Jadwal Kelas Online Rumah Belajar dan TV Edukasi Dari Kemendikbud

Jadwal Kelas Online Rumah Belajar dan TV Edukasi Dari Kemendikbud

Kelas Online Rumah Belajar dan TV Edukasi Dari Kemendikbud. 

IPUNG.net - Kelas online atau kelas daring yang dilakukan secara jarak jauh melalui media internet telah dilakukan dalam beberapa pekan belakang ini. Pasalnya, Wabah pandemi Corona Virus telah menjangkiti beberapa masyarakat, oleh karena itu untuk mencegahnya pemerintah telah memberlakukan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah.

.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menunjang pembelajaran jarak jauh telah mempersiapkan serangkaian pembelajaran berbasis online untuk para siswa-siswi di seluruh Indonesia. Adapun program ini dinakaman dengan Kelas Online Sapa Duta Rumah Belajar (DRB) dan TV Edukasi.


Dalam kelas online Sapa Duta Rumah Belajar (DRB) dapat diakses gratis oleh siapa saja, baik siswa, guru maupun umum. Kelas online menyesuaikan dengan kurikulum sekolah yang berlaku saat ini.

Kelas online menggunakan metode berupa video dari para guru yang berpengalaman di bidangnya. Alhasil, model kelas online ini layaknya guru menjelaskan pelajaran seperti di dalam kelas, namun kini bedanya siswanya yang berada di rumah. Kelas online ini menjadi solusi alternatif terkait pembelajaran efektif dan variatif yang edukatif selama belajar di rumah.


Selain melalui daring atau online, pembelajaran jarak jauh juga dapat diakses melalui Televisi, yakni TV Edukasi. Adapun tayangan yang ditampilkan dalam TV Edukasi berupa pembelajaran yang dapat diakses gratis. Tema TV Edukasi yang ditayangkan berkait dengan pengetahuan umum, pendidikan karakter dan kegiatan kreativitas.


Apa itu Rumah Belajar?

Rumah Belajar yang digagas oleh Kemendikbud merupakan sebuah laman protal yang berisikan tentang pembelajaran. Portal tersebut merupakan fasilitas pembelajaran yang interaktif dan hadir sebagai bentuk inovasi pendidikan di era industri 4.0. Portal ini dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa dan guru mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), da Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Rumah belajar membuat kita dapat belajar dari mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Akses rumah belajar tidak dipungut biaya alias gratis (free).

Cara Mengatasi Siswa Bosan Belajar di Rumah

Belajar dari rumah telah dilakukan lebih dari 3 pekan. Kondisi ini lama kelamaan membuat jenuh para siswa. Kegiatan dengan mengerjakan tugas-tugas dan tugas justru membuat siswa terbebani. Oleh karena itu, kini ada cara mengatasi siswa bosan belajar di rumah yang monoton dan itu-itu saja. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti gaya belajar dari Kelas Online Rumah Belajar dan menyaksikan tayangan TV Edukasi yang dilakukan oleh Kemendikbud. Cara inilah yang tentu akan membuat para siswa lebih fresh. Hal ini dikarena Kelas online maupun Tv Edukasi menyuguhkan tayangan kreatifitas yang mudah dipahami dan dinikmati para siswa disetiap pembelajarannya.


Fitur Utama Rumah Belajar

Rumah Belajar memiliki beragam fitur yang dapat menunjang belajar siswa dan guru dari rumah dan dimana saja. Adapun fitur rumah  belajar diantaranya sumber belajar yang berbentuk gamabr, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

Fitur lainnya adalah kelas digital. Dikembangkan sebagai learning Management System (LMS) untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Fitur ini dilengkapi dengan akses bahan ajar dari guru untuk diberikan kepada siswa dalam bentuk digital.

Fitur bank soal. Sebagai bahan evaluasi pembelajaran dalam fitur ini dilengkapi dengan kumpulan soal dan materi yang dikelompokkan sesuai dengan topik pembelajaran.

Fitur labolatorium maya. Fitur ini menyajikan simulasi praktikum secara interaktif dan dikemas secara menarik. Fitur ini juga dilengkapi dengan lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Cara Mengikuti Kelas Online Sapa Duta Rumah Belajar dan TV Edukasi

Pada siswa, guru, orang tua atau semua orang yang ingin mengikuti kelas online dapat melalui laman khusus yang dibuat oleh Kemendikbud. Cara mengikuti kelas online sapa duta rumah belajar sangat mudah dan simple. Anda cukup klik tautan di bawah ini. Sehingga anda akan dibawa ke laman kelas online. Program yang ditayangkan akan menyesuakan dengan jadwal pelajaran masing-masing sesuai jenjang pendidikan. Jadi jangan salah pilih jadwal ya. tapi gak apa-apa kok kalau mau mengikuti semua jadwalnya. Tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi tenang saja. Yuk manfaatkan pelajaran gratis dan mencerdaskan ini.


Tautan link: TV Edukasi

Jadwal Kelas Online Sapa Duta Rumah Belajar (DRB) dan TV Edukasi

Bagi yang ingin mengikuti kelas online dapat memantau jalannya program kegiatan kelas online dan Tv Edukasi yuk simak baik-baik jadwalnya di bawah ini. 

Jenjang SD (Sekolah Dasar)
07.30 - 09.00Kelas 4 (Guru Jefta Johannes Makikui)
09.00 - 10.30Kelas 5 (Guru Roby Setia Pramana)
10.30 - 12.00Kelas 6 (Guru Inggirs Megasari)
Jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama)
07.30 - 09.00Kelas 7 IPA (Guru M. Jarnawi)
09.00 - 10.30Kelas 8 Matematika (Guru Martiningsih)
10.30 - 12.00Kelas 9 Bahasa Inggris (Guru Asih Prihatin)
Jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas)
07.30 - 09.00Kelas 10 Sejarah (Guru Nendi Firmansyah)
09.00 - 10.30Kelas 11 Matematika(Guru Achmad Mujahid)
10.30 - 12.00Kelas 11 Bahasa Jepang (Guru Hanna Kali Wahyumi)
Jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
07.30 - 09.00Kelas 10 Kimia (Guru Tedi Hadiana)
09.00 - 10.30Kelas 10 Pengetahuan Industri Migas (Guru Handriyas Abu Choir)
10.30 - 12.00Kelas 10 Fisika (Guru Dendi Rohendi)

Jadwal TV EDUKASI
Jadwal Tv Edukasi
07.00 - 07.30IPA Terpadu SD
07.30 - 08.00Planet Sains
08.30 - 09.00Negeriku Maritim
09.00 - 09.30Hai Sobat

Jadwal ini merupakan program tayangan setiap hari dan menyesuaikan jadwal yangselalu diperbaharui. Semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru terkait referensi belajar online dengan menyimak jadwal kelas online rumah belajar dan tv edkasi dari kemendikbud. Salam pembelajar. [ash].

Waspadai corona di lingkungan kita. Yuk cek risiko pribadi kita terhadap paparan corona.

Update Artikel Gratis?

5 Responses to "Jadwal Kelas Online Rumah Belajar dan TV Edukasi Dari Kemendikbud"

  1. makasih informasinya mas, lumayan nih buat dishare ke sodara - sodara saya.

    ReplyDelete
  2. Siap mas Muhammad Faisal..

    ReplyDelete
  3. Syukurlah ada solusi dari Pemerintah, tapi anak-anak tidak sedikit yg bosan. Semoga corona cepat enyah, biar aktivitas bisa normal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. semoga kembali ke rutinitas semua dan sehat semuanya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.