Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor


Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

IPUNG.NETCara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor. Produk elektronik yang paling dibutuhkan dan paling membantu meringankan pekerjaan rumah tangga salah satunya adalah mesin cuci. Saking sering menggunakannya, tentu kita tidak luput dari yang namanya kerusakan pada mesin cuci.

Kerusakan mesin cuci yang kerap dialami, salah satunya adalah kran air mesin cuci bocor atau gearbox mesin cuci bocor atau seal mesin cuci bocor. Bila Anda pernah mengalami hal tersebut, pasti kita terlebih dahulu akan mencari tahu cara mengatasi cuci yang keluar terus airnya. Bahkan, bila air tersebut keluar dari tabung mesin cuci, kita bakal berfikir bagaimana cara menambal tabung mesin cuci yang bocor tersebut.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Cara memperbaiki mesin cuci bocor bukan sesuatu hal yang dianggap sepele. Hal ini lantaran karena mesin cuci memegang peranan penting dalam rumah tangga. Apabila tidak segera diperbaiki, maka bakalan banyak tumpukan pakaian kotor setiap harinya dan akan membuat kita semakin kualahan jika terus tertunda. Solusinya kita harus segera mengetahui cara memperbaiki mesin cuci bocor.

Penyebab Mesin Cuci Bocor

Mesin cuci bocor apa penyebabnya? penyebab mesin cuci bocor banyak sekali faktor yang menyebabkannya. Kebocoran yang menyebabkan air mesin cuci tidak bisa tertampung dikarenakan katup karet di dalam tabung tertutup sesuatu, bisa karena logam uang yang dikantong pada baju atau celanan saat dimasukkan ke mesin cuci atau tersumbat kotoran. 

Cara mengatasi mesin cuci yang keluar terus airnya adalah dengan melihat katup karet pada tabung mesin cuci, apakah ada yang menyumbat pembuangan air tersebut atau tidak. Hal ini disebabkan karet mesin cuci paling sering tesumbat uang logam atau koin dan mengakibatkan mesin cuci bocor karena air terus mengalir. 

Mengapa mesin cuci tidak bisa menampung air? seperti yang dijelaskan sebelumnya, mesin cuci yang mengalami kerusakan kebocoran air disebabkan karena tidak bisa menampung air. Hal ini disebabkan adanya kerusakan mesin cuci yang lebih tepatnya pada saluran pembuangan air. Kerusakan ini biasa terjadi pada mesin cuci 1 tabung atau mesin cuci 2 tabung. 

Solusi Antisipasi Mesin Cuci Bocor

Solusi mengatasi mesin cuci bocor karena tersumbat tersebut adalah rajin-rajinlah memeriksa setiap saku pakaian sebelum memasukkan ke dalam tabung mesin cuci, terutama pada mesin cuci tabung 1 dari pada mesin cuci tabung 2.

Cara memperbaiki pembuangan air mesin cuci yang tersumbat adalah dengan mengeceknya. Lihat pada bagian karet mesin cuci dan selang atau saluran pembuangan air. Apakah ada yang menyumbat baik koin logam atau kotoran. Apabila terdapat penyumbatan segera lakukan pembersihan agar air dapat mengalir dengan lancar dan mesin cuci dapat kembali dioperasikan. 

Selain beberapa cara mudah mengetahui penyebab mesin cuci bocir di atas, tentuk masih banyak cara memperbaiki mesin cuci bocor yang perlu dicari solusinya biar tidak terjadi kembali. Berikut ini tips memperbaiki mesin cuci bocor sendiri di rumah.

Panduan Memperbaiki Mesin Cuci Bocor Sendiri Di Rumah

Kerusakan yang biasa terjadi pada mesin cuci harus segera diperbaiki. Hal ini biar tidak memperparah kerusakan mesin cuci. Selain itu pekerjaan rumah juga tidak semakin menunpuk ya. Untuk memperbaiki mesin cuci yang bocor, berikut ini panduan umum yang bisa kita lakukan di rumah.

Cari Tahu Sumber Kebocoran

Sumber kebocoran  dapat dilihat pada lokasi yang banyak tergenang air. Cek asal muasal air yang keluar dari mesin cuci. Pastikan kondisi mesin cuci berada pada tempat yang rata. Apabila ada hal yang menyumbat saluran pembuangan air, segera lakukan pembersihan atau mengganti slang dan gasket. Pastikan pula pembuangan air telah terpasang dengan rapat dan tidak lepas atau ada celah yang memungkinkan air keluar.

Periksa Beban Mesin Cuci

Pada saat hendak mencuci, sebaiknya timbang pakaian agar tidak terjadi over berat pakaian saat dimasukkan ke dalam mesin cuci. Hal ini untuk antisipasi lonjakan air yang tidak tertampung pada mesin cuci yang menyebabkan mesin cuci bocor hingga mesin cuci tidak dapat berputar.

Takaran Sabun Mesin Cuci

Menuang sabun ke dalam mesin cuci tidak boleh sembarangan. Gunakanlah takaran sesuai kebutuhan dalam mencuci pakaian. Apabila terlalu banyak menuangkan sabun, maka sabun yang tercampur air akan menjadi busa berlebih sehingga busa meluap dan menyebabkan terjadinya kebocoran. Untuk mendapatkan takaran sabun dan busa yang sesuai gunakanlah rinso cair matic.

Video Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor


Demikianlah artikel yang mengulas cara memperbaiki mesin cuci bocor dengan mudah dan dapat diantisipasi di rumah. Semoga bermanfaat.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor"