Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara menghilangkan bau mulut secara alami sangat dibutuhkan semua orang. Pasalnya, bau mulut selalu dialami oleh hampir semua orang. Dalam kondisi ini apabila terjadi dapat menyebabkan ketidak percayaan diri dalam menjalin komunikasi antar sesama. Oleh sebab itulah perlu cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya.

Apakah Anda salah satu orang yang mengalami bau mulut? Dan sering menanyakan mengapa bau mulut tak kunjung hilang? Oke tenang saja, kali ini Kita akan mengulas seputar bau mulut sebagai berikut.

Apa itu Bau Mulut?

Bau mulut secara medis disebut dengan istilah Halitosis yang berarti seseorang dalam kondisi memiliki nafas yang mengeluarkan aroma kurang sedap. Secara umum dikarenakan faktor konsumsi makanan, kurangnya menjaga kebersihan mulut, kondisi kesehatan yang kurang fit, dan bahkan akibat kurang baiknya gaya hidup seperti kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut menyebabkan kurang percaya diri ketika berkomunikasi. Bahkan tingkat aroma kurang sedap yang keluar dari mulut ini beragam, mulai dari bau mulut yang biasa sampai bau mulut busuk hingga kronis.

Apa penyebab bau mulut dan bagaimana cara mengatasinya perlu dilakukan segera untuk menghilangkannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyebab bau mulut tidak lain lebih banyak disebabkan karena faktor makanan yang Kita konsumsi. Jadi timbul pertanyaan Makanan dan minuman apa yang menyebabkan bau mulut? Makan apa biar gak bau mulut? Minum apa supaya tidak bau mulut?

Makanan Apa Biar Gak Menyebabkan Bau Mulut?

Bau mulut biasa terjadi karena konsumsi makanan. Namun tidak semua makanan dapat menyebabkan bau mulut. Lantas, makanan apa sih yang dapat menghilangkan bau mulut? Berikut ini daftar nama makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan bau mulut.

Apel

Buah Apel dapat menjadikan mulut anda terhindar dari bau mulut. Hal ini dikarenakan di dalam Apel terdapat kandungan Enzim. Cara memakannya sangat mudah yakni setelah makan bawang atau makanan yang di dalamnya ada kandungan bawang langsung saja makan buah apel segar. Fungsi buah apel yakni dapat menetralisir bau mulut, terutama bau bawang.

Minuman Apa Supaya Tidak Bau Mulut?
Bau mulut menjadikan seseorang tidak nyaman. Kebanyakan orang akan berkumur setelah makan dan minum untuk mengurangi risiko bau mulut. Bahkan, cara lain yang praktis dengan memanfaatkan permen biar tidak bau mulut. Meskipun cara demikian bisa dilakukan tapi tidak sepenuhnya efektif dilakukan. 

Oleh karena itu, anda bisa mencoba membiasakan dengan minuman uang bisa menghilangkan bau mulut berikut ini

Minum Air 

Perlu diketahui bahwa mulut yang terasa kering bisa mengeluarkan bau mulut. Oleh karena itu biasakan untuk minum air secara cukup. Hal ini dikarenakan dengan minum air maka produksi air liur dapat menjadi lancar. Fungsi air liur dalam mulut adalah berperan dalam menjaga mulut agar tetap bersih. Takaran minimal air per hari untuk seseorang yang ideal adalah 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air. 

Minum Susu

Minum susu sangat dianjurkan apabila Anda sebelum dan sesudahnya makan makanan yang mengandung bawang putih. Bau mulut dengan aroma bawang putih dapat dihilangkan dengan minuman susu. 

Teh Hijau

Minuman yang dapat menjadi alternatif penghilang bau mulut lainnya adalah Teh Hijau. Kandungan Teh Hijau di dalamnya memiliki disinfektan penghilang bau mulut. Manfaat Teh Hijau setara dengan Mint yang membuat mulut fresh dan menghilangkan bau mulut. 

Yogurt

Konsumsi minuman Yoghurt selain mampu menjaga pencernaan juga berkhasiat sebagai penghilang bau mulut. Hal ini karena Yogurt di dalamnya mengandung probiotik. Konsumsilah jenis Yogurt polos rendah lemak sehari sekali.

Jenis Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari

Cara mengatasi bau mulut kronis
menghilangkan bau mulut busuk salah satunya dengan menghindari jenis makanan dan minuman berikut ini.

Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bahan makanan atau minuman yang mengandung bawang putih maupun bawang bombay dapat menyebabkan bau mulut (halitosis). Hal ini dikarenakan di dalam bawang putih dan bawang bombay terdapat kandungan senyawa sulfur. Sehingga, kandungan yang ada di dalam mulut ini kemudian diserap masuk aliran darah dan dikeluarkan saat bernafas.

Kopi dan Alkohol

Jenis minuman yang sebaiknya dihindari bila tidak ingin bau mulut adalah kopi dan alkohol. Hal ini karena jenis minuman ini apabila masuk mulut akan mempermudah pertumbuhan bakteri. Selain itu, mulut kering dan berkurangnya produksi air liur serta bau mulut yang lebih lama juga disebabkan oleh kopi dan alkohol.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Secara alami, bau mulut dapat diatasi dengan konsumsi beberapa makanan/minuman berikut ini. 

Siwak

Cara mengatasi bau mulut secara alami yang pertama dapat memanfaatkan Siwak dari tanaman Salvadora persica. Cara menggunakannya dengan mengunyah seperti yang dilakukan banyak orang ribuan tahun silam. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa Siwak mengandung anti bakteri dan anti plak dan lain-lain sehingga kini banyak dijadikan bahan pasta gigi.

Daun Sirih

Daun sirih juga banyak khasiatnya yakni banyak dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam mengatasi bau mulut. Daun sirih mengandung anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut. 

Selain Siwak dan Daun Sirih masih banyak cara menghilangkan bau mulut secara alami lainnya. Apabila ada tambahan bisa dituliskan di komentar ya. 

Demikianlah artikel tentang mengatasi bau mulut yang banyak penyebabnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Apabila ada kritik dan saran bisa dituliskan di kolom komentar. Sehingga artikel akan selalu diupdate sesuai dengan informasi terbaru dan terupdate. Terima kasih

ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami"