Widget HTML #1

Cara Mendapatkan WIUP: Definisi, Syarat, dan Tahapannya

Cara Mendapatkan WIUP: Definisi, Syarat, dan Tahapannya

Apakah Anda berminat untuk mendirikan dan mengelola perusahaan tambang? Jika ya, maka Anda perlu memahami pentingnya dan cara mendapatkan WIUP. Mau tahu kan apa saja persyaratan untuk memperoleh WIUP tersebut? Inilah beberapa info menariknya. Jadi, simak baik-baik ya.

Cara mendapatkan WIUP penting didapatkan supaya Anda bisa mengelola usaha tambang secara legal. Usaha tambang memang menjadi salah satu sektor usaha yang sangat menggiurkan. Lantas, apa sih yang menjadi daya tarik perekonomian dari sektor usaha tambang? Hal ini tak lain adalah karena nilai dari bahan tambang itu sendiri. Sebab, meskipun sedikit jumlahnya tapi apabila sudah diolah menjadi bentuk lain, maka nilai cuan atau keuntungannya bisa berkali-kali lipat. Tak heran bila sampai sekarang banyak aktivitas pertambangan ilegal dan begitu banyak orang yang ingin menguasai bahan tambang tersebut.

Apa itu WIUP?

WIUP sebenarnya merupakan kepanjangan dari Wilayah Izin Usaha Pertambangan. Sumber dasar hukum yang mengatur sektor usaha pertambangan telah diatur oleh pemerintah melalui PP No. 23 Tahun 2010. Setelah permohonan WIUP selesai diproses, maka selanjutnya Anda bisa memperoleh IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang sepenuhnya diberikan atas persetujuan beberapa pihak, seperti Kementerian EDSM, gubernur, maupun bupati setempat.

Mekanisme Pemberian WIUP Batuan

WIUP bisa diberikan kepada beberapa pihak, seperti perseorangan, koperasi, badan usaha swasta, hingga BUMN. Untuk memperoleh WIUP, maka pihak yang berkepentingan mesti mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada beberapa pihak yang berwenang di wilayah masing-masing, seperti gubernur, bupati, ataupun walikota. Jika surat permohonan sudah disetujui oleh pihak berwenang setempat, maka bisa dilanjutkan untuk mendapatkan izin dari Kementerian ESDM.

Syarat dalam Pengajuan WIUP untuk Batuan

Agar WIUP bisa segera diperoleh, maka Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya:
  1. Menulis surat permohonan pemberian WIUP (cap basah dan asli), kemudian ditandatangani oleh pihak pemohon. Dalam hal ini, pihak pemohon bisa berupa perorangan, koperasi, maupun badan usaha tertentu.
  2. Menyertakan daftar koordinat wilayah yang akan ditambang.
  3. Mencantumkan jenis bahan tambang, seperti batuan atau bahan tambang lainnya.
  4. Menyertakan NPWP, baik milik perusahaan, komisaris, maupun direktur perusahaan tambang itu sendiri.
  5. Mencantumkan jajaran atau dewan pengurus suatu perusahaan tambang, pemegang saham, hingga pihak lain yang termasuk Beneficial Owner (Pihak pemilik yang menerima untung). Di samping itu, juga membuat surat pernyataan asli yang menyatakan bahwa pihak pemohon dan segala hal yang ditulis di dalamnya itu benar adanya.
  6. Telah mendapatkan rekomendasi dari pihak berwenang di wilayah setempat, seperti gubernur atau bupati. Bagi pemohon yang akan melaksanakan kegiatan penambangan di area laut melebihi 12 mil dari garis pantai, maka ia tidak perlu mendapatkan rekomendasi dari gubernur maupun bupati.

Tahapan untuk Mendapatkan WIUP

Apabila pemohon atau pihak yang akan mengelola usaha tambang telah memenuhi semua persyaratan, maka biasanya ia hanya perlu menunggu sekitar 10 hari kerja. Hasil akhirnya bisa berupa penerimaan maupun penolakan dari pihak yang berwenang untuk menerbitkan WIUP. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, jika semua syarat sudah dipenuhi, maka pasti WIUP akan segera diterbitkan.

Apabila WIUP telah diberikan kepada pihak pemohon atau pengusaha tambang, maka pihak yang berwenang akan menyertakan peta WIUP yang dilengkapi dengan koordinat WIUP dan batas-batas wilayahnya. Sementara itu, apabila permohonan WIUP ditolak, maka pihak yang berwenang akan menyertakan surat tertulis yang berisi alasan penolakan kepada pihak pemohon tersebut.

Syarat Pengajuan IUP untuk Tambang Batuan

Setelah WIUP berhasil didapatkan, maka hal penting lainnya yang perlu Anda dapatkan adalah bagaimana caranya untuk memperoleh IUP (Izin Usaha Pertambangan). Untuk memperoleh IUP, pastinya Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan, yang meliputi pemenuhan syarat administrasi, finansial, teknis, hingga lingkungan. Hal ini penting untuk dilakukan supaya ketika kegiatan tambang dilakukan, pihak perusahaan masih bisa menjamin keselamatan para pekerja tambang serta tidak mencemari lingkungan sekitar.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Mendapatkan WIUP: Definisi, Syarat, dan Tahapannya"