7 Hal yang Wajib Kita Siapkan, Jika Ingin dapat Beasiswa dengan Mudah

Pendidikan merupakan investasi masa depan untuk perubahan hidup yang lebih baik. Pentingnya pendidikan untuk mengarungi lika-liku kehidupan tidak lagi perlu diragukan. Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Berikut ini, ipung.net akan berbagi tips dan triks tentang 7 hal yang wajib kita siapkan, jika ingin dapat beasiswa dengan mudah.

ipung.net - Pendidikan merupakan investasi masa depan untuk perubahan hidup yang lebih baik. Pentingnya pendidikan untuk mengarungi lika-liku kehidupan tidak lagi perlu diragukan. Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Hal ini bukanlah sesuatu yang sulit bagi masyarakat keluarga kelas menengah ke atas, namun akan menjadi kendala yang berarti bagi kita yang berada di taraf keluarga kelas menengah ke bawah. Rasanya  mustahil untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mungkin hanya bisa tamat sekolah SMP-SMA saja sudah syukur setengah mati rasanya. 

Mungkin begitulah dilemma yang terjadi direalitas sekitar kita. Jerat rantai hitam antara ekonomi dan pendidikan seakan terus bergulir tanpa ada celah untuk melepaskannya. Banyak yang semangat belajar, namun terkendala ekonomi. Sedangkan ekonomi sendiri dapat dibuka bila adanya jenjang pendidikan dengan bekal ilmu yang dimiliki. Melihat kondisi demikian, bagi kalian yang terlahir sebagai anak di keluarga kelas menengah ke bawah jangan berkecil hati. Semangat yang tinggi serta doa adalah pintu harapan untuk mencapai cita-cita tersebut. Kata pepatah bilang, masih ada ribuan jalan menuju roma. Tak ada kata mustahil dalam hidup ini. 

Yups, solusinya adalah mendapatkan dana pendidikan melalui beasiswa. Bila kita mencari dengan cara semisal – searching di goole, pasti banyak sekali informasi yang akan kita peroleh perihal tersebut. Tinggal kita baca dan pilih yang sesuai dengan kriteria kita. Tentunya, banyak sekali peluang dan kesempatan emas itu untuk mendapatkan  jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui beasiswa.

Berikut ini, ipung.net akan berbagi tips dan triks tentang 7 hal yang wajib kita siapkan, jika ingin dapat beasiswa dengan mudah. Baca ulasannya di bawah ini sampai selesai ya. Semoga berhasil apa yang di cita-citakan.

1. Cari Informasi Beasiswa

Semua harus dimulai dengan rasa keingintahuan kita tentang apa yang ingin kita dapatkan. Pertama jelas ya, harus cari tahu informasi terkait beasiswa. Jangan sampai, kita Tanya orang Cuma sekedar “saya ingin lanjut kuliah, tapi bingung mau beasiswa apa ya?”. Nah, hindari pertanyaan semacam itu, meskipun kita punya semangat yang tinggi sekalian dan benar-benar tidak tahu. Pasalnya, pertanyaan demikian itu menunjukkan kita orang yang malas dan hanya serba instans aja. So, mulailah dari sekarang cari informasi apa saja beasiswa yang ada. 

Mungkin di sini saya akan kasih list aja, jadi apa aja nih beasiswa yang bisa di apply baik dalam maupun luar negeri. 

Beasiswa LPDP, Besiswa Unggulan, Beasiswa Djarum, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Bappenas, Beasiswa Tokopedia, dll. Intinya masih banyak ya, hehe.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan informasi beasiswa yang selalu update melalui media sosialnya ya, baik via website, facebook, Instagram, maupun twitter, dan lain sebagainya.

2. Baca dan Kenali Persyaratan Beasiswa

Gak kenal, maka gak sayang. Sepertinya cocok untuk para pemburu beasiswa kali ini. Masak mau dapat beasiswa tapi gak tau apa itu visi misi beasiswanya, apa aja persyaratannya dan gimana cara mendapatkannya. Kan lucu sekali. Belum mau mencari tau informasi, eh langsung tancap gas sekali lagi “gimana cara daftar beasiswa bla-bla-bla? Apa saja persyaratannya?”. Oke guys, intinya iqra’ (bacalah). Pasalnya, setiap penyedia beasiswa pasti memiliki informasi lengkap terkait prosedurnya. Biasanya tercantum di laman website resmi maupun selebaran informasi yang dapat diunduh berformat pdf. Sehingga, informasi tersebut dapat dengan mudah untuk kita akses dan kita baca dengan lengkap.

3. Mulai Kumpulkan Persyaratan Sedini Mungkin

Setelah kalian tahu apa saja persyaratannya, kini saatnya melanjutkan perjuangan berikutnya. Yups, segera mengumpulkan apa yang menjadi syaratnya. Setidaknya kita bisa mempersiapkan diri untuk memenuhi kualifikasi yang harus dilalui. Bagi yang belum memenuhi, yuk segera bikin taget untuk segera meraihnya. 

4. Membuat Jadwal Rencana

Pada saat memulai berburu persyaratan tentu ada saja yang bakal kelupaan atau terlewatkan. Kadangkala sudah siap untuk apply beasiswa, eh ujung-ujungnya kelewat batas deadline. Auto gagal jadinya. So, untuk menghindari kemungkinan yang tidak di inginkan tersebut, yuk saatnya bikin jadwal rencana yang sistematis dan jelas. Selain untuk mengingat waktu, rencana ini juga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan-kemampuan apa saja yang harus dikumpulkan seusai persyaratan, sehingga tiba waktu deadline tidak kebingunan persyaratan apa saja yang sudah dan belum.

5. Membuat Rencana Studi

Ini hal yang paling menentukan juga lancer tidaknya mengikuti seleksi beasiswa. Pasalnya, setiap kali wawancara atau semacamnya bakal ditanyakan tentang rencana studi. Bagi kalian yang memiliki rencana yang jelas tentang studi apa yang akan diambil, kampus mana, dan bakal seperti apa nanti setelah lulus pasti akan mudah untuk menjawab setiap sesi pertanyaan wawancara. Jadi sudah memiliki rencana yang jelas belum? Kalau belum, mulai sekarang dan detik ini ya direnungkan dan kalua perlu di tulis biar tidak lupa. 

6. Perbanyak Aktivitas Sosial Masyarakat

Satu hal yang sering dilupakan para pemburu beasiswa adalah ia lupa bahwa dana pendidikan sebenarnya berasal dari mana. Jadi intinya gini, kalian di sekolahkan tentu tidak dengan biaya yang sedikit dan tentu aka nada timbal balik yang diinginkan pemberi beasiswa. Nah, salah satunya adalah peran serta kita aktif dalam sosial masyarakat adalah seberapa besar kebermanfaatan kita di dalam masyarakat. Jadi ilmu yang akan kita peroleh setelah menempuh pendidikan tidak hanya diri sendiri yang memanfaatkannya, melainkan masyarakat sekitar juga dapat merasakan kebermanfaatannya. Catatan penting, jangan idealias dan egois, karena itu akan menjatuhkan kita untuk mendapat beasiswa. 

7. Perbanyak belajar dan doa

Tidak ada usaha yang sia-sia. Lakukan yang terbaik sebisa mungkin, setelah itu pasrahkan ke sang pemilik kehidupan. Intinya terus berusaha berikhtiar, apapun hasilnya itu lah yang terbaik untuk kita. Maju terus pantang mundur. 


Show comments
Hide comments

2 Responses to "7 Hal yang Wajib Kita Siapkan, Jika Ingin dapat Beasiswa dengan Mudah"

  1. Wah mantap tips nya mas ipung.. setuju bgt sama yang ditulis.. sampai sekarang diriku masih berjuang juga neh.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Mas kris pasti bisa nih dapet beasiswa

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel