Panduan Membuat Soal Online Dilengkapi Pasword, Batas Waktu, dan Jumlah Peserta

Panduan Membuat Soal Online Dilengkapi Kode Pasword, Batas Waktu, dan Jumlah Peserta


ipung.net - Soal online sangat memudahkan kita dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Seperti yang telah kita lakukan sebelumnya, yakni membuat soal online dengan mudah menggunakan google form. Bagi yang belum membaca bisa membaca terlebih dahulu "Panduan Membuat Soal Online dan Penilaian Langsung Otomatis Keluar".


Soal online dapat kita optimalkan dengan menambahkan fitur kode pasword, batas waktu pengerjaan soal, dan batasan jumlah peserta yang akan mengerjakan soal. Adapun langkah mudah memaksimalkan fitur tersebut dapat disimak ulasannya berikut.


Cara Menambahkan Fitur Pasword/Kode/Token

Soal online yang kita buat dan kita bagikan kepada siswa dapat kita batasi atau kita jaga kerahasiaannya agar tidak bocor. Sehingga soal yang kita bagikan benar-benar dikerjakan sesuai kemampuan dengan karakter kejujuran.

Berdasarkan hal tersebut, maka kita dapat mengoptimalkan pembuatan soal dengan menambahkan pasword/kode/token pada soal online.

Caranya mudah, yakni buat soal dengan jenis "jawaban singkat". Selanjutnya pada bagian bawah soal kita klik saja simbol titik tiga dan pilih validasi response. Isilah teks pasword yang ingin anda kehendaki. Contoh tampilannya sebagai berikut ini.


Cara Membuat Soal Online dengan Batas Waktu dan Jumlah Peserta

Batas waktu dan batas jumlah peserta merupakan upaya kita agar dapat mendisiplinkan siswa atau peserta untuk mengerjakan soal yang diberikan tepat waktu dan tidak ada peserta ganda. Sehingga soal yang dikerjakan sesuai dengan jumlah peserta dan batas waktu atau deadline yang telah disepakati bersama antara guru dan siswa.

Caranya mudah yakni dengan menambahkan fitur "FormLimiter" dengan klik titik tiga dan pilih Add-on. Langkah tersebut seperti ini.

Add-On

Selanjutnya cari FormLimiter dan install.




Install FormLimiter


Cara membuat batas waktu dengan memilih date and time di formlimiter

Cara membuat batas jumlah peserta dengan memilih date and time di formlimiter


Apabila sudah diseting seperti di atas, maka soal online yang telah melewati batas waktu atau jumlah peserta akan tertutup otomatis, sehingga tidak bisa di isi oleh peserta atau siswa.


Apabila ingin mensetting batas waktu dan jumlah peserta maka dapat dilakukan seperti cara sebelumnya di atas. Demikianlah contoh dalam panduan membuat soal online dilengkapi dengan kode pasword, batas waktu dan jumlah peserta. Semoga menjadi bermanfaat untuk kita semua.

Ada tambahan tutorial lagi yakni untuk membuat soal online dengan pertanyaan acak yang memungkinkan siswa satu dan lainnya tidak bisa mengerjakan soal secara bersamaan. Cara ini dapat meminimalisir terjadinya siswa bertanya satu sama lainnya. adapun cara membuat soal acak dapat di baca di bawah ini.


Berikut ini adalah contoh tampilan soal online yang dilengkapi dengan pasword. Gunakan pasword: Pasword untuk dapat membuka. Terima kasih.



Waspadai corona di lingkungan kita. Yuk cek risiko pribadi kita terhadap paparan corona.

Update Artikel Gratis?

3 Responses to "Panduan Membuat Soal Online Dilengkapi Pasword, Batas Waktu, dan Jumlah Peserta"

  1. Ini nih yang dicari para guru. Sangat bermanfaat ini, apalagi di situasi dan kondisi yang seperti ini. :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih.. sama-sama saling belajar

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.