Panduan Membuat Google Classroom untuk Kelas Online Gratis Bagi Guru

ipung.net - Maraknya wabah virus corona yang tersebar di seluruh penjuru dunia membuat aktivitas di luar ruangan terbatas. Tidak terkecuali di Indonesia yang sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang terpapar virus covid19 atau corona. Salah satu upaya untuk mengurangi laju persebaran virus ini diberlakukan adanya social distancing dan himbauan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah.

Di dunia pendidikan, wabah ini telah membuat seluruh sekolah yang ada wajib diliburkan dan dilakukan secara online atau dikenal sebagai kelas online. Banyak cara yang dapat dilakukan para guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Adapun salah satu rekomendasi terbaik dapat menggunakan fitur dari Google secara gratis, yakni Google Classroom.

Berikut tutorial Panduan Membuat Google Classroom untuk Kelas Online Gratis Bagi Guru atau Siswa dan Umum.

Google Classroom

Google Classroom merupakan suatu media yang mewadahi para guru, siswa ataupun masyarakat umum untuk dapat melakukan pembelajaran secara online dengan berbagai fitur menarik didalamnya, yakni pembagian tugas, penilaian dan lain-lain. Aplikasi ini diluncurkan sebenarnya sudah cukup lama yakni tanggal 12 Agustus 2014.


Cara membuat Google Classroom

Google Classrom yang berfungsi sebagai media kelas online sangat mudah diaplikasikan dan dibuat oleh siapapun. Mau tau caranya membuat google classroom yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Baca juga: Jadwal Kelas Online Rumah Belajar dan TV Edukasi Dari Kemendikbud

1. Kita dapat mencari dihalaman pencarian google.com dengan mengetikkan kata kunci atau keyword Google Classroom. Sehingga muncul tampilan hasil pencarian berikut.



2. Klik pada link Google Classroom pada nomor 2 atau langsung klik classroom.google.com

3. Tahap selanjutnya anda akan disuruh untuk loggin dengan akun google untuk dapat masuk ke halaman Google Classroom. Tampilannya sebagai berikut.



4. Klik lanjutkan untuk membuka tampilan halaman berikutnya di Google Classroom. Hasilnya kita akan diberikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Langsung saja klik centang dan pilih lanjutkan.


5. Setelah tahapan dilalui akan ada tampilan halaman Google Classrom. Kita sudah login dan dapat membuat kelas atau bergabung dengan kelas. Tampilannya sebagai berikut.


6. Pilihan untuk membuat kelas atau bergabung dengan kelas dapat kita klik pada tombol + yang berada di pojok kanan atas. Kalau kita klik maka ada dua pilihan sebagai berikut.



Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Setelah loggin di classroom.google.com kita dapat langsung klik tombol + di pojok kanan atas dan memilih link Buat Kelas. Setelah itu kita dapat mengisi form deskripsi kelas yang akan kita buat sebagai berikut.


Terdapat form dengan isian sebagai berikut

Nama kelas (wajib) : isililah kolom ini dengan nama kelas yang akan kita buat. Misalnya nama Kelas V SD IPUNG NET. Atau kita bikin kelas umum seperti Kelas Jurnalistik Urgensi.id

Bagian: bisa di isi atau dikosongkan

Mata Pelajaran: bisa di isi nama pelajaran, misalnya pelajaran IPS atau lainnya

Ruang: bisa di isi nama ruang atau kelas. Misalnya Kelas V B atau Ruang Sosial

Setelah terisi semua langsung kita klik Buat. Maka hasilnya sebagai berikut.



Cara Mengelola Kelas Online di Google Classroom

Pada gambar tampilan kelas di atas dapat kita lihat berbagai macam fitur yang dapat kita gunakan untuk mengobtimalkan jalannya belajar mengajar secara online. Adapun fiturnya sebenarnya mirip dengan aplikasi facebook dimana kita sebagai anggota atau siswa dan guru bisa saling memposting materi pelajaran dan saling memberi komentar atau timbal balik satu sama lainnya alias diskusi online. 

Di Google Classroom terdapat fitur Forum, Tugas Kelas, Anggota, Nilai.

Forum

Forum: pada tampilan ini kita sebagai admin (guru) dapat mengatur jalannya kelas, siapa saja yang dapat memposting. Settingannya terdapat di tombol pojok kanan atas.


Pada settingan forum terdapat pilihan
Siswa dapat memposting dan memberi komentar
Siswa hanya dapat memberi komentar
Hanya pengajar yang dapat memposting dan memberi komentar.

Pada pilihan ini rekomendasinya pilih saja siswa hanya dapat memberi komentar. Sehingga tampilan forum akan lebih kondusif materi apa saja yang akan fokus dipelajar bersama. Pada tampilan tersebut guru akan memberikan pemantik materi, sehingga siswa dan guru sama-sama dapat memberi komentar terkait materi yang diberikan

Tugas Kelas

Fitur tugas kelas dapat digunakan untuk memposting tugas-tugas dari guru kepada seluruh siswa. 
Tampilan tugas kelas dan fitur-fiturnya yang dapat digunakan sebagai berikut.


Pada fitur tugas kelas terdapat google kalender yang dapat melihat tanggal secara olnline, folder drive kelas yang dapat digunakan untuk menyatukan materi atau tugas-tugas yang dikumpulkan dalam satu folder kelas. 

Selain itu hal terpenting adalah beberapa opsi membuat tugas di google classroom beragam, yakni membuat tugas biasa, tugas berupa kuis, pertanyaan, materi, bahkan bisa ambil dari postingansebelumnya, dan dikelompokkan berdasarkan topik pembelajaran. 

Salah satu tampilan cara membuat tugas kelas sebagai berikut.




Pada form membuat tugas silahkan di isi sesuai kebutuhan para guru. Ada kolom tugas yang dapat isi nama tugas yang akan diberikan pada kolom judul. Isikan juga petunjuk secara spesifik pada tugas tersebut di kolom petunjuk. Untuk mendukung informasi, dapat ditambahkan beberapa file pendukung, seperti materi ppt, pdf, doc, dll pada lampiran tambahan. 

Tugas kelas yang dibuat guru dapaat ditunjukkan ke seluruh siswa atau beberapa siswa. Pilihan ini terdapat pada ceklis di bagian kanan. Silahkan di sesuaikan dengan kebutuhaan yang lainnya juga seperti pada tanggal batas waktu pengumpulan, topik, dan rubrik, serta penilaian pada kolom poin.

Apabila sudah terisi semua formulir pembuatan tugas kelas maka tulisan link Tugaskan akan berwarna hijau dan dapat kita klik. 

Cara Menambahkan Anggota yakni menambahkan Guru atau Siswa ke dalam kelas online

Cara menambahkan anggota dapat kita klik pada tulisan anggota.


Cara Guru Gabung Kelas (Kelas Partner)

Menambahkan Guru dapat kita klik simbol user dan isi form undangan pengajar dengan mengetikkan nama atau email guru bersangkutan.


Cara Siswa Gabung Kelas

Menambahkan Siswa dapat dilakukan hal yang sama dengan menambahkan guru di atas. 


Akan tetapi ada hal yang membedakan untuk menambahkan siswa ke dalam kelas online yakni dengan memberi kode kelas yang dapat kita salin pada tulisan sebagai berikut


atau dapat dilihat pada halaman depan kelas



Demikianlah Panduan Membuat Google Classroom untuk Kelas Online Gratis Bagi Guru atau Siswa dan Umum. Semoga dapat bermanfaat dan digunakan untuk membuat kelas online. Apabila ada pertanyaan dan kirik saran bisa tulisa saja di kolom komentar ya. Terima kasih.

1 Response to "Panduan Membuat Google Classroom untuk Kelas Online Gratis Bagi Guru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel