Cara Menghilangkan Jamur Pada Tembok Yang Lembab - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Jamur Pada Tembok Yang Lembab

Cara Menghilangkan Jamur Pada Tembok Yang Lembab

Cara tepat menghilangkan jamur di tembok menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan hampir semua orang. Hal ini tidak lain karena banyak cara menghilangkan jamur pada tembok yang lembab tidak efektif. Bahkan ada cara menghilangkan jamur di tembok agar tidak tumbuh lagi, justru jamur tembok makin tumbuh subur dan merata. 

Kondisi ini mungkin pernah kan Kalian alami? Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Menghilangkan Jamur Pada Tembok Yang Lembab

Bagi kalian yang sedang mencari solusi masalah tersebut? Yuk simak ulasan tentang jamur tembok berikut.

Penyebab Tembok Berjamur

Mengapa tembok jamuran? Jamur tembok yang sering menempel pada dinding disebabkan karena banyak faktor. Salah satu faktor penyebab utama tembok berjamur adalah kelembaban. Faktor ini bisa banyak pemicunya, diantaranya dinding yang rembes air hujan dari luar, rembesan air dari penampungan, pipa air yang bocor, ventilasi yang buruk, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Mengatasi Tembok Berkeringat

Tembok berkeringat dapat terjadi karena lembab atau ada rembesan air. Untuk mengantisipasi tembok yang lembab, pastikan dinding rumah tidak ada yang mengalami rembesan air. Baik rembesan air hujan maupun rembesan air penampungan. Jadi sudah tau juga kan mengapa tembok berair?

Selain itu, buatlah rumah dengan banyak ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara lebih teratur. Kalau bisa, pastikan dalam rumah mendapatkan sorotan matahari, yakni dengan memasang atap kaca atau lain sebagainya.

Selain di atas, cara menghilangkan lembab di dinding dapat dilakukan beberapa langkah lainnya, seperti:
  • Cek talang dan pipa air
  • Perhatikan sirkulasi udara
  • Bersihkan jamur pada dinding
  • Amplas dinding yang terkena jamur dan lumut
  • Oleskan kaporit
  • Cat ulang dinding dengan cat waterproof
  • Rutin membersihkan tembok
  • Dan lain-lain

Bahaya Tembok Berjamur

Jamur yang menempel pada tembok atau dinding rumah memiliki kesan terlihat kotor dan kumuh. Selain itu, mewaspadai adanya potensi sumber penyakit akibat jamur tembok ini juga perlu diantisipasi sebelum semuanya terlambat.

Bercak-bercak yang menempel dinding, warna kehitam-hitaman, tembok berkeringat, tembok lembab merupakan beberapa ciri-ciri tembok berjamur. Perbedaan tersebut disebabkan karena jenis jamur tembok yang menempel dinding.

Risiko sumber penyakit akibat jamur tembok dapat terjadi apabila jenis jamur tembok ini menempel dinding, terhirup, dan mengenai kulit kita. Kondisi ini akan sangat berbahaya lagi bila jamur tembok jatuh dan mengenai makanan dan kita memakannya. 

Oleh karena itu, jamur tembok tidak boleh kita biarkan begitu saja, maka perlu ada solusi bagaimana cara menghilangkan jamur di tembok agar tidak tumbuh lagi.

Berikut ini beberapa potensi bahaya tembok berjamur bagi kesehatan kita yang perlu diantisipasi

Alergi

Seseorang yang sering mengalami bersin-bersin dan gatal-gatal pada kulit, bisa jadi disebabkan karena adanya alergi akibat berkembangnya jamur pada tembok rumah.

Apabila seseorang tersebut keluar rumah dan tidak mengalami bersih-bersin apalagi gatal pada kulit, maka hal ini bisa disebut dengan alergi jamur (mold alergy).

Sesak Nafas

Jamur tembok dapat mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Bagi orang yang memiliki riwayat Asma, keberadaan jamur tembok sangat membahayakan. Hal ini lantaran jenis tembok jamur dapat menjadi iritan yang banyak menghasilkan racun. 

Oleh karena itu, bila seseorang penyandang Asma berada di dekat tembok berjamur maka akan memicu kambuhnya gejala sesak nafas akibat menghirup udara yang terkontaminasi jamur tembok tersebut.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan cepat membuka semua jendela rumah, pintu agar sirkulasi udara menjadi lancar. Pastikan setiap hari, ruangan juga selalu dibersihkan agar debu tidak menempel dan beterbangan bersamaan dengan jamur tembok yang berbahaya.

Sinusitis

Bahaya lainnya yang disebabkan jamur tembok berikutnya adalah sunisitis. Apa itu sinusitis? Sinusitis adalah suatu penyakit peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Penyakit ini dipicu karena proses infeksi oleh bakteri, virus, maupun jamur dan bahkan bisa dipicu non-infeksi seperti alergi.

