Inilah Daftar Best Venture Capital In Southeast Asia - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Daftar Best Venture Capital In Southeast Asia

Inilah Daftar Best Venture Capital In Southeast Asia


Apa kamu pernah mendengar tentang daftar best venture capital in Southeast Asia? Venture capital atau bisa juga disebut sebagai modal ventura adalah bentuk bantuan pendanaan yang diberikan oleh perusahaan Ventura Capital ke sebuah perusahaan. Biasanya itu dilakukan pada tahap awal atau akhir berdasarkan spesialisasi dari perusahaan capital tersebut.

Salah satu perusahaan modal ventura yang populer di Indonesia adalah Alpha JWC ventures. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa tahun lalu sempat memberikan dana sebesar US$ 5 Juta ke anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming. Tidak pelak hal itu menjadikan Alpha JWC adalah salah satu dari best venture capital in Southeast Asia.

Daftar Best Venture Capital in Southeast Asia

Untuk mengetahui mana saja perusahaan modal ventura terbaik di Indonesia, simak ulasannya di bawah ini.

1. Alpha JWC

Pertama ada Alpha JWC yang sudah sempat kita singgung sebelumnya. Berdiri sejak tahun 2015, Alpha JWC ini adalah salah satu perusahaan venture capital terbesar di Indonesia atau bahkan di Asia Tenggara. Pada debut awalnya, perusahaan ini menggunakan dana sebesar USD 50 Juta yang diluncurkan pada tahun 2016. Hal itulah yang membuat Alpha JWC sebagai perusahaan modal ventura pertama di Indonesia.

Sebagian besar, Alpha JWC berinvestasi di Indonesia dan juga berkomitmen mendukung para pengusaha pada bidang teknologi yang inovatif. Tidak hanya melalui investasi keuangan awal dan lanjutan saja, tetapi juga dalam bentuk dukungan jangka panjang.

Fokus salah satu best venture capital in Southeast Asia ini adalah berinvestasi di perusahaan jenis Fintech dan juga Konsumen Berkelanjutan. Contoh Perusahaan yang diberi modal oleh Alpha JWC antara lain Kopi Kenangan, Finaccel, Carro, GudangAda, dan Ajaib.

2. Qualgro

Qualgro adalah salah satu perusahaan venture capital terbaik di Asia yang berbasis di Singapura, Asia Tenggara. Perusahaan ini mendukung setiap pengusaha berbakat yang tertarik pada pertumbuhan regional maupun global. Qualgro juga sempat berinvestasi di negara-negara daerah Asia Tenggara, Australia/Selandia Baru, dan fokus berinvestasi dalam tahapan seed, Seri A dan Seri B.

Fokus perusahaan ini adalah dalam data B2B, SaaS, dan perusahaan artificial intelligence (kecerdasan buatan). Contoh perusahaan yang menggunakan salah satu best venture capital in Southeast Asia ini adalah Ralali, Funding Societies, Engage Rocket, Edmicro, dan juga Shopback.

3. Openspace Ventures

Selanjutnya ada perusahaan Openspace Ventures yang berinvestasi di perusahaan teknologi pada tahap awal di Asia Tenggara. Portofolio investasi yang tersedia bahkan mencakup perusahaan teknologi B2C dan B2B. Jenis pembiayaan didukung perusahaan untuk pengusaha yang berada pada tahap awal seeding fund.

Perusahaan venture capital teratas di Asia Tenggara ini umumnya berinvestasi pada tahap Seri A atau Seri B dengan komitmen dana sekitar US$500 juta. Hal itu juga yang membuat Openspace ventures masuk dalam jajaran best venture capital in Southeast Asia. Beberapa perusahaan yang menggunakan modal dari Open space Venture antara lain GoTo Group, Biofourmis, Sensorflow, Finnomena, dan Nano (VUI).

4. Insignia Ventures Partners

Insignia Ventures Partners merupakan perusahaan venture capital yang lebih mengkhususkan diri dalam berinvestasi pada bidang startup. Perusahaan ini juga berkomitmen untuk berinvestasi pada perusahaan teknologi di Asia Tenggara.

Portofolio Insignia Ventures Partners tersebar di negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, dan Indonesia. Contoh usaha yang menggunakan modal dari perusahaan ini antara lain Tonik, Edmicro, Shipper, Super, Rainforest.

5. Global Founders Capital

Perusahan Global Founders Capital telah didirikan di daerah Jerman. Perusahaan venture capital ini merupakan benih dan tumbuh berorientasi pada pemerintah yang mengakifkan para pengusaha.

Investasi yang dilakukan Global Founders Capital mencakup Singapura, Malaysia, Indonesia, dan juga Filipina. Perusahaan ini berinvestasi pada pengusaha dalam bidang kecerdasan buatan, realitas, data besar, perdagangan, keuangan, dan permainan.

Contoh pengusaha yang menggunakan dana dari Global Founders Capital ini antara lain Traveloka, Lazada, Klikdaily, UnaBrands, dan juga Naluri.

6. SG Innovate

SG Innovate didirikan pada tahun 2016. Perusahaan SG Innovate ini merupakan salah satu usaha venture capital terbaik yang berada di Singapura. Fokus utama SG Innovate ini adalah untuk pertumbuhan startup teknologi yang mendalam.

Selain itu, perusahaan ini juga lebih memberikan modal pada jenis usaha di bidang B2B MedTech, Quantum Tech, Keuangan, dan AI B2B perusahaan.Contoh perusahaan yang memakai modal dari SG Innovate ini antara lain Whitecoat, Funding, Eureka AI, dan juga Biofourmis.

7. Golden Gate Ventures

Golden Gate Ventures merupakan salah satu perusahaan venture capital tahap awal yang pusatnya ada di Singapura. Meskipun begitu, Fokus utama salah satu best Venture capital in Southeast Asia ini memang condong ke Asia Tenggara. Pada 2019, perusahaan ini tercatat portofolionya di Negara Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan juga Vietnam.

Perusahaan Golden Gate Ventures ini berinvestasi dalam produk dan layanan Internet bagi pelanggan di berbagai industri. Hal itu juga termasuk pada e-commerce, pembayaran, pemasaran, aplikasi seluler, dan SaaS. Contoh perusahaan yang menggunakan dana dari Golden gate Ventures antara lain Gojek, Printerous, Ayannah, Carousell, dan juga VN.

8. Gobi Partners

Terakhir ada Gobi Partners yang merupakan perusahaan venture capital tahap awal hingga akhir. Lokasi perusahaan ini berbasis di Shanghai, China. Pada awalnya, Gobi Partners didirikan untuk mengambil keuntungan dari populernya teknologi, media, dan telekomunikasi daerah China. Lambat laun, perusahaan ini telah berkembang dan memiliki sembilan cabang seperti di Cina, Jepang, Hongkong, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Perusahaan ini lebih berfokus di China dan Asia Tenggara. Gobi Partners berkomitmen untuk membantu dan mendukung pasar di negara berkembang yang sempat diremehkan oleh modal ventura hingga jaringan pendukung bisnis lainnya. Contoh Perusahaan yang memakai dana Gobi Partners antara lain Orami, Deliveree, Fastwork, Carsome, dan juga Glints.

Demikian daftar best venture capital in Southeast Asia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber Gambar:
https://unsplash.com/photos/44QtHj3fZDY
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Inilah Daftar Best Venture Capital In Southeast Asia"