Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah

Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah

Kebutuhan akses internet di era sekarang sangat tinggi. Pasalnya, smartphone telah dimiliki hampir sebagian besar orang untuk mengakses berbagai macam informasi. Oleh karena itu, informasi sangat mudah diperoleh melalui genggaman tangan. Salah satunya akses informasi yang disajikan pada suatu website. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan akses internet kadangkala mengalami naik turun kecepatannya. Ketika hal itu terjadi, pengguna yang sedang browsing untuk mencari informasi akan dibuat tidak nyaman terhadap kondisi tersebut, salah satunya dibuat kesal dengan akses website yang akan dikunjunginya sangat lemot alias loading lama. Mau tidak mau, pengunjung akan segera menutup website kita dan beralih ke website lain. Tentunya, kondisi demikian ini tidak kita inginkan bukan?

Lantas, apakah website kita cepat atau lambat ya? Bagaimana cara cek kecepatan website kita?

Cara Mudah Cek Kecepatan Loading Website

Kecepatan website dapat dengan mudah diketahui melalui pengecekan dengan tools, diantaranya tersedia di GTMetrix dan Google PageSpeed Insights. Adapun yang menjadi pedoman dalam menentukan tingkat kecepatan suatu website diantaranya, website dengan kecepatan di bawah 1 detik disebut dengan sempurna, kecepatan 1-3 detik disebut diatas rata-rata, 3-7 detik kecepatan rata-rata dan kecepatan diatas 7 detik disebut kategori lambat. 

Setelah mengetahui kondisi kecepatan website kita, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mempercepat website dengan mudah apabila kecepatan loading website kita lemot.

Pengaruh Kecepatan Website

Kecepatan website jelas mempengaruhi kinerja website kita, selain telah disebutkan sebelumnya yakni pengunjung akan menutup website kita dan beralih ke website lain dampak lainnya masih banyak. Diantaranya pengaruh kecepatan website sebagai berikut:

Rendahnya Tingkat Kunjungan Blog

Berpindahnya pengunjung ke website lain berdampak pada tingkat kunjungan website kita. Alhasil, website kita akan semakin sepi kunjungan. 

Memakan Banyak Kuota Pengguna

Loading lama pada website dipengaruhi karena data yang akan disedot pada website semakin besar. Kondisi ini akan menyebabkan penggunaan kuota yang semakin meningkat dan memboroskan kuota pengguna.

Berkurangnya Pendapatan

Setelah website sepi, dampak lainnya bagi website dengan kecepatan loading lambat adalah berkurangnya pendapatan bila menggunakan iklan google Adsense atau iklan lainnya. 

Faktor Penyebab Website Menjadi Lemot

Banyak yang menjadi pengaruh besar terhadap penyebab website lambat, diantaranya penggunaan server web hosting yang jelek, pemilihan tema web yang salah, banyaknya plugin yang diinstall, banyaknya iklan yang dipasang, serta ukuran besar penggunaan database. Selain itu, tentu masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi website menjadi lambat.

Cara Mempercepat Website

Banyak cara yang dapat kita gunakan sebagai langkah untuk meningkatkan kecepatan loading website yang kita miliki. Beberapa cara akan diulas sebagai berikut.

Memilih Server Web Hosting

Kunci utama dalam meningkatkan kecepatan loading web salah satu diantaranya memilih dengan tepat server web hosting untuk website kita. Server akan menjadi kunci faktor utama yang menentukan cepat atau lambat website yang kita miliki. Sehingga, performa serve yang buruk akan sangat jelas mempengaruhi peroforma kecepatan loading. Lantas, bagaimana memilih server yang baik performanya untuk kecepatan website?

Domainesia merupakan platform yang memiliki jasa penyedia hosting terbaik untuk kebutuhan website anda. Selain murah, web hosting yang disediakan terjamin dengan SSD berformat tinggi dalam infrastruktur cloud. Inilah hosting cepat dan murah pilihan tepat untuk Anda.

DomaiNesia

Terdapat tiga pilihan web hosting sesuai dengan kantong kita sesuai dengan kebutuhan website, yakni:

Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah


Paket Extra

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 16.000 perbulan dengan kapasitas 750 MB Space, unlimited bandwith, maksimak digunakan untuk 5 website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis. 

Paket Super

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 32.000 perbulan dengan kapasitas 2 Gb Space, unlimited bandwith, Unlimited website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis dan akses SSH.

