Kenali Penyebab Stroke, Gejala, Pencegahan, Dan Pengobatannya - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenali Penyebab Stroke, Gejala, Pencegahan, Dan Pengobatannya

Kenali Penyebab Stroke, Gejala, Pencegahan, Dan Pengobatannya


Siapa yang tidak mengenal penyakit stroke? Bagi yang belum, Anda beruntung membaca artikel ini yang akan mengulas seputar penyakit stroke, mulai dari penyebab stroke pada umumnya, gejala stroke, jenis-jenis stroke, cara mencegah penyakit stroke hingga cara mengobati stroke.

Penyakit Stroke

Perlu diketahui bahwa Stroke menjadi penyakit yang patut diwaspadai. Pasalnya, tingkat kematian akibat Stroke di Indonesia sangat tinggi. Tidak mau kan Anda menjadi korban berikutnya? So, mari kenali lebih dalam dan jangan takut untuk memulai hidup sehat dari sekarang.

Pentingnya mengenali seluk beluk penyakit stroke ini banyak manfaatnya, diantaranya:
1. Mengutamakan Kesehatan itu sangat penting
2. Semangat menjaga pola hidup sehat
2. Rajin berolahraga dan beribadah
3. Mencegah risiko terserang Stroke
4. Mencegah komplikasi penyakit akibat stroke yang fatal akibat lambat dalam penanganannya.

Intinya, dengan lebih dekat dan mengenali penyakit stroke Kita dapat mencegah sebelum semuanya terlambat.

Apa itu Penyakit Stroke?

Stroke adalah sautau kondisi dimana otak kekurangan pasokan darah yang disebabkan oleh penyumbatan (stroke iskemik) atau biasa yang terjadi karena pembuluh darah pecah (stroke hemoragik). Kondisi otak yang mengalami kekurangan darah ini mengakibatkan sel-sel otak segera mati. Pasalnya, otak membutuhkan darah karena penyuplai oksigen dan nutrisi. Bila otak kekurangan darah maka hal tersebut menyebabkan terjadinya stroke.

Faktor-Faktor Penyebab Stroke

Stroke bisa menyerang siapa saja. Meskipun begitu, kita bisa kok mengenali tanda-tandanya alias faktor yang bakalan menjadi penyebab terjangkitnya stroke. Berikut ini beberapa Faktor Penyebab Stroke yang perlu diketahui.

Faktor Genetik

Faktor penyebab stroke yang pertama dapat diketahui dengan cek kondisi kesehatan keluarga Anda. Apakah keluarga Anda pernah memiliki riwayat penyakit Stroke? Pasalnya, secara genetika menjadi faktor yang dapat menurun ke keturunan berikutnya. Meskipun tidak semua terserang Stroke, namun faktor ini perlu menjadi pengingat bahwa ketika ada keluarga yang pernah terkena stroke maka Anda memiliki risiko terserang stroke juga. So, waktunya menjaga pola hidup sehat terus ya.

Usia

Risiko tinggi terserang penyakit Stroke berada di rentang Usia 55 tahun ke atas. Meskipun demikian, Stroke merupakan penyakit yang tidak mengenal batas usia. 

Gender

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan CDC (Cenyer for Disease Control and Prevention) menytakan bahwa salah satu dari 5 penyebab kematian gender pria diakibatkan karena Stroke.

Gejala Stroke dan Penyebabnya

Faktor penyebab stroke beraneka ragam dan orang yang terkena stroke biasanya akan mengalai gejala stroke terlebih dahulu. Gejala stroke yang dialami penderita juga bervariasi alias berbeda-beda satu dengan yang lain, namun secara umum gejala stoke diantaranya:
  • Penderita mengalami kesulitan berbicara
  • Penderita mengalami kesulitan menggerakan salah satu atau kedua lengan karena terasa lemah
  • Penderita terlihat pada salah satu satu sisi pada wajahnya menurun
  • Penderita mengalami kesemutan dan kesulitan mengenali wajah (prosopagnosia)
Beberapa gejala stroke tersebut dapat terjadi karena faktornya. Penyebab stroke yang menimbulkan beberapa gejala di atas tidak lain karena beberapa hal, diantaranya karena terjadi penggumpalan darah yang terjadi dipembuluh otak, pembuluh darah pecah, tingginya tekanan darah, adanya pengaruh obat pengencer darah. 

Penyebab stroke pada umumnya yang rentan menyerang seseorang dengan risiko tinggi dapat terjadi pada penderita yang memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, berat badan tinggi, diabetes dan seseorang yang jarak berolahraga serta memiliki kebiasaaan merokok dan meminum minuman beralkohol. 

Apabila kebiasaan buruk terus dilakukan, maka secara otomatis akan menjadi faktor penyebab stroke sebelah kiri, penyebab stroke sebelah kanan, penyebab stroke ringan, penyebab stroke ringan di usia muda, penyebab stroke brainly.

Pencegahan Stroke dan Pengobatannya

Makanan penyebab stroke dapat menjadi pemicu gejala stroke seperti yang  disebutkan di atas. Oleh karena itu, menjaga pola makanan dan minuman yang sehat adalah kunci nomor satu sebagai pencegahan stroke yang paling baik. 

Pencegahan stroke yang disarankan oleh para dokter maupun tenaga kesehatan secara umum adalah menjaga pola hidup yang sehat, mulai dari memilih pola makanan, menerapkan rutinitas berolahraga serta menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Demikianlah ulasan tentang Kenali Penyebab Stroke, Gejala, Pencegahan, Dan Pengobatannya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan menuntun kita menjadi manusia yang senantiasa menerapkan pola hidup sehat.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Kenali Penyebab Stroke, Gejala, Pencegahan, Dan Pengobatannya"