5 Tips Sahur Ala Rasullullah Yang Dapat Kita Teladani

5 Tips Sahur Ala Rasullullah Yang Dapat Kita Teladani
5 Tips Sahur Ala Rasullullah Yang Dapat Kita Teladani - Setiap datang Bulan Suci Ramadhan umat Islam melaksanakan ibadah puasa di siang harinya. Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan rasa haus, lapar, dan ketentuan lainnya sesuai syariat dari mulai terbit matahari hingga terbenangnya matahari.

Nabi Muhammad SAW telah memberikan beberapa contoh suri tauladan yang baik bagi kaumnya. Salah satu yang perlu diteladani adalah terkait dengan sahur.

Sahur merupakan aktifitas yang dilakukan kaum muslimin untuk mempersiapkan diri sebelum memulai ibadah puasa dengan makan dan minum sebelum datang waktu imsa'.

Tahukah kalian bagaimana Rasullullah memberikan contoh kepada kita bagaimana sahur yang semestinya kita lakukan? Yuk simak ulasan 5 Tips Sahur Ala Rasullullah Nabi Muhammad SAW berikut ini. Semoga menjadikan ibadah puasa kita semakin berkah dan banyak pahalanya, amin.

1. Jangan Lewatkan Waktu Sahur

Rasullullah Shallahu Alaihi Wassalam dalam sepanjang hidupnya tidak pernah yang namanya melewatkan kesempatan waktu Sahur.

Adapun hadist yang diriwayatkan oleh An-Nasai dan Ahmad memaparkan bahwa Abdullah Bin Al-Harits yang merupakan seorang sahabat Rasullullah SAW: Aku masuk menemui Nabi Shallahu Alaihi Wa Sallam ketia beliau makan sahur, dan beliau bersabda "Sesungguhnya makan sahur adalah Barokah yang Allah berikan kepada kalian, maka jangan pernah kalian tinggalkan. (HR. An-Nasai dan Ahmad)

2. Selalu Mengakhirkan Waktu Sahur

Annas RA meriwayatkan dari Zaid bin Tabit RA

"Kami makan sahur bersama Rasullullah SAW Kemudian Beliau Shalat, Anas bertanya: Berapa lama jarak antara adzan dan sahur? Rasullulah SAW menjawab "kira-kira 50 ayat membaca alqur'an". (HR. Bukhori Muslim)

3. Sahur dengan Makan dan Minum Secukupnya

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Araf 7: Ayat 31

"Wahai anak cucu Adam, Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sunguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan".

4. Sahur Makan Kurma Juga

Kurma merupakan buah yang memiliki kadar gula alami yang apabila diolah oleh tubuh kita, maka akan berubah menjadi sebuah energi baik yang sangat dibutuhkan selama masa puasa. Jadi jangan heran ya apabila setelah makan kurma biasanya kita merasakan perut yang senantiasa terasa kenyang lebih lama.

Berkaitan dengan makan buah Kurma ini, Rasullullah SAW bersabda

"Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah Kurma" (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi)

5. Lanjutkan Ibadah Setelah Sahur

Rasullulah SAW setelah sahur tidak pernah tidur, melainkan banyak melakukan akivitas seperti biasa yakni, Sholat, Berdzikir, dan ibadah lainnya hingga matahari terbit.

Selain itu, Rasullulah SAW juga memerintahkan kepada umatnya agar tidak tidur setelah Sholat Shubuh. Hal ini dikarenakan waktu ini adalah rezeki dibagikan dan waktu berkah untuk mendapat rezeki berlimpah dan barokah.

Tidak sampai di situ Rasullulah SAW juga berdo'a,

"Ya Allah SWT, Berkaihilah Umatku di waktu paginya" (HR. Abu Daud No. 2606)

Demikianlah 5 Tips Sahur Ala Rasullullah Nabi Muhammad SAW yang pernah dilakukan agar dicontoh oleh umatnya agar ibadah puasa menjadi lebih berkah dan banyak pahala. Semoga kita diberi kemudahan selama bulan Ramadhan ini dan diberi kelancaran hingga kembali fitri di hari Raya Idhu; Fitri. Aamin.

Apabila ada kesalahan dalam penulisan, pertanyaan, kritik atau saran bisa kalian tuliskan di kolom komentar. Apabila tulisan artikel ini menarik mohon sekiranya untuk dapat membagikan kepada suadara kita agar dapat menjadi amal ilmu yang bermanfaat dalam menambah pengetahuan Islam. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua di jalan kebenaran. Amin.

Update Artikel Gratis?

2 Responses to "5 Tips Sahur Ala Rasullullah Yang Dapat Kita Teladani"

  1. Untuk sahur kalau tidak makan kurma tidak apa apa kan ka, apakah wajib atau tidak ya. Maaf sebelumnya.. Dan setelah sahur langsung tidur itu baik gak sih ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada baikknya ada kurma bang hhee... kalau setelah sahur ya baiknya tidak tidur.. bikin badan lemes sih yang aku rasakan juga

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.