Widget HTML #1

3 Strategi Jitu Siapkan Keuangan dalam Keadaan Tak Terduga


Keadaan tak terduga atau force majeure bisa menimpa siapa saja terutama dari sisi personal finansial. Sebuah kondisi di mana kita melakukan pengeluaran tanpa bisa menampik atau memprediksi jumlah dan waktunya. Nah, saat kondisi ini terjadi, setidaknya kita sudah mempersiapkan back up dana yang bisa diproses menggunakan online banking.

Tujuannya tak lain agar saat force majeure terjadi, kita tak kelimpungan jika harus melakukan transaksi keuangan atau perbankan. Lalu, seperti apa sebenarnya kondisi keuangan yang tak terduga tersebut? Bagaimana cara untuk menyiasati agar kita tak harus menguras tabungan atau berhutang saat force majeure terjadi? Simak ini hingga akhir.

Beberapa Kondisi Force Majeure yang Dapat Menimpa Siapa Saja

Force majeure merupakan sebuah kondisi yang terjadi di luar kekuasaan kita. Dengan kondisi ini mau tak mau kita harus menerima dan mencari solusi agar bisa tertangani dengan baik. Dalam dunia keuangan, ternyata juga ada istilah force majeure. Ini merupakan sebuah kondisi di mana kita harus mengeluarkan biaya yang tak terschedule, contohnya seperti:

Terkena PHK

Situasi ini termasuk dalam kondisi force majeure sebab tak pernah kita rencanakan. Apalagi ketika terjadi pandemi kemarin. Ada banyak orang yang dirumahkan bahkan mengalami PHK tanpa ada persiapan. Kondisi ini mau tak akan membuat kita harus mengeluarkan biaya ekstra terutama saat kita belum memiliki pekerjaan lagi.

Terjadi musibah

Tidak ada seorang pun yang ingin tertimpa musibah. Namun kalau sudah ketentuan dari Yang Maha Kuasa, maka kita sebagai manusia hanya bisa pasrah dan menerima kondisi tersebut. Contohnya ketika ada salah satu dari keluarga kita yang sakit atau mengalami kecelakaan atau mungkin terkena bencana alam.

Semua musibah ini bisa terjadi kapan saja tanpa pernah bisa kita prediksi apalagi menampiknya. Meskipun sudah berusaha mencegah namun kita harus tetap berpikir bijak kalau musibah bisa menimpa kapanpun dan di mana saja.

Memperbaiki rumah

Memiliki rumah pribadi memang membahagiakan dan menyenangkan. Namun jangan salah, memiliki rumah juga membuka peluang untuk pengeluaran biaya tak terduga. Pasalnya bisa saja terjadi kerusakan yang tak terencana. Misalnya atap yang bocor, lantai yang pecah atau renovasi darurat lainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, perbaikan rumah tak pernah menelan biaya yang sedikit. Meskipun renovasi hanya untuk sebagian rumah, proses ini pasti akan memakan biaya yang besar. Kalau kita tak menyiapkan dananya lalu bagaimana?
3 Strategi Jitu Siapkan Keuangan dalam Keadaan Tak Terduga

Kendaraan atau gadget rusak

Kondisi force majeure berikutnya yang tak bisa kita prediksi adalah rusaknya kendaraan atau gadget. Apalagi jika kedua fasilitas tersebut adalah sarana untuk kita melakukan pekerjaan. Jika terjadi kerusakan maka pekerjaan kita akan terhambat. Jika terhambat uang tak akan bisa masuk. Jika uang tak masuk bagaimana cara mengganti kerusakannya?

Kondisi ini pastinya membingungkan sekaligus bisa mengesalkan. Bayangkan saja jika gadget kita rusak, ponsel misalnya. Mau mengecek uang via online banking pun otomatis tak bisa kita lakukan. Lantas bagaimana solusi terbaiknya?

Strategi Jitu Untuk Siapkan Dana Keuangan

Kita harus merasa bersyukur karena zaman yang serba digital ini memudahkan kita mencari informasi mengenai hal apapun. Termasuk dalam hal ini mencari strategi yang tepat bagi kita untuk menyiapkan dana keuangan. Utamanya saat kondisi tak terduga. Apa saja strategi tersebut?

Menyusun rencana

Rencana merupakan satu poin penting yang harus kita lakukan sebagai strategi untuk menyiapkan dana keuangan ketika terjadi force majeure. Rencana yang dimaksudkan di sini adalah rencana yang berkaitan dengan keuangan seperti budget plan.

Buatlah budget plan untuk semua pengeluaran dan sisihkan juga untuk tabungan lain-lain. Tabungan inilah yang nantinya akan kita jadikan back up dana ketika mengalami masalah tak terduga. Agar lebih praktis dalam menyimpan dana ini, kita bisa menggunakan layanan bank digital. Artinya proses menabung kita lakukan secara online menggunakan e-banking.

Online banking adalah suatu kegiatan di mana proses transaksi pembayaran dan lainnya menggunakan jaringan internet atau secara online. Menabung dengan cara ini akan memudahkan kita saat melakukan pengecekan saldo, pembayaran, transfer dan lainnya.

Gunakan dana darurat

Dana darurat adalah komponen penting dalam perencanaan keuangan. Fungsinya untuk menyelamatkan kita dari kondisi tak terduga seperti halnya 4 force majeure di atas. Ini artinya, jika ada kejadian menimpa kita di luar prediksi maka dana darurat bisa kita manfaatkan.

Paling tidak dengan menggunakan dana darurat ini kita tak akan merasa bingung hingga sampai berhutang untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Memanfaatkan investasi atau asuransi

Salah satu jalan yang juga bisa lakukan untuk menyiasati force majeure adalah dengan memanfaatkan investasi atau asuransi. Kedua komponen ini bisa membantu kita dalam menyiapkan dana untuk mengatasi kejadian tak terduga.

Dengan kata lain, baik investasi maupun asuransi merupakan solusi tepat yang akan menyelamatkan keuangan kita saat kondisi benar-benar mendesak.

Online Banking Melalui digibank by DBS, Strategi Tepat untuk Kelola Keuangan

Menyiapkan dana untuk antisipasi adanya kejadian tak terduga atau mendesak merupakan satu strategi tepat dalam pengelolaan keuangan. Persiapan dana ini bisa kita lakukan dengan cara menabung menggunakan online banking menggunakan aplikasi perbankan.

Salah satu aplikasi yang tersedia dan menawarkan layanan transaksi bank secara online adalah Aplikasi digibank by DBS. Pada aplikasi ini, kita bisa ketahui bahwa layanan online banking adalah layanan yang akan memudahkan kita dalam melakukan transaksi perbankan. Bukan itu saja, digibank by DBS juga menyediakan berbagai fitur serta keunggulan menarik, seperti:
  1. Transaksi lengkap, mudah dan aman
  2. Memberi kemudahan dalam asuransi dan tersedia lebih dari 150 produk investasi
  3. Menyediakan produk pinjaman dan kartu kredit dengan approval 60 detik
Semua keunggulan ini merupakan bukti kalau Aplikasi digibank by DBS benar-benar menawarkan produk yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya yaitu transaksi online banking. Selain itu digibank by DBS juga telah mengantongi izin dari pemerintah.

Jadi tunggu apa lagi, gunakan segera online banking dari digibank by DBS untuk mengelola keuangan. Butuh informasi lebih lengkap? Langsung saja klik di link berikut ini.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "3 Strategi Jitu Siapkan Keuangan dalam Keadaan Tak Terduga"