Cara Proteksi Handphone Siswa Saat Ujian Soal Online Berlangsung



ipung.net - Beberapa hari yang lalu saya sudah membagikan panduan cara membuat soal online gratis dengan menggunakan google form. Banyak fitur yang tersedia di google form yang dapat mengoptimalkan sebagai sarana dalam membuat soal online, yakni fitur pembuatan kode soal dengan pasword atau token, fitur batasan waktu pengerjaan atau deadline tugas, batas jumlah peserta atau siswa yang bisa pengerjakan soal, fitur penilaian dan koreksi otomatis, serta pertanyaan soal dibuat acak. Semua tersedia lengkap di dalam Google Form.




Namun, tak ada gading yang tak retak juga. Google Form belum menyediakan fitur yang dapat memproteksi agar selama mengerjakan tidak dapat membuka aplikasi lain, terutama browser untuk searching materi dan kunci jawaban. Hal ini juga banyak ditanyakan kepada saya tentang bagaimana cara agar siswa tidak mencontek selama mengerjakan soal online?, bagaimana cara agar siswa tidak bisa membuka browser?, bagaimana cara agar siswa tidak searching selama mengerjakan soal online?, Bagaimana cara mengunci hp siswa dalam mengakses aplikasi lain selama ujian soal online berlangsung? Bagaimana cara proteksi handphone siswa saat ujian soal online berlangsung?


Kali ini saya akan membagikan cara atas pertanyaan di atas yang intinya sama yakni terkait "Cara Proteksi Handphone Siswa Saat Ujian Soal Online Berlangsung" dengan memanfaatkan aplikasi exam bernama Mung Exambro.

Aplikasi Mung Exambro

Aplikasi ini dikembangkan oleh Mr.Mung dan telah diupdate terakhir tanggal 27 september 2019 dengan versi 1.6. Mung Exambro merupakan aplikasi yang dikhususkan sebagai media pelaksanaan pengerjaan soal online berbasis google formulir, office 365 formulir, dan aplikasi quiz lainnya. Fitur andalan dalam aplikasi ini adalah dapat men-scan QR-Barcode soal online yang telah kita buat. Sehingga mempermudah akses dalam memulai pengerjaan soal. Selain itu, fitur paling utama yakni sistem proteksi keamanan selama ujian online berlangsung adalah tidak ada akses ijin terhadap hanphone siswa. Sehingga siswa selama ujian online tidak akan pernah dapat membuka aplikasi lainnya, membuka catatan di hanphone, tidak bisa telp, buka aplikasi Whatsapp, tidak bisa googling. Jadi dengan aplikasi ini siswa akan tetap fokus mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.

Cara Mendapatkan Aplikasi Mung Exambro

Aplikasi ini sudah tersedia di playstore dengan nama mung exambro. Namun untuk mempermudah, saya juga akan membagikan apk secara langsung dengan mengunduh gratis selain di playstore. Ukuran file sangat ringan yakni hanya 2 mb saja. Jadi semua hanphone akan support dengan aplikasi android ini.

Mung Exambro Apk

ipung.net Size: 2 mb
Jika tidak tersimpan otomatis silakan klik simpan Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui halaman Contact.

Cara Menggunakan Mung Exambro

Aplikasi Mung Exambro sangat mudah, setelah terunduh langsung saja kita install di handphone dan buka aplikasinya. Tampilannya akan seperti ini.


Ada dua cara memasukkan soal di aplikasi ini, yakni dengan mensalin url soal online atau scane dengan barcode scanner yang tersedia.

Apabila kode soal sesuai dengan url atau barcode maka kita langsung akan masuk ke halaman soal dan bisa melanjutkan mengerjakan soal online tersebut. Selama membuka aplikasi mung exambro dan sudah mengerjakan soal online maka siswa sudah tidak bisa membuka aplikasi lain.

Kalau ada siswa yang nekat keluar aplikasi maka otomatis handphone akan reset ulang soal online dan kembali ke awal lagi.

Cara Membuat Soal Online Memiliki Barcode

Soal online yang dibuat dalam panduan menggunakan fitur Google Form. Baca selengkapnya bagaimana cara membuat soal online gratis dengan Google Form. Setelah membuat soal, selanjutnya memperpendek url dan membuat QR-Barcode Soal.


Cara Memperpendek URL

Apabila sudah selesai dalam membuat soal, maka kita dapat memembagikan url atau tautan link soal tersebut. Jangan lupa centang ceklish pada perpendek URL. Tampilannya seperti di bawah ini.


Selain itu, kita juga dapat memperpendek URL dengan layanan situs Bit.Ly. Untuk pertama kali kita langsung saja akses www.bit.ly dan sign up untuk mendaftar. Kalau sudah punya akun langsung loggin.  Fitur loggin kita bisa menggunakan email, sosial media yang kita miliki seperti facebook. Berikut tampilan depan bit.ly



Setelah loggin, cara memperpendek URL adalah dengan klik pada Create, > Pilih Link, kemudian paste URL Soal Online dari Google Form. Tampilannya seperti ini


Setelah di paste URL, maka kita dapat mengedit nama judul (Title), custome URL bit.ly/namasoalanda (URL Bisa acak). Kalau sudah selesai kita bisa salin url baru tersebut.

Cara Membuat QR Barcode Soal Online

Setelah memperpendek URL Soal, langkah selanjutnya kita akan membuat QR Barcode. Caranya kita masuk ke situs qrcode-monkey.com, kemudian pilih Tab Teks.

Pastekan URL Soal Online dan jangan lupa untuk menghapus tulisan http:// atau https:// terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa terbaca di scanner Aplikasi Mung Exambro. 

Ingat! Hapus HTTP:/// dan HTTPS://

Untuk menampilkan barcode klik Create QR Code. Download gambar QR Code dan bagikan ke siswa untuk di scane menggunakan aplikasi.

Jadi tampilannya ditunjukkan seperti di bawah ini.


Demikianlah Cara Proteksi Handphone Siswa Saat Ujian Soal Online Berlangsung. Semoga bermanfaat. 

Waspadai corona di lingkungan kita. Yuk cek risiko pribadi kita terhadap paparan corona.

Update Artikel Gratis?

1 Response to "Cara Proteksi Handphone Siswa Saat Ujian Soal Online Berlangsung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.