Widget HTML #1

Pusat Industri Bakpia Pathuk Yogyakarta

Sebagai kota wisata budaya, Jogja juga dikenal dengan wisata kuliner dan oleh-olehnya yang beraneka ragam dan khas. Salah satu yang pasti kita kenal adalah makanan Bakpia Pathuk Jogja. Makanan khas ini bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti tidak akan pernah ditinggalkan. Sudah pernah mencicipi dan membelinya? Nih, ipung.net bakal kasih tau tempat dan lokasi pembuatan alias tempat produsen bakpia yang super ciamik dan murah meriah di Jogja. Langsung saja cekidot di Sentra Industri Bakpia Pathuk Jogja.

Industri Bakpia dalam Lingkup Sejarah dan Perkembangannya di Jogja

Tahukah kalian, bahwasannya Sentra Industri Bakpia Pathuk Jogja merupakan salah satu tempat atau alamat pabrik Bakpia Pathuk di Jogjayang tergolong tua loh usaha ini. Saking tuanya, bisa kita sebut sebagai kampung sejarah yang akan mengulas seluk beluk bakpia dari masa ke masa.

Pada awal mulanya, sebelum menjadi terkenal sebagai makanan khas Jogja, bakpia sebenarnya bukanlah makanan asli dari Jogja loh. Makanan ini berasal dari China yang dibawa masuk dan dikenalkan oleh keturunannya sampai saat ini menetap di Jogja. Menurut catatan sejarah, pertama kali jual beli bakpia murah di Jogja dilakukan sekitar tahun 1930-an.

Tidak seperti saat ini, resep bakpia pada awal mulanya yang berasal dari China berisi daging babi. Akan tetapi, karena pengaruh kebudayaan Islam yang masyoritas dianut oleh penduduk Jogja, akhirnya bakpia berkembang dengan varian ragam isi dan rasa. Oleh karena itulah, kini bakpia mengalami perubahan resep dasar pembuatan yang menyesuaikan kebudayaan masyarakat setempat. Salah satu resep varian rasa yang paling favorit adalah bakpia basah atau bakpia kering isi kacang hijau. Perubahan ini bukan menyurutkan minat beli masyarakat, justru bergantinya isi dan rasa bakpia membuat makanan ini semakin diburu para pembeli dari berbagai kalangan dan menjadi makanan cirri khas wisata murah Jogja.

Sejarah panjang perjalanan Sentra Industri Bakpia Pathuk Jogja pertama kali di mulai di Daerah Suryowijayan. Masyarakat Jogja mengenal bakpia di tempat tersebut yang dijual terbatas hanya untuk keturunan China. Lantaran, pertama kali dijual masih dalam bentuk isi dan rasa aslinya yang berbahan daging babi. 

Lambat laun, perubahan itu muncul dengan mengganti isi dalam bakpia dari bahan babi menjadi kacang hijau yang halal bagi masyarakat Jogja yang masyoritas islam. Perubahan isi bakpia ini menyebabkan tempat penjualan bakpia berpindah tempat dari daerah Suryawijayan ke daerah Pajeksan dan berkembang lagi hingga pindah ke daerah Ngampilan, tepatnya di Jalan KS. Tubun hingga sampai saat ini.

Di daerah Ngampilan ini perkembangan pembuatan makanan bakpia sangat berkembang pesat. Perkembangan ini membuat daerah tersebut dijadikan sebagai pusat pembuatan bakpia Pathuk Jogja. Kenapa nama Pathuk? Nama ini merupakan nama daerah tersebut sebelum berganti nama menjadi Jalan KS. Tubun.

Harga Bakpia di Sentra Industri Bakpia Pathuk Jogja

Bagi kalian yang berwisata di Jogja. Jangan lupa pulang membawa oleh-oleh bakpia pathuk Jogja yang super enak ini yah. Jika ingin membeli dalam jumlah yang banyak dan masih kondisi baru di masak, langsung saja ke pusat pembuatannya. Di sana kalian akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan yang di jual di toko atau gerai lainnya. Selain itu, sangat jelas bahwa makanan bakpia yang diproduksi masih dalam kondisi baru matang dan siap di kemas. Jadi masih tahan lama dan segar.

Untuk harga bakpia yang di jual di Sentra Industri Bakpia Pathuk Jogja sangat terjangkau dan tentunya murah sesuai kantong para wisatawan sekalian yah. Rata-rata harga bakpia di sini dipatok harga sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 40.000 setiap box.

Di Sentra Industri Bakpia Pathuk Jogja, kalian akan menemukan banyak sekali puluhan rumah, toko, dan lainnya yang menjajakan jajanan bakpi dalam ragam isi, rasa, merek dan harga. Jadi pilihlah sesuka hatimu ya, borong sebanyak-banyaknya dan pastikan dapat potongan harga diskon istimewa.

Hal yang unik dari setiap nama merk bakpia dan menjadi tanda tanya besar bagi para pembeli adalah terkait dengan label namanya. Banyak dari para produsen menamai merk dagang bakpianya dengan deretan angka. Tentu, hal ini sangat erat kaitannya dengan angka tahun sejarah pembuatannya dan ada pula angka yang diambil dari nomor rumah atau bangunan tempat mereka berjualan atau memproduksi bakpia.



Gimana sudah tahu kan industri bakpia pathuk jogja. Kurang afdol banget ya kalau udah ke jogja, tapi pulang belum bawa oleh-oleh bakpia. Makanya, sebelum pulang, kunjungi dulu sentra industri bakpia yang berada di alamat Jln. KS Tubun, Ngampilan, Yogyakarta. Selamat berbelanja.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

1 comment for "Pusat Industri Bakpia Pathuk Yogyakarta"

Comment Author Avatar
wah ini oleh-oleh wajib yang dibawa dari Yogya :D

Comment Policy: ipung.net menerima kritik dan saran atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.