Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Idealnya Seperti Apa?

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Idealnya Seperti Apa?

Perkembangan anak usia 2 tahun seharusnya bisa ini itu kan? Tapi setiap pertumbuhan anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Lantas, seperti apa sih pekembangan anak usia 2 tahun yang ideal? Yuk simak ulasannya di ipung.net.

Diketahui bahwa pada anak-anak dengan usia beranjak 2 tahun, otaknya sudah mulai berkembang saling menghubungkan antar saraf. Hal ini memungkinkan anak dapat belajar memahami kondisi dunia kecilnya sedemikian rupa.

Kemampuan anak yang menginjak usia 2 tahun dapat dipantau orang tua. Salah satunya dapat dilihat dari sebuah petujuk dengan memberikan perintah sederhana, seperti "Ayo diambil boneka Pandanya ada di mana?". Intruksi sederhana inilah yang juga menjadi salah satu tanda adanya perkembangan yang dialami pada anak usia 2 tahun, yakni anak mulai belajar memahami konsep jauh dekat, disana disini, dll.

Ciri-Ciri Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Perkembangan anak usia 2 tahun dapat dilihat ciri-cirinya secara umum, diantaranya:

Ciri Pertumbuhan Fisik

Anak yang beranjak usia 2 tahun secara fisik memiliki ciri pertumbuhan berupa tumbuhnya susunan 16 gigi pertama, adanya kenaikan berat badan dengan ideal sekitar 10-13 kg, tinggi badan ideal anatara 84-89 cm, dan ukuran lingkar kepala.

Ciri Perkembangan Sensorik dan Kognitif

Perkembangan sensorik adalah suatu sistem rangsang sistem syaraf dari lingkungan internal maupun eksternal yang berupa penyaluran informasi ke bagian otak. Perkembangan kognitif anak adalah suatu kondisi anak yang menunjukkan kemampuan terkait hal pengetahuan dan pengalaman dalam memperoleh suatu informasi.

Pada perkembangan ini, pengenalan cirinya dapat dilihat pada anak telah memiliki kemampuan dapat bicara sebanyak 2-3 kata dan kata-kata tersebut telah digabungkan secara padu. Bahkan perbendaharaan kosa kata yang terus bertambah setiap harinya antara 50-500 kata. Adanya peningkatan kosa kata ini menghasilkan perkembangan komunikasi pada anak semakin lancar sesuai dengan kebutuhannya. Contoh sederhana yang dilakukan anak dalam kehidupan sehari-hari misalnya, komunikasi ingin pergi ke toilet, anak ingin makan karena lapar atau ingin minum karena haus dan lain sebagainya. Anak dalam hal komunikasi di usia 2 tahun dalam perkembangannya tersebut akan semakin menunjukkan komunikai yang jelas dalam penyampainnya. Selain itu, anak usia 2 tahun juga dalam perkembangannya sudah mulai mengenali nama-nama anggota keluarga seperti ayah, bunda, adik, kakak, nenek, kakek; anggota tubuh, seperti kepala, pundak, lutut, kaki, dll.

Ciri Perkembangan Keterampilan Motorik Anak Usia 2 Tahun

Perkembangan kognitif anak merupakan suatu perkembangan proses kemampuan gerak pada seorang anak sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak.

Pada ciri ini, anak ditandai dengan perkembangan yang telah mampu berlari-lari disertai adanya arahan dari orang tua atau orang lain. Kemampuan lainnya, instruksi sederhana juga sudah mulai baik dilaksanakan, seperti mengambil suatu objek, diantaranya mengambil bola atau menendang bola dengan keseimbangan lebih baik tanpa jatuh. Untuk usia 2 tahun ini, anak juga mulai menyukai berjalan pada anak tangga dengan naik dan turun. Hal ini sangat wajar dan perlu adanya pengawasan dari orang tua.

Ciri Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Usia 2 Tahun

Anak usia 2 tahun dalam perkembangannya menyukai gaya orang tua yang kemudian ditirukannya. Model belajar pada usia anak 2 tahun adalah meniru dan kemudian mempraktikkannya. Oleh karena itu, ciri pada tahap ini adalah anak mulai bertahap dalam mengenali dan mulai mengendalikan emosi. Istilah yang sering dijumpai dalam hal emosi anak yang dialami pada usia ini diantaranya temper tantrum.

Temper tantrum merupakan istilah yang menunjukkan adanya suatu kondisi anak dengan ekspresi emosi menggebu-gebu, ditunjukkan dengan ekspresi menggigit, berteriak, menandang, bahkan menjerit sekencang-kencangnya. Hal ini tentu jangan sampai dibiarkan ya. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengontrol emosi anak pada saat tantrum. Caranya dengan belajar bagaimana menenangkan anak ketika sedang tantrum.

Demikianlah ciri ideal perkembangan anak usia 2 tahun, bagaimana dengan kondisi anak-anak ayah bunda selama berada di rumah? Mohon tuliskan pengalamannya di kolom komentar ya. Terima kasih