Cara Mengatasi Iklan Adsense yang Berat dan Mempercepat Loading Blog Dengan Lazy Load Adsense


ipung.net - Google Adsense menjadi daya tarik semua publisher. Semua berlomba-lomba untuk dapat memperolehnya karena dengan cara inilah pundi-pundi uang bisa dihasilkan. Setelah melalui proses panjang, kadang pengajuan adsense bisa di tolak atau di terima. Berysukur bagi yang lolos dan langsung dapat memasang iklan google adsense di  laman blog yang di inginkan. Namun tahukah kalian? Setiap kali kita menambahkan kode iklan, tanpa kita sadari pagespeed atau ukuran kecapatan loading pada blog kita akan terasa semakin lama dan berat. 

Betewe on the baswee.. Gimana sih caranya juga melihat pagespeed atau kecepatan loading blog kita? Nah untuk informasi ini silahkan baca lebih lanjut di artikelnya link di bawah ini.

Loading yang lama dan berat pada blog tentu akan menjadi masalah baru bagi kita. Selain merugikan dari segi kuota (bagi pemilik kuota yang terbatas) yang berdampak pada ekonomi dan tentunya akan merugikan visitor ke blog kita. Logikanya, visitor bakal tidak betah dengan menunggu lama karena loadingnya juga lama. Jadi, keuntungannya blog dengan pagespeed ringan adalah mempermudah akses orang lain untuk segera membuka tampilan blog kita. 

Jadi gimana solusinya?

Memasang Lazy Load Adsense

Solusi yang saya sarankan  adalah dengan menambahkan script tambahan untuk memperingan loading adsense. Sistem kerja kode lazy load caranya lumayan sederhana. Saat kita membuka halaman blog, iklan adsense tidak akan segera tayang, melainkan akan muncul sesaat setelah kita melalukan scrolling di halaman blog kita. Jadi Javascript Google Adsense hanya akan muncul setelah kita scrolling halaman situs. 

Buka Dasbord Blogger kalian, kemudian klik menu Tema dan pilih Edit HTML. Di kolom kode html silahkan kalian cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Setelah ditemukan, lanjut copy paste di atasnya kode berikut ini 

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>


</script>


Sebelum melakukan pemasangan kode di atas, sebaiknya kalian menghapus semua link JS Adsense yang sudah terpasang pada unit iklan seperti kode di bawah ini.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Simpan dan lihatlah hasilnya. Sukses selalu

Semoga artikel tentang tips blogger tentang Cara Mengatasi Iklan Adsense yang Berat dan Mempercepat Loading Blog Dengan Lazy Load Adsense dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di blog kalian. Apabila masih menemukan kendala selama pemasangan atau ingin bertanya dan lain sebagainya, bisa meninggalkan komentar di bawah ini. 

0 Response to "Cara Mengatasi Iklan Adsense yang Berat dan Mempercepat Loading Blog Dengan Lazy Load Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel