Cara Membuat Raport Otomatis Menggunakan Microsoft Word Tanpa Kuota Internet

Cara Membuat Raport Otomatis Menggunakan Microsoft Word Tanpa Kuota

Cara Membuat Rapor Otomatis Menggunakan Microsoft Word Tanpa Kuota. Penilaian akhir sekolah dapat dilihat melalui buku raport. Cara membuat raport kerapkali dihadapkan pada proses yang panjang dan lama, baik dimulai dari proses penilaian kegiatan belajar mengajar, pembuatan soal, test ujian, hingga mengkoreksi soal ujian.

Buku raport merupakan bentuk tertulis dari hasil pencapaian siswa yang terangkum jadi satu baik dalam bentuk nilai nominal maupun verbal. Semua penilaian mata pelajaran yang telah dilalui peserta didik akan dirangkum jadi satu dalam buku raport untuk diketahui bersama pihak sekolah dan orang tua atau wali murid.

Bagi wali kelas yang memiliki kewenangan dalam membuat raport tentu memiliki kendala yang berbeda beda. Salah satunya adalah kendala waktu yang mepet dan dikejar deadline untuk segera menyelesaikan raport dengan segera mungkin, sedangkan jumlah raport siswa yang menumpuk masih banyak, puluhan hingga ratuan.

Perlu diketahui bahwa Raport SD, Raport SMP, Raport SMA, Raport SMK memiliki kolom penilaian yang banyak dan menyesuiakan banyaknya mata pelajaran yang ada. Selain itu, cara membuat raport terkadang perlu ketelitian dengan tingkat tinggi. Pasalnya, banyak kolom nilai harus sesuai dengan nama peserta didik dan mata pelajaran yang diikuti. Apabila salah meletakkan nilai dan berbeda nama siswa pasti bakal fatal akibatnya. Hal ini tentu kita tidak ada yang menginginkannya. Lantas muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat raport dengan mudah dan efisien?

IPUNG.NET kali ini akan memberikan tutorial atau panduan bagaimana cara membuat raport otomatis menggunakan microsoft word tanpa kuota dengan mudah dan efisien.

Program yang akan kita gunakan dalam membuat raport otomatis ini memanfaatkan software dari Microsoft Word (MS. Word) dan fitur Mail Merge.

Fitur Mail Merge yang terdapat pada Ms. Word tidak berbasis online, sehingga Bapak/Ibu Guru Wali Kelas yang tengah mengerjakan atau menyelesaikan pembuatan raport tidak perlu membutuhkan kuota internet. Bahkan menariknya, setiap laptop atau komputer pasti sudah terinstall aplikasi dasar yakni Microsoft, baik microsoft excel, microsoft word, maupun microsoft power point.

Kelebihan Cara Membuat Raport Otomatis

Cara mudah ini membuat raport tanpa aplikasi, membuat raport tanpa kuota internat. Sehingga tidak susah payah mencari cara membuat raport online, cara membuat raport k13, cara membuat raport digital, dll.

Langkah Membuat Raport Otomatis

1. Hal pertama yang disiapkan adalah membuat format form raport di halaman Microsoft Word yang sudah jadi atau sudah dimiliki sesuai sekolah masing-masing.

2. Isi Form Raport yang sama untuk semua informasi, seperti nama sekolah, nama kelas, semester, tahun ajaran, wali kelas, kepala sekolah, dll.

3. Hal yang akan di isi otomatis adalah form untuk kolom nama, nomor, nilai, dll sesuai dengan kebutuhan.

4. Pada pengisian nilai, tentunya hal yang harus dipersiapkan adalah daftar nilai siswa yang telah di isi dalam Ms. Word.

5. Untuk membuat daftar nilai pada Ms. Word pasti membutuhkan area yang luas karena membuat banyak kolom mata pelajaran. Oleh karena itu perlu setting area halaman dengan membuat halaman kertas area maksimal. Caranya klik Layout > Size > Paper Custome Size = Maksimal

6. Pastikan kolom sudah sesuai dengan kebutuhan format raport.

7. Apabila daftar nilai di buat pada Ms. Excel maka copy dulu di halaman Ms. Word dan Paste menggunakan Paste Overwrite Cell untuk memasukkan otomatis perkolom.

8. Klik Menu Mailing > Start Mail Merge > Step By Step Mail Merge By Wizard 

Cara Membuat Raport Otomatis Menggunakan Microsoft Word Tanpa Kuota

9. Pada bagian kanan bawah ada tulisan Step 1 of 6 > Klik Next saja sampai muncul mencari file daftar nilai yang telah di simpan dan Klik Open dan akhiri dnegan OK

10. Langkah selanjutnya memasukkan rumus dengan klik More Items di kanan tengah Ms Word.

11. Letakkan Kursor pada kolom format raport yang akan di isi kemudian Klik More Items > Sesuaikan dengan Nama Kode Kolom. Lakukan di semua kolom yang akan di isi.

12. Cek kelengkapan form rapott dan kalau sudah semua Klik Next: Complete The Merge

13. Lanjutkan Next dan Simpan File

Apabila ada hal yang kurang dipahami bisa langsung memantau video di bawah ini.



Demikianlah Cara Membuat Raport Otomatis Menggunakan Microsoft Word Tanpa Kuota Internet. Semoga bisa membuat pekerjaan Bapak/Ibu Wali Kelas semakin mudah dan tidak ribet karena harus mengisi nilai secara manual dan berisiko salah input nilai. Semoga artikel ini bermnafaat. 

Apabila ada pertanyaan, kiritk dan saran bisa tulis di kolom komentar ya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Update Artikel Gratis?

0 Response to "Cara Membuat Raport Otomatis Menggunakan Microsoft Word Tanpa Kuota Internet"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.