Paket Monster

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 64.000 perbulan dengan kapasitas 5 Gb Space, unlimited bandwith, Unlimited website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis dan akses SSH.

Bagi Anda yang menginginkan fitur premium untuk keperluan bisnis, Domainesia juga menyediakan paket hosting bisnis. Paket ini ditujukan untuk kebutuhan bisnis dan organisasi dengan tingkat kapasitas hosting website ekstra lebih besar.

Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah


Paket Mikro

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 60.000 perbulan dengan kapasitas 6 Gb Space, 2 Gb Ram, unlimited bandwith, 2 CPU Core, unlimited website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis dan akses SSH.

Paket Mega

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 160.000 perbulan dengan kapasitas 12 Gb Space, 4 Gb Ram, unlimited bandwith, 2 CPU Core, unlimited website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis dan akses SSH.

Paket Giga

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 320.000 perbulan dengan kapasitas 24 Gb Space, 6 Gb Ram, unlimited bandwith, 2 CPU Core, unlimited website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis dan akses SSH.

Paket Exa

Harga web hosting kriteria ini hanya Rp. 640.000 perbulan dengan kapasitas 48 Gb Space, 8 Gb Ram, unlimited bandwith, 2 CPU Core, unlimited website, unlimited email, suppots IPv4 & IPv6 serta bonus Domain gratis dan akses SSH.

Fitur Hosting Terbaik Domainesia

Enterprise-grade SSD

MailChannels Spam Filter

Garansi 99.9% Uptime

Pilihan Lokasi Server

CloudFlare Railgun

Backup Harian Ke Cloud

Antivirus & Anti-MailWare

Node.js, Phyton, Ruby, PHP

Kalian ingin mendapatkan fitur hosting terbaik tersebut? yuk langsung saja order di sini dan langsung rasakan manfaatnya untuk performa website anda.

DomaiNesia

Gunakan Plugin yang dibutuhkan saja

Banyaknya plugin yang diinstall pada website tentu akan menjadi boomerang. Pasalnya, plugin yang banyak diinstall tersebut menjadikan website semakin berat loadingnya. Oleh karena itu, pilah dan pilih plugin yang dibutuhkan untuk website anda secara bijak. Apabila tidak begitu dibutuhkan, maka langkah tepat adalah dengan menghapusnya saja. Langkah ini akan berdampak mempercepat loading website anda yang awalnya lemot.

Kurangi Pemasangan Iklan Berlebihan

Kadang kala kita terlalu berharap dengan banyaknya iklan yang dipasang pada website kita berdampak pada tingginya penghasilan yang akan kita peroleh. Namun, cara ini sebenarnya kurang tepat. Pasalnya, banyaknya iklan yang dipasang justru akan memperburuk kecepatan website kita sendiri. Oleh karena itu, solusi untuk mempercepat loading blog adalah dengan mengurangi jumlah iklan. 

Kompresi Ukuran Gambar

Gambar yang digunakan untuk penunjang blog memiliki ukuran bervariasi. Apabila tidak dicek, hal ini akan menjadikan website ketika loading menjadi lambat. Oleh karena itu, sebelum memasang gambar di website langkah baiknya adalah dengan mengkompres ukuran gambar tersebut agar lebih kecil dan ringan. Cara kompress ukuran gambar dapat menggunakan software photoshop, photoscape, dll atau via online.

Gunakan CND (Content Delivery Network)

Akses yang mudah dari lokasi manapun dapat dibantu dengan CND. 

Pilih Tema Ringan dan Cepat

Selain tampilan yang keren dan responsif, tema yang hendak diterapkan pada website kita tentunya pilih yang ringan dan cepat. Gunakan tema premium yang asli, sehingga apabila terdapat kesulitan dan lain sebagainya dapat mudah untuk berkonsultasi dengan pembuatnya langsung.

Sering Optimasi Database 

Penggunaan database yang besar juga mempengaruhi kinerja kecepatan website. Dengan mengurangi besarnya database, maka kita juga mengurangi website yang lemot. Optimasi database dapat dengan mudah menggunakan plugin WP-Optimize.

Optimasi Video

Selain gambar, adanya video juga menjadi pelengkap pada artikel website kita. Penyisipan video dalam website sebaiknya jangan langsung diupload, melainkan gunakan saja fasilitas embed video yang diperoleh dari fitur youtube.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dioptimasi untuk mempercepat kecepatan website. Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang akan terus diupdate pada artikel ini. Jadi, terus pantau saja artikel update-an berikutnya ya. Selamat mencoba.

ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah"