Panduan Membuat Soal Online Dengan Pertanyaan Secara Acak Otomatis

Panduan Membuat Soal Online Secara Acak Otomatis


ipung.net - Soal online saat ini sangat membantu para guru untuk melakukan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Soal online banyak cara dari sederhana hingga tingkat detail. Namun, kali ini ipung.net akan membagikan cara membuat soal online dengan mudah dan gratis. Soal online kali ini dibuat dengan menggunakan fitur Google Form.

Pembuatan soal online juga sangat menunjang kelas online. Google juga memiliki fitur kelas online bernama Google Classrom.


Cara membuat soal online sebenarnya sudah saya bagikan di panduan membuat soal online di artikel sebelumnya.


Namun, bagi yang masih bingung dan ingin mengikuti langkah sederhana maka dapat dituliskan poin-poin sebagai berikut.

Cara membuat Soal Online di Google Form

1. Masuk dan Loggin di Google Drive

Saya menambahkan google drive agar soal-soal yang kita buat dapat dimasukkan folder-folder secara online sehingga mudah untuk diklasifikasi dan dicari dikemudian hari apabila dibutuhkan kembali.

Silahkan masuk di drive.google.com

2. Membuat folder

Simpanlah soal-soal yang akan dibuat pada folder khusus, tujuannya agar soal yang dibuat dapat dikelampokkan, sehingga kita dapat mudah mencari dan membagikan sewaktu-waktu mau dibagikan ke siswa. Intinya biar tidak ribet mencari. Caranya klik kanan di halaman drive, kemudian pilih buat folder. Isilah nama folder tersebut sesuai kebutuhan.


3. Membuat Soal

Membuat soal bisa langsung klik kanan di halaman google drive kemudian pilih lainnya dan klik google formulir. Maka selanjutnya akan muncul tampilan google formulir.



4. Menjadikan Formulir Sebagai Soal/Kuis

Setelah muncul tampilan google formulir, langkah selanjutnya mengatur agar soal yang  dibuat dapat diberi penilaian otomatis ketika di jawab. Caranya klik icon gerigi atau settingan yang berada di pojok kanan atas. Langsung saja pilih Tab Kuis dan Ceklist "Jadikan ini sebagai kuis".


5. Membuat Soal Acak

Cara ini untuk mengantisipasi antar siswa saling bertanya satu sama lainnya. Jadi siswa bisa fokus pada soal pertanyaan masing-masing. Caranya masih pada setingan, Pilih Tab Presentasi, kemudian ceklist pilihan acak urutan pertanyaan.

6. Membuat Judul Soal dan Petunjuk Pengisian

Pada bagian ini silahkan diisi judul soal dan bagian deskripsi diisi dengan petunjuk pengisian soal. Contohnya sebagai berikut.


7. Membuat Peertanyaan Identitas

Setiap soal wajib memiliki identitas peserta atau siswa. Buatlah pertanyaan dengan jenis soal jawaban singkat untuk Nama Lengkap. Pertanyaan Kelas bisa dibuat jenis dropdown sehingga memudahkan siswa memilih kelas. Contoh sebagai berikut.

8. Membuat Pasword / Token / Kode Soal

Agar soal tetap dijaga kerahasiaannya alias tidak bocor maka perlu diantisipasi. Cara membuat pasword soal dapat dengan mudah di Google Form. Caranya yaitu dengan membuat jenis pertanyaan jawaban singkat. Kemudian klik titik tiga di bagian bawah soal. Pilihkan validasi response. Anda dapat mengatur kode soal tersebut dengan berupa angka, huruf, dll. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.



Tutorial membuat pasword ini secara lengkap dengan tambahan fitur lainnya bisa dibaca juga di bawah ini



9. Cara mengantisipasi Soal Tidak Terjawab

Agar soal-soal yang dibuat semua terisi oleh siswa dan tidak ada jawaban kosong, maka caranya dengan mengaktifkan wajib diisi. Aktifkan dengan cara klik dibagian bawah soal hingga warna biru.



Adapun contoh soal cara di atas dapat dilihat di bawah ini.



10. Membuat Bagian Halaman Soal, Kunci Jawaban dan Nilai Otomatis

Soal dengan pasword terletak di bagian awal atau halaman depan, sehingga setelah siswa mengisi dengan benar kode maka dapat melanjutkan pengisian soal berikutnya. Kalau salah maka siswa tidak bisa masuk ke bagian soal pertanyaan. Caranya dengan menambahkan simbol "Tambahkan Bagian" di samping kanan paling bawah. Nanti akan muncul bagian ke-2 dari formulir. Pada bagian ini bisa dijaidkan halaman soal.

Untuk membuat kunci jawaban dan nilai otomatis dapat dengan cara klik pada bagian bawah soal "Kunci Jawaban". Pilih jawaban soal yang benar untuk jenis soal pilihan ganda. Beri skor pada pilihan poin di soal.



11. Selesai Membuat Soal

Untuk mengakhiri pembuatan soal, bisa langsung klik Kirim dan Klik Tab Tautan dan Ceklist permendek url kemudian klik salin. Dengan demikian link tersebut dapat dibagikan ke para siswa.


Kesimpulan

Membuat Soal Online

1. Buka dirve.google.com
2. Klik kanan di halaman google drive, > buat folder dan isi nama
3. Klik kanan di halaman google drive, > Pilih Lainnya > Google Formulir
4. Klik icon gerigi (setting) di  pojok kanan atas, > Klik tab kuis, > Cek "Jadikan ini sebagai kuis".
5. Tab Presentasi, > Cek "Acak urutan pertanyaan"
6. Tulis Judul Soal dan Deskripsi petunjuk pengisian soal
7. Membuat Identitas > Nama Siswa (Jawaban Singkat), Kelas (Drop Down)
8. Membuat Pasword/Token (Jawaban singkat) > Klik Titik tiga di bagian bawah soal > Pilih Validasi Respons, > Atur kodenya sesuai kebutuhan
9. Aktifkan wajib jawab (Klik wajib diisi)
10. Tambahkan bagian > Tulis Soal, > Kunci jwaban (Pilih Jawaban), > Isi skor poin
11. Selesai > Klik Kirim > Tab Tautan, > Cek permendek url > Klik salin > Bagikan link ke siswa

Note: Cara membuat soal acak klik icon gerigi (setting), > Pilih Tab Presentasi, > Cek acak urutan pertanyaan

Waspadai corona di lingkungan kita. Yuk cek risiko pribadi kita terhadap paparan corona.

Update Artikel Gratis?

0 Response to "Panduan Membuat Soal Online Dengan Pertanyaan Secara Acak Otomatis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.