Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Yang Dirasakan - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Yang Dirasakan

Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Yang Dirasakan

Sejak dikabarkan virus corona atau covid-19 masuk ke Indonesia. Segala macam protokol kesehatan terus digalakkan diberbagai sektor. Kegiatan di luar ruangan terbatas dan penggunaan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak menjadi rutinitas setiap hari. Upaya ini dilakukan guna mencegah virus yang konon katanya sudah hampir 2 tahun meresahkan umat manusia ini menyebar dari satu orang ke orang lain. Mau tidak mau, patuh terhadap protokol kesehatan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Perkembangan mutasi corona yang terus berkembang menjadikan virus ini mudah menyebar. Selain mematuhi prokes yang ada. Kini setiap orang yang telah menenuhi persyaratan kesehatan juga memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam vaksinasi covid-19. 

Vaksin Covid-19 menjadi salah satu upaya yang akan menjadi dasar untuk meningkatkan imunitas kelompok dalam masyarakat atau istilahnya sering disebut sebagai herd immunity. Ditemukannya vaksin covid-19 merupakan manfaat yang paling dinantikan dalam sejarah manusia era terkini. Pasalnya, dengan menyebarnya virus ini telah banyak menghentikan hampir seluruh aktifitas manusia di dunia. 

Apakah kalian sudah menjadi salah satu bagian dari yang telah ikut serta Vaksin covid-19?

Vaksin Covid-19

Sejak diumumkan adanya pendaftaran vaksin, saya sudah sangat antusias untuk mengikutinya. Alhamdulillah, saya terdaftar sebagai salah satu peserta vaksin yang terdaftar penerima vaksin. Pada saat itu, awal program vaksin dimulai prioritas pertama diberlakukan untuk tenaga kesehatan dan setelah itu untuk tenaga pendidikan. 

Pendaftaran vaksin covid-19 sangat mudah. Saya pada saat itu sudah secara kolektif didaftarkan melalui lembaga pendidikan, sehingga cukup melampirkan data yang tersinkron dengan dapodik sekolah. 

Setelah terdata dan undangan sudah ada. Langsung saja ke tempat lokasi vaksin yang sudah ditentukan. Pada saat itu, vaksin dosis pertama dan dosis kedua dilaksanakan di Balai Kota Yogyakarta. 

Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Yang Dirasakan

Melalui proses pemeriksaan yang ketat dengan prosedur protokol kesehatan, pelaksanaan vaksin covid-19 berjalan lancar. 

Efek Pasca Vaksin Covid-19

Banyak yang bercerita bermacam-macam soal efek yang dialami setelah vaksin covid-19. Apa saja tanda reaksi alergi terhadap vaksin COVID-19? Reaksi yang dirasakan tiap orang berbeda-beda. Mulai dari yang dirasakan mual, pusing, lapar yang sangat, lelah, ngantuk dan lain-lain.  

Secara spesifik, justru efek-efek yang seperti disebutkan tersebut tidak saya rasakan sama sekali. Efek pasca vaksin covid-19 hanya merasakan nyeri dibagian suntikan saja. Mungkin karena tubuh ini kurus dan jarum yang terkena otot menyebabkan nyeri ini. Meskipun demikian, rasa sedikit sakit ini tidak lama karena akan berangsur membaik. 

Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19

Perlu diketahui bahwa, seseorang yang akan disuntik vaksin harus melalui serangkaian pemeriksaan. Apabila perysaratan suntik vaksin terpenuhi, maka dapat dilanjutkan untuk mendapatkan vaksin. 

Apa saja persyaratan untuk mendaftar vaksin covid-19?
  • Usia sesuai kriteria
  • Tidak terpapar covid-19
  • Sembuh dari paparan covid-19 lebih dari 3 bulan
  • Tekanan darah di bawah 180/110 mmHg
  • Tidak memiliki riwayat penyakit penyerta
  • Suhu badan normal
Agar berjalan sesuai dengan jadwal dan lolos pemeriksaan sebelum vaksin covid-19, alangkah baiknya memperhatikan betul kondisi tubuh. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut
  • Makan-makanan bergizi
  • Cukup istirahat untuk merefleksikan tubuh
  • Olahraga ringan dan secukupnya
  • Konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Patuhi protokol kesehatan

Jaga Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi saat ini, menjaga kesehatan daya tahan tubuh sangat penting. Khususnya bagi yang ingin atau akan vaksin covid-19 menjaga daya tahan tubuh diperlukan agar bisa terlaksana dan tidak mengalami beberapa efek samping yang dirasakan. 

Banyak cara yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Diantaranya dengan cukup istirahat dan olahraga rutin. Konsumsilah jenis makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, Kita juga rajin mengkonsumsi multivitamin. Hal ini karena di dalam multivitamin yang kita konsumsi terdapat beberapa kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin D, dan juga vitamin E. 
Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Yang Dirasakan

Bila daya tahan tubuh terjaga, imunitas dapat meningkat dan dapat terhindar dari tertularnya virus corona. Apakah Kamu sudah melakukannya? Semoga dengan adanya artikel ini, kita bisa terus termotivasi betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh ya. Terima kasih. 
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Pengalaman Vaksin Covid-19 dan Efek Yang Dirasakan"