Widget HTML #1

6 Tips Memperbaiki Perilaku Konsumtif agar Bisa Menabung

6 Tips Memperbaiki Perilaku Konsumtif agar Bisa Menabung

Memiliki tabungan sangat penting untuk persiapan apabila ada kebutuhan yang mendesak. Namun saat ini, justru kebanyakan orang mempunyai perilaku konsumtif. Sifat ini cukup berbahaya jika dibiarkan karena dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan finansial dan tidak bisa menabung.

Cara menghitung bunga tabungan yang benar bisa mendorong seseorang agar lebih tertarik untuk menyisihkan uang yang dimilikinya. Dengan mengetahui manfaat menabung, termasuk passive income dari bunga yang diperoleh setiap bulan, bisa meningkatkan semangat untuk mengurangi belanja dan mengalokasikan dana untuk disimpan.

6 Tips Memperbaiki Sifat Konsumtif agar Mempunyai Tabungan

Banyak orang yang membeli barang secara impulsive atau tanpa memikirkan apakah perlu atau tidak dan hanya menuruti keinginan saja. Tindakan ini dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan utama yang seharusnya diprioritaskan.

Menyisihkan uang dalam dengan menabung sangat penting agar ke depan tidak mengalami kesulitan keuangan. Selain dapat menyimpan uang, banyak manfaat dari kebiasaan menabung. Jika mengetahui cara menghitung bunga tabungan, nasabah bisa mengkalkulasi pengembangan dananya. Tips memperbaiki perilaku konsumtif diantaranya:

Tentukan prioritas pengeluaran

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan prioritas pengeluaran, baik setiap hari, minggu maupun bulan. Pada saat menentukan prioritas, mungkin ada beberapa kebutuhan yang harus kurangi, ditunda bahkan dihilangkan.

Mengutamakan tabungan dari pada pengeluaran yang tidak terlalu penting merupakan keputusan yang tepat. Sifat dasar manusia memang konsumtif dan mudah tertarik untuk belanja.

Sedangkan banyak toko yang gencar melakukan promosi untuk menarik pembeli. Ini yang menyebabkan banyak orang gagal menyimpan uangnya karena tidak mempunyai prioritas. Manfaatkan pengetahuan tentang cara menghitung bunga tabungan untuk merangsang kebiasaan menabung karena bisa dapat untung.

Buat anggaran biaya secara rinci

Setelah mengetahui prioritas pengeluaran apa saja yang perlu diutamakan, bisa membuat anggaran biaya secara rinci. Dalam anggaran ini, sebaiknya tidak lupa memasukkan semua item dan budget yang disediakan.

Besar anggaran tidak boleh devisit, atau lebih banyak dari pendapatan. Jika sudah mempunyai simpanan di bank dan mengetahui cara menghitung bunga tabungan, dapat memasukkan passive income ini untuk menutup kekurangan anggaran setiap bulan.

Tulis semua pengeluaran

Meski sudah membuat anggaran, namun masih banyak yang tidak dapat mengendalikan pola hidup konsumtif. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak menulis semua pengeluaran setiap hari. Tanpa adanya catatan pengeluaran, Anda tidak akan tahu persis apakah belanja yang dilakukan over budget atau tidak.

Dengan mengetahui cara menghitung bunga tabungan dan tahu jumlah yang bisa diterima dari sekian dana yang disimpan, bisa membantu mengontrol pengeluaran. Daripada dana tersebut untuk membeli barang yang tidak diperlukan, lebih bermanfaat jika ditambahkan di saldo rekening simpanan karena akan menambah bunga yang diterima per bulan.

Sisihkan uang untuk tabungan di awal bulan

Hampir semua orang ingin mempunyai tabungan, namun banyak yang sampai sekarang tidak terlaksana. Salah satu alasannya karena penghasilan setiap bulan habis dan tidak ada sisa untuk disimpan.

Ini merupakan kesalahan banyak orang yaitu menabung dari uang sisa. Agar berhasil, segera simpan sebagian penghasilan begitu menerima sebelum digunakan untuk berbelanja.

Jika bekerja dan mendapat penghasilan secara bulanan, maka di awal bulan harus langsung mengambil sebagian sesuai dengan budget untuk disimpan. Dengan demikian tidak akan lagi mengalami gagal menabung karena tidak ada dana.

Kurangi bepergian

Untuk mengurangi rasa bosan, banyak orang yang memilih untuk pergi jalan-jalan. Mulai dari ke taman, pasar hingga mall. Meski sebelumnya tidak ada rencana untuk berbelanja, namun ketika di luar rumah melihat banyak barang bisa menggoda seseorang untuk mengeluarkan uangnya.

Sebagai salah satu cara antisipasi, sebaiknya tidak bepergian jika tidak ada kebutuhan yang penting. Untuk kepentingan yang perlu keluar rumah dan tidak bisa ditunda, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik.

Diantaranya dengan makan dan minum sebelum pergi serta membawa air putih untuk bekal. Ini bisa mengurangi belanja makan minum yang lumayan jumlahnya.

Beli hanya barang yang benar-benar dibutuhkan

Tidak sedikit orang yang membeli barang hanya karena menarik atau tertarik dengan iklan yang ditawarkan. Bahkan banyak yang membeli barang tidak diperlukan atau masih tersedia di rumah. untuk mengantisipasi hal ini, berpikirlah lebih rasional.

Membeli barang terlalu banyak bukan hanya akan menghabiskan uang, tetapi juga merepotkan. Anda perlu tempat untuk menyimpannya, waktu untuk merawat dan membersihkannya.

Dari pada menambah pekerjaan, lebih baik dana yang ada dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Jika membutuhkan uang dalam jumlah banyak nantinya, tidak perlu bingung karena bisa langsung mengambil dari isi rekening.

Saat ini untuk mengetahui Cara menghitung bunga tabungan sangat mudah karena banyak bank yang memberikan simulasi. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan ini untuk meningkatkan semangat menabung sehingga dapat menekan kebiasaan konsumtif yang sebelumnya dilakukan.

Manfaatkan Digital Banking yang Terpercaya untuk Menabung

6 Tips Memperbaiki Perilaku Konsumtif agar Bisa Menabung

Kegiatan gemar menabung sangat baik dilakukan kapan saja untuk semua usia agar mempunyai kesadaran untuk menggunakan uang dengan lebih bijaksana. Dengan mengurangi pola hidup konsumtif dan mempunyai tabungan, semua orang bisa hidup sejahtera.

Saat ini untuk mulai menabung sangat mudah karena dapat membuka rekening secara online di digibank by DBS. Digital banking yang ditawarkan oleh DBS Indonesia memberi kesempatan kepada semua orang untuk bisa membuka rekening tanpa harus datang ke bank.

Nasabah juga mudah mendapatkan informasi mengenai cara menghitung bunga tabungan sehingga bisa mengetahui passive income yang diterima setiap bulan. Keunggulan digibank by DBS adalah:
  • Memberikan layanan perbankan lengkap, mudah dan terjamin aman
  • Terdapat lebih dari 150 pilihan produk investasi dan asuransi
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan proses approval 60 detik
Selain keunggulan di atas, Anda juga bisa memanfaatkan tabungan Maxi yang memiliki kelebihan berikut:

  • Atur keuangan sampai dengan 20 Dompet Maxi untuk perencanaan keuangan
  • Fleksibel bisa ditarik kapanpun tanpa biaya
  • Bunga tinggi 3%, lebih tinggi dari tabungan biasa
  • Penambahan dana bisa dilakukan dari rekening manapun
  • Personalisasi nama dompet bisa disesuaikan dengan nama dompet Maxi Anda untuk perencanaan keuangan.
Untuk lebih lengkapnya tentang tabungan Maxi, silakan cek di link berikut http://go.dbs.com/tabunganmaxi

Bagaimana, berdasarkan penjelasan di atas, cukup menguntungkan bukan untuk menabung atau menginvestasikan dana di digibank by DBS?

Cukup dengan membuka Aplikasi digibank by DBS yang user friendly dan mulai menyimpan dana yang dimiliki dalam bentuk tabungan, siapa saja bisa terhindar dari kebiasaan konsumtif.

Penasaran dengan keunggulan lain dari digibank by DBS? Anda bisa cek info selengkapnya di sini.


ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "6 Tips Memperbaiki Perilaku Konsumtif agar Bisa Menabung"