Cara Menjadi Eksportir Pemula Yang Sukses - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menjadi Eksportir Pemula Yang Sukses

Cara Menjadi Eksportir Pemula Yang Sukses

Kegiatan ekspor merupakan perdagangan lintas antar negara yang berperan penting dalam meningkatkan pendapatan negara. Bagi UMKM yang memiliki produk diupayakan terus agar pemasarannya tidak hanya dalam negeri, melainkan global. 

Salah satu pendukungnya adalah UMKM harus menjadi eksportir. Semakin luas pemasaran maka penjualan produk akan semakin meningkat. 

Apakah kalian pemilik UMKM yang ingin naik kelas menjadi eksportir? Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi bila ingin menjadi eksportir.

Syarat Menjadi Eksportir

Ijin Usaha UMKM

Seorang UMKM harus terdaftar secara resmi dan memiliki surat ujin usaha yang melingkupi Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Induk Berusaha (NIB), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan ijin usaha lainnya

Jenis Barang Ekspor

Pengelompokan jenis barang yang akan diekspor telah ditentukan dalam peraturan Menteri Perdagangan  No. 13/M-DAG/PER/3/2012 tentang ketentuan umum bidang ekapor.

Dokumen Ekspor

Dokumen penting yang wajib dimiliki dan dilengkapi sebelum melakukan ekspor barang diantaranya:
  • Invocie dan Packing List (disiapkan oleh Pelaku Usaha dan/atau UMKM)
  • Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), aplikasinya bisa diperoleh di kantor Bea Cukai terdekat dengan Pelaku Usaha / UMKM.
  • Ijin ekspor lainnya terutama untuk kategori barang yang dibatasi ekspornya, contohnya adalah Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk ekspor produk Kopi. Untuk barang bebas ekspor tidak diperlukan dokumen khusus seperti kelompok Barang yang Dibatasi Ekspornya
  • Bill of Lading (BL), jika pengiriman lewat laut, dokumen ini disiapkan oleh Perusahaan Pelayaran, biasanya Perusahaan Cargo yang akan mengurus BL tersebut.
  • Airway Bill (AWB), jika pengiriman lewat udara, dokumen ini bisa juga disiapkan oleh Perusahaan Cargo.
Banyak hal yang perlu dipersiapkan agar kegiatan ekspor yang Akan kita lakukan berjalan sesuai dengan harapan. Apabila masih dalam kesulitan UMKM atau Anda yang ingin menjadi Eksportir bisa mengikuti pelatihan ekspor

Cara Menjadi Eksportir Pemula Yang Sukses

Dengan adanya pelatihan ekspor sebagai pemula dapat belajar dari mulai hal dasar hingga ekspert. Bahkan, materi yang diajarkan dari cara menjadi eksportir menembus pasar dunia dan menjual produk ke mancanegara. Saatnya gabung bersama komunitas iramura.id. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sukses ekportir muda Indonesia. 
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Menjadi Eksportir Pemula Yang Sukses"