Widget HTML #1

Panorama Indah Wisata Alam Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta

Panorama Indah Wisata Alam Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta

Wisata Alam Kalibiru merupakan salah satu tujuan wisata yang tengah naik daun. Kini wisata ini lagi ramai dibicarakan masyarakat umum. Letak wisata alam Kalibiru berada di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Potensi luar biasa memang patut disematkan untuk kasawan wisata alam Kalibiru ini sebagai desa wisata. Masyarakat setempat yang mulai sadar akan potensinya mulai bergerak untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi wisata ini.

Alhasil, masyarakat setempat mendapat tambahan pendapatan dari sektor pariwisata ini disamping kegiatan ekonominya sebagai petani dan berkebun, serta berternak. Menjadi pengelola sektor wisata, para warga banyak memilih untuk menjadi pedagang dengan mendirikan warung-warung dan jajanan sebagai tempat beristirahat wisatawan yang berkunjung ke sana.

Karena masih baru, wisata ini masih memiliki berbagai kendala untuk menunjang kegiatan pariwisata. Salah satunya adalah akses jalan raya yang masih terbilang ekstrem, jalan terjal hingga berliku. Cukup sulit, khususnya bagi wisatawan yang mengendarai kendaraan roda empat. Hal ini dikarenakan kondisi geografis wisata alam Kalibiru yang masih berada di kawasa perbukitan menoreh, membentang sebagai perbatasan antar wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Meskipun demikian, proses pembangunan akses jalan akan segera diperbaiki guna menunjang kegiatan pariwisata ini.

Bagi kalian yang ingin ke sana. Hal yang unik di wisata alam Kalibiru adalah keberadaan Waduk Sermo. Waduk inilah yang menjadi sumber air untuk irigasi dan PDAM masyarakat Kulonprogo dan sekitarnya. Selain Kalibiru, Waduk Sermo ini juga menjadi destinasi wisata alternatif yang ramai dikunjungi para wisatawan.

Lokasi wisata alam Kalibiru berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan atau sekitar 37 km-an dari Kota Yogyakarta. Lokasinya berada di sekitar ketinggian 450 mdpl. Rute jalannya yakni dari Kota Yogyakarta lewat jalan raya Wates. Sesampainya Kota Wates, ikutilah petunjuk jalan ke arah Waduk Sermo dan pilih jalan ke kalibiru. Kalau masih bingun bisa cek lokasi dengan google map berikut.

Sesampainya di lokasi, kalian akan dibuat takjub akan keindahan alam yang begitu asri di sana. Banyak spot-spot menarik untuk diabadikan dalam kamera. Pemandangan alam dengan landskap membentang membuat kita merasa inilah surga di dunia itu.

Di sekitar lokasi sudah tersedia berbagai sarana fasilitas umum dan wahana yang dibangun masyarakat. Salah satunya berupa flying fox. Untuk dapat menggunakannya, tentu kita harus antri terlebih dahulu dengan para pengunjung lainnya.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

2 comments for "Panorama Indah Wisata Alam Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta"

Comment Author Avatar
pertama baca langsung lihat pemandangan yang segar....
Comment Author Avatar
Dari kemaren pengen ke sana belum sempet2... Katanya kalau mau naik harus antri lumayan ya...

Comment Policy: ipung.net menerima kritik dan saran atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.