Panduan Membuat Soal Online dan Penilaian Langsung Otomatis Keluar


Panduan Membuat Soal Online dan Penilaian Langsung Otomatis Keluar

Baca juga: Cara Proteksi Handphone Siswa Saat Ujian Soal Online Berlangsung

ipung.net - Kegiatan belajar dan mengajar tidak lengkap kalau belum ada evaluasi belajar. Banyak cara yang dilakukan para guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar mengajarnya. Salah satunya dengan memberikan penilaian terhadap siswa. Secara umum, guru memberikan soal yang ditulis di papan tulis atau melalui lembaran kertas.

Namun, di era digital saat ini penilaian dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan, selesai menjawab soal, guru dan siswa pun bisa langsung dapat melihat nilai hasil dan letak soal mana saja yang jawaban benar atau salah. Jadi, cara pembuatan soal online ini sangat dirasakan mempermudah bagi guru dan siswa dalam evaluasi belajar. Hal ini berbeda dengan cara konvensional sebelumnya, yang harus ini itu dengan memakan proses waktu yang cukup lama dan ribet.


Mari simak ulasan lengkapnya bagaimana cara membuat soal online dan penilaian langsung otomatis keluar berikut ini.

Soal Online Berbasis Google Form

Google form merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh perusahaan search engine google. Fitur ini sudah saling terkait dengan berbagai macam fitu lainnya, seperti file google dokumen, google sheet, google slides. Beberapa layanan tersebut mirip dengan microsoft word, excel, dan powerpoint.

Sedangkan Google Form memiliki keunikan dengan ragam kelengkapan fiturnya yang dapat digunakan untuk membuat survei, kuis, soal dll. Google form dapat dibagikan kepada publik maupun private sehingga dapat mudah di isi oleh orang-orang yang sesuai dengan kebutuhan pembuatnya.

Cara Loggin Google Form

Langkah pertama kita dapat mencari google form di pencarian google dengan kata kunci atau keyword "Google Form", atau langsung saja klik url:


Tampilan pencarian google form seperti di bawah ini.



Setelah loggin dengan akun email anda, maka tampilan google form akan menjadi sebagai berikut.


Cara Membuat Soal Online

Setelah loggin di google form, maka kita dapat langsung membuat form untuk berbagai kebutuhan yang akan dibuat. Berhubung pembahasan dalam materi ini berkaitan dengan cara membuat soal online maka kita laangsung saja membuat soal online dengan google form.

Langkah pertama kita klik simbol + berwarna dan langsung muncul tampilan form untuk membuat soal sebagai berikut


Pada tampilan di atas, kita dapat mengubah dan menyesuaiakan data form sesuai kebutuhan
Formulir tanpa judul dapat kita ganti sebagai judul soal dan deskripsi formulir sebagai petunjuk pengisian singkat dalam menjawab pertanyaan.

Pertanyaan tanpa judul dapat kita isi dengan pertanyaan yang akan kita buat. Opsi merupakan pilihan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat. Pada bagian kanan pertanyaan kita dapat memilih model jawaban, yakni jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, drop down, upload file, skala linier, soal pilihan ganda, petak kotak centang, tanggal, waktu. Semua pilihan tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. 

Unttuk mengantisipasi jawaban yang kosong atau terlewati maka kita perlu klik pada tulisan wajib di isi di bagian sisi kanan bawah form. Tampilannya sebagai berikut.


Di bagian bawah terdapat simbol duplikat yang fungsinya untuk menggandakan soal dan tinggal kita edit pertanyaannya. Ada gambar tong yang memiliki fungsi untuk menghapus soal pertanyaan.

Pada bagian kanan terdapat simbol baris vertikal yang memiliki fungsi dari atas sampai bawah, yakni
Simbol + untuk menambah soal pertanyaan
Import pertanyaan untuk mengambil pertanyaan dari file lain
Tambahkan judul dan deskripsi
Tambahkan gambar
Tambahkan video
Tambahkan bagian

Pada pilihan tambahkan bagian kita dapat membuat beberapa halaman untuk form yang kita buat tersebut. Tampilannya seperti ini


Setting Tema Soal Online

Kita dapat memberikan gambar header atau istilahnya kop surat soal di google form. Caranya dengan klik sesuaikan tema yang ada di bagian kanan atas.



Pada bagian settingan di atas kita dapat menyesuikan warna tema, warna latar belakang dan jenis font.

Disamping sesuaikan tema terdapat pratinjau yang dapat digunakan untuk melihat tampilan soal online yang telah kita buat sebelum benar-benar kita publish.

Setting Soal dan Jawaban Serta Penilaian Skor Otomatis
Pada bagian setelah pilihlah bagian kuis dan pilih jadikan ini sebagai kuis. Adapun tampilannya sebagai berikut.


Setelah di cek list maka kita kembali ke soal yang telah kita buat tadi untuk mengedit skor dan jawaban yang benar serta alasan jawaban baik yang benar atau salah Tampilannya sebagai berikut.


Pada gambar di atas kita langsung klik kunci jawaban, sehingga akan muncul isian skor untuk jawaban yang benar dan pilihan jawaban yang benar. Contohnya sebagai berikut.


Untuk memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa maka kita dapat memberikan tambahan masukan jawaban, yakni memberikan alasan jawaban kenapa bisa benar atau salah. Adapun contohnya sebagai berikut.


Setelah semua kita buat buat, maka soal online dapat kita kreasi sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Ingat langkah terakhir adalah memberikan link soal kepada siswa dengan cara klik kirim. Adapun tampilan pada halaman kirim kita dapat mengirim soal via email atau salin tautan link. Contohnya sebagai berikut.


Demikianlah cara membuat soal online dan penilaian langsung otomatis keluar. Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran bisa langsung dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih atas perhatiannya.

Contoh soal online dapat di lihat di sini

Baca juga: Panduan Membuat Google Classroom untuk Kelas Online Gratis Bagi Guru atau Siswa dan Umum

Update Artikel Gratis?

0 Response to "Panduan Membuat Soal Online dan Penilaian Langsung Otomatis Keluar"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.