Pasti Diterima! Inilah Macam Surat Izin Perusahaan Tambang untuk Memperoleh IUP - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pasti Diterima! Inilah Macam Surat Izin Perusahaan Tambang untuk Memperoleh IUP

Pasti Diterima! Inilah Macam Surat Izin Perusahaan Tambang untuk Memperoleh IUP

Mendirikan suatu perusahaan tambang bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diurus dan melewati beberapa proses. Urusan administrasi, termasuk pengumpulan berbagai macam surat penting harus dilakukan demi memperoleh Izin Usaha Pertambangan (IUP). Mau tahu kan jenis izin usaha jasa pertambangan apa saja yang dibutuhkan supaya bisa memperoleh IUP. Yuk, simak ulasannya pada artikel berikut.

Surat izin usaha jasa pertambangan wajib dibuat bagi calon pengelola perusahaan tambang agar dikategorikan sebagai aktivitas pertambangan yang legal atau resmi. Mengelola suatu perusahaan tambang secara legal akan menumbuhkan ketenangan, keamanan, bahkan kenyamanan baik bagi perusahaan maupun para pekerja tambang itu sendiri. Menurut UU Minerba (mineral dan batuan), pihak yang melakukan aktivitas pertambangan ilegal bisa dihukum penjara setidaknya 5 tahun dan denda mencapai 100 miliar rupiah.

Pihak yang Dapat Mengajukan IUP Eksplorasi

Peraturan Pemerintah No. 23 pasal 29 tahun 2010 membahas seputar Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara. Dalam PP tersebut, ada beberapa pihak yang diperbolehkan untuk mengajukan izin mendirikan dan mengelola perekonomian melalui aktivitas pertambangan. Beberapa di antaranya adalah pihak dari perseorangan, koperasi, badan usaha swasta, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pemerintah begitu memperhatikan tentang sektor usaha pertambangan karena sektor ini sangat berat untuk dilaksanakan. Memang sektor ini bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah, akan tetapi jika pihak perusahaan yang menjalankan usaha tambang tidak mentaati peraturan pemerintah, maka bisa mendatangkan kerugian besar, baik bagi masyarakat sekitar, lingkungan, hingga kerugian negara.

Macam Surat Penting untuk Memperoleh IUP

Agar IUP bisa segera didapatkan, maka Anda sebagai calon pengelola usaha tambang mesti memenuhi persyaratan administrasi dengan membuat beberapa macam surat penting, di antaranya:

1. Surat Permohonan

Surat permohonan diketik dengan format yang rapi dan ditujukan kepada menteri c.q. direktur jenderal mineral dan batubara. Surat diketik dengan singkat, padat, dan jelas serta isinya permohonan izin untuk mendapatkan IUP. Selanjutnya, surat ini ditandatangani oleh direksi selaku pemohon IUP dan diberi materai.

Dalam surat permohonan ini, Anda perlu melampirkan surat atau beberapa data penting lainnya, seperti berikut:

a. Profil Perusahaan, yang terdiri atas:
  • Nama perusahaan
  • Alamat
  • Telepon
  • Website
  • Email
  • Faksimile
  • Status pemodalan, apakah modal asing ataukah nasional
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Akta pendirian perusahaan
  • Akta perubahan terakhir
  • Tanda daftar perusahaan
  • Surat keterangan domisili, yang bisa diperoleh di kantor kelurahan atau kecamatan setempat.
  • SIUP (nasional)/BKPM (modal asing)
  • Daftar perusahaan tambang lainnya yang masih satu grup
  • Daftar ketenagakerjaan
  • Daftar pimpinan umum di perusahaan tambang
b. Daftar tenaga ahli pertambangan yang terlibat dalam perusahaan
c. Daftar peralatan utama yang dipakai untuk eksplorasi tambang
d. Keuangan atau sisi finansial perusahaan
e. RKAB Tahunan
f. Beberapa data pendukung penting lainnya, yaitu:
  • Surat pernyataan kesediaan untuk melaporkan laporan keuangan bulanan.
  • Surat keterangan bank
  • Pengalaman perusahaan sesuai dengan jenis usaha tambang

2. Surat Pernyataan

Surat pernyataan dibuat oleh direksi ataupun pihak yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan usaha pertambangan. Isinya adalah pernyataan bahwa segala surat pemberkasan yang diberikan kepada pihak berwenang diisi dengan benar dan apa adanya. Surat pernyataan ini juga ditandatangani oleh direktur perusahaan tambang disertai dengan materai 6000.

Persetujuan IUP

Perlu Anda ketahui bahwa IUP bisa diperoleh ketika WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan) telah diberikan oleh pihak yang berwenang. Setelah semua surat dibuat untuk memenuhi persyaratan, Anda bisa mengajukan pada gubernur, walikota, maupun bupati setempat. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu selama beberapa waktu hingga dikeluarkan surat persetujuan IUP. Apabila terjadi penolakan, biasanya disertai dengan alasan atau ada kekurangan dalam pengumpulan berkas administrasi. Jika demikian, Anda dapat merevisi kembali berkas administrasi kemudian mengajukan surat permohonan kembali ke pejabat yang berwenang.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Pasti Diterima! Inilah Macam Surat Izin Perusahaan Tambang untuk Memperoleh IUP"