Cara Mudah Mensitasi dan Mereferensi Dengan Mendelay Dalam Penulisan Ilmiah


Bagi para penulis, tentu istilah mensitasi atau mereferensi menjadi hal yang lumrah dan wajib hukumnya untuk disertakan dalam setiap publikasi tulisannya. Bila tidak, model semacam ini akan menjadi momok menakutkan bila tulisan yang kita rujuk tidak tercantum dalam tulisan. Istilahnya disebut dengan “plagiasi” dan orang yang melakukannya disebut dengan “Plagiator”. Situasi ini sangat mengerikan dikalangan para akademisi. Oleh karena itu, setiap penulisan ilmiah sudah sepantasnya menuliskan  referensi yang baik dan benar terhadap apa yang dikutipkannya. Cara tersebut merupakan bentuk penghargaan kita kepada para penulis dengan cara memberikan kredit atau pengakuan terhadap karya-karyanya.

Bila mencermati sebuah tulisan ilmiah yang ada, kadang kala masih terdapat ketidak-cermatan dan terkesan menyepelekan hal ini. Terlihat masih banyak terjadi kesalahan terkait penulisan sitasi dan referensi. Bahkan tulisan yang maha panjang akan memiliki kerumitan tersendiri dalam menulis sitasi dan referensi karena jumlahnya yang banyak juga. Entah karena faktor kurang teliti dan atau memang sengaja tidak mencantumkan, sebenarnya tidak akan lagi menjadi alasan bagi kita untuk tidak berhati-hati dalam menulis sitasi dan referensi.

Untuk menghindari terjadinya banyak kesalahan dalam hal mensitasi dan merefensi dalam sebuah tulisan, kini telah ada perangkat lunak yang mempermudah kegiatan tersebut bernama Mendeley. 

Apa itu Mendeley

Mendelay merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi khusus dalam mengelola pustaka dalam sebuah tulisan ilmiah. Kelebihan software ini dapat mengorganisir penelitian secara online yang disupport oleh berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, dan linux, bahkan kini telah support untuk operasi Android pada perangkat ponsel. Kemudahan lainnya, Mendelay menjadi kombinasi antara aplikasi desktop dan situs web yang makin mempermudah dalam mengelola jurnal penelitian.

Cara meng-Instalas Mendeley di Komputer/PC

Cara mendapatkan software atau perangkat lunak Mendeley sangat mudah. Anda dapat memperolehnya di laman resmi website: www.mendeley.com. Jangan khawatir bila computer anda tidak support dengan perangkat tersebut. Hal ini dikarenakan Mendeley telah disupport oleh berbagai sistem operasi perangkat lunak, seperti windows, macOS, dan linux. 

Setelah di mendapat free sofrtware tersebut, tinggal langsung klik instalasi dengan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan simple. Setelah anda melakukan langkah yang ada, jangan lupa untuk membuat akun Mendeley dengan mengklik Create a Free Account. Pastikan anda sudah mempunyai email dengan nama asli, karena akun ini akan mensupport mempermudah menemukan topik penelitian dengan kolega yang relevan.

0 Response to "Cara Mudah Mensitasi dan Mereferensi Dengan Mendelay Dalam Penulisan Ilmiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel