Pentingnya Punya Asuransi Untuk Anak - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pentingnya Punya Asuransi Untuk Anak

Pentingnya Punya Asuransi Untuk Anak

IPUNG.NETPentingnya Punya Asuransi Untuk Anak. Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang yang dibuat oleh suatu perusahaan asuransi dengan pemilik asuransi atau yang dikenal sebagai pemegang polis. Asuransi juga disebut sebagai bentuk upaya seseorang untuk mengurasi risiko keuangan (finansial) dengan cara mengalihkan atau mentrasfer premi ke suatu perusahaan asuransi dalam jangka waktu tertentu agar memperoleh penggantian atas risiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak terduga. Oleh karena itulah, mengapa semua orang harus memiliki asuransi.

Pentingnya Asuransi Untuk Anak

Salah satu aset masa depan yang perlu mendapat perlindungan atau jaminan adalah anak. Kita tidak pernah bisa tahu apa yang bakal terjadi di masa depan, terkait dengan kondisi kesehatan, pendidikan hingga keuangan dan lain sebagainya. Dengan adanya kepemilikan asuransi untuk anak, maka orang tua tidak perlu lagi mencemaskan bagaimana kondisi di masa depan, sekalipun hal terburuk menimpanya.  Asuransi untuk anak akan menjadi salah satu perencanaan keuangan terbaik bagi keluarga. Pasalnya, banyak hal yang tak terduga terhadap anak selama masa tumbuh kembangnya hingga menjadi dewasa. Mulai dari keperluan jaminan kesehatan hingga jaminan pendidikan anak perlu direncakan dengan sebaik mungkin oleh orang tua, salah satunya dengan memiliki asuransi untuk anak.

Jenis-Jenis Asuransi Untuk Anak

Apa pentingnya asuransi telah dijelaskan sebelumnya dan begitula apa manfaat dari asuransi untuk anak. Untuk lebih memahaminya, berikut ini ada beberapa jenis asuransi untuk anak yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing keluarga. 

Asuransi Jiwa

Kenapa orang membutuhkan asuransi jiwa? Asuransi jiwa penting dimiliki seseorang karena asuransi jiwa merupakan asuransi yang dipergunakan untuk memberikan jaminan ketika terjadi sesuatu pada diri anda, seperti meninggal dunia, cacat dalam kecelakaan yang memungkinkan tidak dapat lagi bekerja dan lain sebagainya. Proteksi dari asuransi jiwa dapat membantu keluarga dalam menjaga kualitas hidup anggota keluarga di masa depan. 

Asuransi jiwa akan sangat membantu finansial keluarga jika ada salah satu anggota keluarga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Siapa saja yang butuh asuransi jiwa? Pentingnya asuransi jiwa untuk jaminan finansial keluarga sangat penting dimiliki oleh pencari nafkah, pemilik bisnis, orang tua, orang tua dengan anak berkebutuhan khusus, individu dengan kekayaan berlimpah, dan lain-lain.

Faq Asuransi Jiwa

Mengapa kita merasa wajib punya asuransi jiwa?

Asuransi jiwa ke depannya akan memberikan jaminan kehidupan bagi keluarga dengan sokongan finansial bila Anda mengalami tragedi kecelakaan cacat permanen hingga meninggal dunia. Jadi bagi Anda yang saat ini menjadi tumpuan keluarga, maka hal ini Anda  wajib memiliki asuransi jiwa untuk memastikan finansial yang lebih baik bagi keluarga Anda di masa depan.

Apakah penting memiliki asuransi jiwa?

Asuransi jiwa penting dimiliki karena akan menjadi salah satu sumber perlindungan finansial bagi keluarga anda di masa depan. Apabila anda tidak memiliki pelrindungan ini, maka besar kemungkinan keluarga Anda berisiko menghadapi berbagai masalah finansial.

Buat apa asuransi jiwa?

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk yang dapat memberikan Anda perlindungan khusus dari berbagai macam risiko yang dapat terjadi di masa depan. Pelindungan ini dapat memberikan kenyamanan finansial bagi keluarga Anda yang ditinggalkan. Hal ini memiliki maksud bahwa apabila Anda sebagai pencari nafkah mengalami kejadian yang tidak diinginkan. maka keluarga akan mendapatkan santunan finansial untuk kelangsungan hidup.

Asuransi jiwa maksimal umur berapa?

Bagi anda yang ingin mengajukan asuransi jiwa tentu tidak ada kata terlambat. Batas usia maksimum untuk pengajuan asuransi jiwa adalah 70 tahun dan maksimal perpanjangan apabila sudah menjadi nasabah adalah sampai 79 tahun. Hal ini bisa dikonsultasikan pada jasa asuransi jiwa yang dipercayakan keluarga Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Apa itu asuransi jiwa dan contohnya?

Asuransi jiwa itu adalah sebuah kontrak yang dibuat oleh perusahaan jasa asuransi dengan Anda sebagai pemilik asuransi atau pemegang polis. Perjanjian tersebut memuat isi syarat dan ketentuan asuransi jiwa yang berlaku dimana anda akan membayarkan premi asuransi dan perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah nominal kepada keluarga Anda apabila terjadi sesuatu yang menimpa anda.

Apakah dana asuransi bisa dicairkan?

Pencairan dana asuransi jiwa bisa dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku dari perusahaan jasa asuransi. Biasanya dana asuransi bisa dicairkan apabila pemilik auransi (polis) telah meninggal dunia atau terjadi sesuatu terhadap dirinya yang menyebabkan tidak dapat lagi bekerja akibat masalah kesehatan. Dengan kondisi tersebut, maka polis asuransi dengan menyertakan berkas bukti dapat mengajukan dana asuransi jiwa dan apabila disetujui oleh perusahaan asuransi maka dana asuransi bisa dicairkan.

Berapa besar manfaat asuransi jiwa?

Manfaat asuransi jiwa sangat besar. Hal ini dikarenakan perlindungan jiwa terhadap pemegang polis dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian.

Manfaat apa yang ditawarkan asuransi jiwa bagi masyarakat?

Besarnya manfaat dari asuransi jiwa itu sendiri dikarenakan pada dasarnya penggunaan asuransi jiwa dapat langsung dirasakan bagi masyarakat yang telah bergabung menjadi nasabah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nasabah pemegang polis akan mendapat banyak manfaat dari adanya asuransi jiwa yang diikutinya, seperti manfaat jaminan finansial bagi anggota keluarga dan sebagai salah satu sumber keuangan keluarga ketika salah satu anggota keluarga telah meninggal dunia atau tidak dapat bekerja lagi karena masalah kesehatan dalam jangka waktu lama.

Apakah jenis usaha asuransi jiwa?

Jenis usaha asuransi jiwa yang biasa di Indonesia terdiri dari empat jenis sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Adapun keempat jenis usaha asuransi tersebut adalah asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi jiwa seumur hidup (whole life), asuransi jiwa unit link, dan ke empat asuransi jiwa dwiguna.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan akan memberikan kita jaminan terhadap kondisi kesehatan kita di masa depan. Apakah kita perlu asuransi kesehatan atau tidak itu tergantung dari masing-masing kebutuhan keluarga. Meskipun demikian, dimana kondisi masa depan yang belum tentu dapat diprediksi dan untuk menghindari segala risiko yang terjadi maka dengan membeli produk asuransi kesehatan adalah jalan yang terbaik. Hal ini dikarenakan dengan memiliki asuransi kesehatan maka kita tidak hanya dilindungi dari risiko kesehatan saja namun keluarga kita juga akan merasa aman. Kenapa kita perlu asuransi kesehatan? Sangat jelas perlu karena apabila diantara anggota keluarga membutuhkan biaya untuk keadaan darurat kesehatan maka dengan memiliki asuransi kesehatan semua masalah tersebut dapat teratasi dan tentunya sangat membantu. 

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sangat penting untuk menjamin tercapainya cita-cita seseorang untuk mendapatkan tunjangan pendidikan hingga selesai. Asuransi pendidikan sangat penting dimiliki untuk anak-anak. Pasalnya, biaya pendidikan dari tahun ke tahun akan selalu mengalami peningkatan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka orang tua dapat membeli produk asuransi pendidikan untuk anak mereka. Tujuan adanya asuransi pendidikan untuk anak adalah agar anak memiliki investasi jaminan pendidikan di masa depannya. Sehingga, orang tua tidak perlu lagi khawatir terhadap biaya pendidikan untuk anak-anaknya di masa depan. 

Pentingnya Punya Asuransi Pendidikan Untuk Anak

Orang tua yang memiliki anak sudah seharusnya memikirkan pendidikan anaknya untuk bekal masa depan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk menjamin pendidikan anaknya di masa depan adalah dengan memiliki produk asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan untuk anak penting dimiliki sebagai jaminan bila suatu saat nanti anak mulai masuk sekolah, maka biaya untuk kebutuhan pendidikan sudah tersedia. Dengan adanya asuransi pendidikan ini, maka orang tua dapat mengurangi risiko gagalnya anak mendapatkan pendidikan yang layak di masa depannya. Oleh karena itulan asuran pendidikan untuk anak dapat dilakukan sebagai antisipasi sejak dini.

Manfaat Asuransi Pendidikan Untuk Anak

Persiapan kebutuhan biaya pendidikan anak di masa depan dengan melibatkan asuransi akan memiliki banyak sekali keuntungan dan manfaatnya. Apa saja manfaat asuransi pendidikan untuk anak? Berikut ini ulasannya
  • Keuangan keluarga akan tersususn sesuai rencana
  • Masa depan anak akan lebih terjamin
  • Perlindungan orang tua terhadap kegagalan finansial keluarga
  • Asuransi sebagai investasi masa depan

Tips Memilik Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Berkualitas

Pentingnya asuransi pendidikan untuk anak yang banyak tentu akan mendorong kita sebagai orang tua untuk memberikannya kepada anak. 

Di Indonesia, banyak sekali perusahaan asuransi yang berlomba-lomba menjajakan produk asuransi terbaiknya ke para calon nasabah. Setiap perusahaan tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Sebagai orang tua yang akan membeli produk asuransi pendidikan tentunya harus pandai mempertimbangkan investasi asuransi yang berkualitas.

Berikut ini hal-hal yang perlu direncakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih asuransi pendidikan untuk anak.
  • Hitunglah anggaran biaya pendidikan yang akan dibutuhkan nanti bila anak sudah memasuki masa sekolah. Apabila hal ini kesulitan, anda bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak sekolah dan perusahaan jasa asuransi untuk mendapatkan gambaran secara detail tentang biaya pendidikan anak yang dibutuhkan.
  • Pilih angsuran premi sesuai kondisi keuangan keluarga. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda dalam menyetorkan premi asuransi tiap bulannya agar terjangkau dan tidak terbebani dengan kebutuhan keuangan lainnya.
  • Pilih metode skema pembayaran premi asuransi yang paling ringan. Dari berbagai tawaran perusahaan asuransi, pilihlah salah satu yang memberikan penawaran pembayaran premi asuransi pendidikan secara bulanan dan tahunan. Hal ini tentunya untuk mempermudah kita dalam menyetorkan biaya premi agar tidak terkendala dengan kebutuhan finansial lainnya.
  • Pilih jangka waktu yang sesuai. Hal ini pilihan yang harus dipertimbangkan dengan menyesuaikan kebutuhan pendanaan pendidikan anak di saat akan memasuki jenjang pendidikan yang ditentukan. Jangka waktu yang dapat dipilih antara 5 tahun, 10, 15 atau 20 tahun.
  • Pilih proses klaim asuransi yang paling mudah persyaratannya. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa pembayaran asuranti kedepannya tidak menyusahkan para nasabah. Tentunya Anda tidak akan kebingungan ketika akan menggunakan uang tersebut untuk pendanaan pendidikan anak.
  • Cek kredibilitas perusahaan asuransi yang akan dipilih. Cara mengecek dengan melihat apakah perusahaan asuransi ini kredibel adalah terdaftar atau tidak di OJK (Otoritas jasa keuangan).
Demikianlah artikel tentang pentingnya asuransi pendidikan untuk anak. Anda juga bisa mendapatkan produk asuransi pendidikan anak dari PFI. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan rujukan dan pertimbangan dalam memilih asuransi pendidikan untuk anak. Terima aksih