Cara Menambahkan Peta Situs Untuk Blog Baru Agar Cepat Terindeks Google


ipung.net – Pernahkan anda menuliskan alamat website atau blog anda di pencarian Google? Kadang kala ada yang muncul di Google dan kadang kala tidak. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, yakni situs website atau blog masih baru dan kemungkinan belum terindeks google. Lantas bagaimana caranya biar cepat masuk dan terindeks google? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai tutorial blogging bagaimana cara menambahkan peta situs baru di Google console. Jika anda merupakan seorang blogger pemula maka anda wajib mendaftarkan blog anda ke tools ini.

Peta Situs sangat berguna untuk mengindeks artikel yang anda tulis diblog ini, jika hal ini tidak anda lakukan maka hal ini akan berdampak buruk pada blog anda. Dampaknya apa? Website atau blog tidak akan muncul di laman pencarian Google, sehingga orang yang mencari dengan keyword sesuai website atau blog tidak dapat ditemukan. Parahnya, visitor atau pengunjung website atau blog tidak naik alias sunyi sepi.

Untuk memunculkan artikel blog anda dimesin pencari google, url atau alamat link artikel website atau blog wajib disubmit dengan tools ini. Jika anda malas mensubmit url artikel, maka peta situs akan membantu anda secara otomatis untuk keseluran artikel yang telah dipublish.

Untuk ekstansi peta situs adalah .xml.

Langsung saja yuk ikuti tutorial berikut ini. Apa saja url yang wajib ditambahkan di peta situs?, berikut ulasan yang telah saya rangkum dan saya pelajar sebelumnya.

Cara Menambahkan Peta Situs Baru untuk Blog

Berikut ini cara menambahkan url baru di Google console, ikuti langkah-langkah berikut dengan baik dan benar.

Pertama buka "Google Search Console"
  1. Kemudian silahkan login dengan akun yang terkait dengan blog anda.
  2. Jika dashboard console sudah terbuka, Silahkan pilih Peta Situs.
  3. Kemudian anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.
  4. Lalu masukkan url berikut ini, dan kemudian masukkan text yang bewarna merah ke input tersebut dan kemudian klik kirim. 
  5. Jika sudah anda tunggu dan jika berhasil anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.
  6. Jika sudah selesai anda submit semua, kemudian silahkan anda tunggu selama 1-2 minggu untuk melihat hasil sesudahnya.

Url yang wajib ditambahkan di google console

https://namadomain.com/sitemap.xml
https://namadomain.com/atom.xml
https://namadomain.com/rss.xml
https://namadomain.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED


Kesimpulan
Itulah tadi Cara Menambahkan Peta Situs Baru di Google, semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan berkomentar dikolom komentar.

Ingat, menjadi blogger itu tidak instan. Jadi kita harus tetap semangat dan konsisten. Sesuatu yang dilakukan dengan semangat dan tidak putus asa akan memberikan hasil yang memuaskan.

Enjoy ngeblog, salam blogger Indonesia.

Update Artikel Gratis?

4 Responses to "Cara Menambahkan Peta Situs Untuk Blog Baru Agar Cepat Terindeks Google"

  1. Terimakasih artikel cara menambah site map untuk blog, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semoga bisa dipraktikkan heheh bermanfaat untuk kita semua

      Delete
  2. Wah sejujurnya aku malah baru tau ada google console mas, hehe :D. Kemana aja yak aku :p. Ternyata mudah juga caranya, gak ribet. Sayang banget kalo tulisan bagus tapi nggak keindeks google. Manfaatnya jadi gak meluas. Padahal tujuan nulis salah satunya agar bs bermanfaat. Bisa dicobain deh besok. Makasih infonya mas.

    Salam

    ReplyDelete
  3. Wah mantap mas artikelnya, saya sering make 4 url itu di gsc.

    Salam kenal mas.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silahkan bagikan artikel ini.