Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PT PLN (Persero) dan YCAB Foundation. Pelanggan listrik 900 VA dan 1.300 VA kali ini akan mendapatkan kabar baik awal bulan ini (Mei 2020). Pasalnya, bulan lalu pemerintah telah mengumumkan melalui PLN para pelanggan 450 VA bersubsidi mendapatkan tagihan listrik gratis dan 900 VA bersubsidi mendapatkan potongan tagihan listrik sebesar 50%, sedangkan pelanggan 900 VA non subsidi dan VA di atasnya tidak. Padahal, pelanggan 900 VA dan 1.300 VA masih banyak yang memerlukan bantuan karena dampak perekonomian dari pandemi corona atau covid-19.

Mulai 1 Mei 2020, akan menjadi kabar baik yang datang dari PT PLN (Persero) dan YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa) Foundation akan memberikan diskon atau potongan tagihan listrik kepada para pelanggan 900 VA dan 1.300 VA Non-subsidi. Lantas bagaimana cara mendapatkan diskon listrik pelanggan 900 VA dan 1.300 VA Non-subsidi? Baca terus ya penjelasan selengkapnya.

Berdasarkan hasil pantaun IPUNG.NET dibeberapa situs ternama seperti kompas, tribunnews dll membenarkan adanya program ini yang akan menjadi kabar baik dan mencerahkan untuk kita semua yang sudah penasaran tentang bagaimana cara kita mendapatkan diskon listrik untuk pelanggan 900 VA dan 1.300 VA Non-subsidi.

Sasaran Penerima Bantuan Diskon Listrik PLN

Program ini hadir ditengah masyarakat karena adanya dampak pembatasan sosial skala besar yang dilakukan pemerintah guna mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 atau corona. Dampak ini meluas hingga mengakibatkan ekonomi terhambat dalam sendi-sendi masyarakat global, terutama di Indonesia.

Seperti yang diulas sebelumnya bahwa, dalam mengantisipasi dampak perekonoomian masyarakat pemerintah melalui PLN memberikan listrik gratis kepada pelanggan bersubsidi 450 VA dan 900 VA di diskon 50% untuk periode bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Di daerah perkotaan, masyarakat prasejahtera pada umumnya menjadi pelanggan listrik PLN 900 VA - 1.300 VA non subsidi, sehingga program pemerintah tersebut belum menjamah pada masyarakat ini.

Berdasarkan hal tersebut, program diskon yang di inisiasi YCAB menargetkan sebanyak 100.000 keluarga prasejahtera yang membutuhkan uluran tangan yang terdiri atas dua komunitas penerima manfaat.

Pertama adalah komunitas yang ditargetkan secara khusus (tertarget community)
Kedua adalah masyarakat umum yang merasa membutuhkan bantuan listrik.

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB

Pemberi Diskon Tagihan Listrik PLN

Tagihan listrik yang akan diberikan diskon tagihan bagi para pelanggan 900 VA dan 1.300 VA Non-subsidi berasal dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dan PT PLN (Persero) selaku pemilik program tersebut. Program donasi diskon listrik dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dan PT PLN (Persero) bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi virus corona(covid-19) terutama bagi para pelanggan PLN yang belum mendapatkan  stimulus dari PLN pelanggan bersubsidi.

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB

Apa itu YCAB Foundation?

YCAB Foundation memiliki kepanjangan dari Yayasan Cinta Anak Bangsa yang didirikan pada tanggal 13 Agustus 1999 oleh Veronica Colondam. Yayasan ini berkantor pusat di Jalan Surya Mandala I No. 8 D, Jakarta, Indonesia dengan cakupan operasional di Asia Tenggara.

Apa itu #LightUp Indonesia?

Light Up Indonesia merupakan gerakan sosial yang diinisiasi oleh YCAB Foundation dan Do It yang didukung oleh PLN di tengah pandemi COVID-19.

Pembatasan sosial skala besar yang dilakukan pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19 memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Banyak orang terpaksa berhenti bekerja atau menderita kerugian besar akibat kegiatan bisnisnya terganggu.

Warga yang paling terdampak adalah mereka yang berasal dari kalangan prasejahtera. Jangankan melakukan physical distancing, mereka biasanya tinggal di pemukiman padat di dalam rumah berukuran kecil. Pemasukan sehari-hari yang tersendat bahkan berhenti membuat mereka harus menggantungkan diri pada kebijakan pemerintah untuk kelangsungan hidup.

Menghadapi hal ini, PLN telah memberikan listrik gratis kepada pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA untuk periode April, Mei, dan Juni 2020. Bantuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Namun bagi masyarakat prasejahtera yang tinggal di perkotaan yang umumnya pelanggan 900–1300 VA nonsubsidi, subsidi ini belum cukup dirasakan merata oleh populasi ini.

Sebagian dari mereka masih perlu sentuhan kita untuk meringankan beban hidup mereka.

Platform Pendukung #LightUp Indonesia

#LightUp Indonesia sebagai wadah berdonasi dan menyalurkan donasi  Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA di dukung oleh YCAB, PLN, OVO, Benihbaik.com, Media Group Dompet Kemanusian, Indika Foundation, Do It, Unigold, FAB group.


Besar Diskon Tagihan Listrik PLN

Diskon tagihan listrik yang akan diberikan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dan PT PLN (Persero) kepada para pelanggan 900 VA dan 1.300 VA Non-subsidi adalah sebesar Rp. 100.000 untuk 100.000 keluarga prasejahtera terdampak corona.

Syarat Mendapatkan Diskon Tagihan Listrik PLN

Sebelum memberikan diskon tagihan listrik kepada para pelanggan 900 VA dan 1.300 VA, pihak Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dan PT PLN (Persero) telah memberikan persyaratan untuk diajukan agar mendapatkan program ini. Adapun sejumlah berkas untuk proses seleksi yang harus di ajukan pelanggan meliputi persayaratan dan ketentuan sebagai berikut sesuai info yang dikutip dari tribunnews

1. Pelanggan dengan listrik berdaya 900 VA s/d 900 VA
2. Bagi pelanggan yang penggunaan listrik di bawah Rp. 100.000 akan dibayarkan 100% dan bagi pelanggan yang penggunaan listrik di atas Rp. 100.000 akan dibayarkan maksimal sebesar Rp. 100.000.
3. Pendaftaran setiap bulan dari tanggal 1-7 untuk menerima pembayaran listrik di bulan berjalan dan apabila mendaftar setelah tanggal 7 maka akan diterima untuk pembayaran di bulan kemudian.

Dokumen Persayaratan yang Dibutuhkan

1. Foto KTP
2. Nomor Handphone
3. Foto Kartu Keluarga
4. Foto Tagihan PLN dan
5. Foto Rumah

Cara Mendaftar Diskon Tagihan Listrik PLN

Para pelanggan yang ingin mendapatkan diskon tagihan listrik PLN bisa mendaftar di situs www.lightup.id dan masuk dengan loggin menggunakan user yang sudah didaftarkan.

Pendaftaran bisa dilakukan mulai tanggal 1 Mei 2020

Alur Penerimaan Donasi Diskon Tagihan Listrik PLN

  1. Inisiator Program akan bekerja sama dengan PLN untuk melakukan verifikasi dan validasi akun Penerima donasi beserta kelengkapan datanya.
  2. Bagi Penerima donasi yang sudah diverifikasi, jika Donasi sudah tersedia dalam jumlah yang mencukupi, maka Bantuan akan dikirim langsung dari rekening YCAB ke PLN untuk membayar tagihan pelanggan prabayar PLN, atau melalui OVO untuk membayar tagihan bagi pelanggan PLN pascabayar.
  3. Jika ternyata tagihan sudah dibayarkan oleh Penerima donasi, maka Penerima donasi dapat menggunakan Bantuan yang diperolehnya pada bulan berikutnya, namun Bantuan tidak dapat diuangkan.
  4. Biaya Materai, Pajak dan Administration Fee yang menyertai pada tagihan PLN akan menjadi tanggungan Penerima donasi.

Seleksi Penerima Manfaat Bantuan Diskon Tagihan Listrik PLN

Pelanggan yang mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan diskon tagihan listrik PLN atau yang disebut sebagai penerima manfaat akan mengikuti seleksi dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.
  1. Penerima Manfaat telah mengisi informasi secara lengkap dalam Lightup.id.
  2. Diproses berdasarkan waktu pendaftaran (calon Penerima Manfaat yang mendaftar lebih dahulu akan diproses terlebih dahulu).
  3. Diprioritaskan berdasarkan daya listrik, dengan urutan prioritas 900 Watt non subsidi, 900 Watt subsidi, 1300 Watt, serta menyesuaikan dengan ketersediaan Donasi yang masuk.
  4. Berdasarkan segmentasi area yang membutuhkan atau terkena dampak Covid-19.
  5. Berdasarkan pendapatan bulanan Penerima Manfaat.

Cara Pengisian Formulir Pendaftaran Penerima Bantuan

Bagi Anda yang ingin mendapatkan diskon listrik pelanggan 900 VA dan 1.300 VA langsung saja menuju situs remis www.lightup.id > Klik menu PENDAFTARAN PENERIMA DONASI

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB

Setelah itu Anda akan membaca tulisan sebagai berikut sebelum mengisi formulir pendaftaran penerima donasi diskon tagihan listrik PLN

Butuh bantuan?
Kriteria untuk mendapat bantuan pembayaran PLN:

LightUp berupaya menyambungkan keluarga yang berkebutuhan dengan donator khusus untuk bantuan pembayaran tagihan listrik. Bantuan tersebut diberikan maksimal sampai dengan Rp 100.000 per tagihan baik bagi pengguna prabayar maupun pascabayar.

Jika ini Anda, silakan isi formulir berikut.

Apabila melanjutkan pengisian formulir bisa lanjut mengisi dan persiapkan syarat-syarat yang harus diupload juga ya.

Adapun formulir pendaftaran penerima donasi yang harus di isi lengkap sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB
Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB
Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB
Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB


Anda Juga Bisa Berdonasi di #LightUp Indonesia
Selain mendaftar sebagai penerima Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA, anda yang membaca tulisan di IPUNG.NET juga bisa kok melakukan pembayaran untuk berdonasi di #Lightup Indonesia untuk membantu mereka keluarga Prasejahtera yang tengah membutuhkan uluran bantuan dari Anda semua.

Cara Berdonasi di #Lightup Indonesia

cara berdonasi tingal masuk situs www.lightup.id dan klik menu > BERDONASI

Setelah itu anda akan masuk ke halaman berdonasi dan mengisi formulir berdonasi di #Lightup Indonesia.

Adapun pilihan donasi bisa di pilih atau di tulis nominal sesuai dengan keinginan kita akan berdonasi. Tampilan cara berdonasi bisa di lihat di bawah ini.

Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB

Metode Pembayaran Donasi #LightUp Indonesia

Pembayaran berdonasi di #LightUp Indonesia cukup mudah yakni kita bisa memilih QRIS atau Trasnfer

QRIS
Untuk memberikan donasi, silahkan scan QR dibawah ini dengan menggunakan aplikasi OVO, Gopay, Dana, Linkaja ataupun melalui bank yang sudah memperoleh persetujuan QRIS.Mohon pastikan nama yang tertera sebagai tujuan pengiriman adalah atas nama Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Bank Transfer
Lakukan transfer pembayaran ke rekening berikut:
No. Rek BCA 6500311311 a/n Yay Cinta Anak Bangsa

Mohon mengirimkan bukti transfer ke finance@ycab.org atau Whatsapp +62816-924-888. Anda akan menerima notifikasi dalam 1x24 jam sejak pengiriman bukti transfer dana Anda diterima.

Adapun tampilan resmi pembayaran donasi bisa dilihat di bawah ini.


Demikianlah informasi tentang Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB semoga menjadi bermanfaat. Selamat mendaftar dan semoga mendapat kemudahan. Tetap di rumah aja karena pendaftaran via online. Tetap jaga kesehatan dan rajin cuci tangan yang bersih menggunakan sabun.

Jadwal TVRI dan Materi Belajar dari Rumah Minggu Ke-3 (27 April 2020-3 Mei 2020) - Klik di Sini
Jadwal TVRI Belajar dari rumah dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penyiaran TVRI dan Kemdikbud RI. Perubahan Jadwal acara TVRI akan disiarkan lebih lanjut.
Soal dan Jawaban Pembelajaran di TVRI (27 April 2020-3 Mei 2020)
1. Jenjang SD Kelas 1-3 - (Lihat di sini)
2. Jenjang SD Kelas 4-6 - (Lihat di sini)
3. Jenjang Kelas SMP - (Lihat di sini)
4. Jenjang Kelas SMA - (Lihat di sini)

Update Artikel Gratis?

0 Response to "Cara Mendapatkan Diskon Listrik Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA dari PLN dan YCAB"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.