Apakah rumah Kalian banyak ditumbuhi jenis jamur tembok? Apabila dinding rumah Kalian banyak ditumbuhi jamur tembok maka risiko terkena sinusitas sangat tinggi. Biasanya, jamur tembok ini banyak terdapat pada tempat lembab yang ada di rumah, seperti dinding dapur, dinding kamar mandi, dll.

Infeksi Bakteri E-Coli (Escherichia coli)

Tembok yang lembab sering berjamur dapat membahayakan kesehatan, diantaranya adanya infeksi bakteri e-coli. Bila hal ini terjadi, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya seperti infeksi saluran kemih, pneumonia, dan diare.

Biasanya, penderita yang terkena infeksi ini akan mengalami rasa nyeri atau perut keram. Perut terasa mual, muntah dan buang air besar cair. Kondisi badan akan terasa lesu dan lemah, serta demam hingga dehidrasi.

Infeksi Bakteri Staphylococcus Aureus

Jenis jamur tembok yang lembab diantaranya dapat ditumbuhi bakteri staphylococcus aureus. Bahaya yang ditimbulkan akibat microorganisme ini adalah bagian organ tubuh, seperti kulit, sendi dan saluran cerna akan mengalami masalah serius. 

Biasanya, penderita akan mengalami gejala yang berbeda, diantaranya gelisah, sesak nafas, demam dan tekanan darah menjadi rendah. Apabila ini terjadi, jangan tunggu lama-lama. 

Langsung segera periksa ke dokter.

Bagaimana cara mengatasi dinding berjamur?

Dinding berjamur menjadi persoalan serius karena faktor tembok lembab. Salah satu cara mengatasi tembok berjamur adalah dengan memberikan semprotan cairan anti jamur (fungisida). Hal ini bisa dilakukan secara rutin dan berkala sebagai bentuk antisipasi bahaya tembok berjamur.

Jenis cairan anti jamur (fungisida) bisa anda dapatkan di toko material bangunan atau toko cat terdekat. Konsultasikan terlebih dahulu sebelum membeli dan pelajari cara penggunaannya agar tidak berbahaya juga bagi penggunanya. Selain cairan anti jamur, Kalian juga bisa menggunakan cat. Untuk pertanyaan cat apa untuk tembok lembab? Bisa ditanyakan spesifikasinya di toko cat terdekat. Kalian akan diberikan banyak solusi alternatif dan rekomendasi terbaik.

Cara Tepat Menghilangkan Jamur di Tembok

Supaya jamur di tembok mati dan tak lagi tumbuh di dinding rumah Kalian , maka cobalah cara tepat menghilangkan jamur di tembok berikut ini.

Bersihkan dinding dengan Baking Soda

Kandungan asam yang terdapat di dalam baking soda memiliki khasiat untuk memberantas jamur sampai ke akar-akarnya. Cara menggunakannya, silahkan ambil baking soda dan campurkan dengan air dingin. Pakailah lap kering yang dicelupkan ke cairan baking soda tersebut untuk membersihkan jamur diseluruh permukaan dinding rumah.

Sikat Menggunakan Cuka

Dinding rumah yang ditumbuhi jamur dapat dibersihkan dengan cuka putih. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyiram cuka ke permukaan dinding dan kemudian sikat hingga bersih. 

Setelah dirasa sudah selesai, bersihkan sisa cairan cuka yang menempel di dinding dengan air bersih. Hal ini bertujuan agar sifat asam cuka tidak menyebabkan dinding mengelupas di kemudian hari.

Bersihkan dengan karbol atau pemutih pakaian

Selain baking soda dan cuka, Anda dapat memanfaatkan jenis karbol atau pemutih pakaian untuk membersihkan dinding dari jamur tembok. Campuran bahan kimia yang terkandung dalam karbol ini sangat efektif dalam membunuh lumut. 

Cara penggunaannya langsung disemprotkan pada permukaan dinding dan kemudian digosok hingga bersih. Setelah jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.
 
Selain untuk mencegah kembalinya jamur tumbuh lagi, Anda juga dapat sekaligus menghilangkan kuman dan kutu yang tertinggal di dinding dengan cara menyemprotkan obat nyamuk.

Kesimpulan

Cara tepat menghilangkan jamur di tembok dapat dilakukan dengan cara memperlakukan dinding secara tepat. Salah satunya mencegah dinding rumah agar tidak dalam kondisi lembab. 

Perhatikan sirkulasi udara dan rutinlah membersihkan rumah. Semoga artikel ini juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jamur di tembok yang lembab, cara menghilangkan jamur pada cat tembok, cara menghilangkan jamur di tembok kamar mandi, cara menghilangkan jamur cat tembok, cara menghilangkan jamur pada tembok kamar, cara menghilangkan jamur pada tembok rumah, cara menghilangkan jamur putih di tembok, cara menghilangkan noda jamur pada tembok, cara menghilangkan noda jamur di tembok, dan cara lainnya.