Widget HTML #1

Kuliah Online, Kelebihan Dan Biayanya

Kuliah Online, Kelebihan Dan Biayanya

Kuliah online dikenal pula dengan nama kuliah daring atau adopsi dari bahasa Inggris yakni Online Learning. Dahulu, model kuliah ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar para karyawan. Sembari bekerja sekaligus mengenyam pendidikan melalui jalur kelas karyawan atau kuliah online. 

Di saat kondisi pandemi covid19 yang tengah mewabah ini, model kuliah online serentak dilakukan oleh seluruh lembaga instansi pendidikan tanpa terkecuali. Berbagai media pembelajaran jarak jauh dioptimalkan sebagai pengganti pembelajaran tatap muka. Upaya ini dilakukan guna melindungi para tenaga pengajar dan siswa dari terjangkitnya virus corona. 

Kodisi ini menyebabkan pergeseran dimana kuliah online yang biasa dilakukan oleh para karyawan, kini semua pelajar/mahasiswa menjadi setara merasakan pembelajaran jarak jauh atau online learning

Kuliah Online

Apa itu Kuliah Online? 

Seperti halnya ulasan di atas, kuliah online merupakan sebuah sistem perkuliahan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang memanfaatkan  teknologi Internet sebagai penghubung komunikasi pembelajaran jarak jauh yang mampu menampilkan media modul kuliah, rekaman video, audio atau karya tulis serta lain-lainnya. 

Kelebihan Kuliah Online

Sistem kuliah online disaat masa pandemi seperti sekarang banyak dilaksanakan disemua perguruan tinggu. Kuliah online menjadi solusi alternatif sebagai pembelajaran tatap muka yang berisiko terjadi penularan virus corona. Seperti yang diulas sebelumnya, sistem kuliah online lebih diminati oleh para karyawan/pegawai yang memiliki minat menuntut ilmu sambil bekerja. 

Para karyawan/pegawai memilih kuliah online disebabkan karena jadwal yang fleksibel dan tidak menganggu waktu bekerja. Selain itu, pelaksanaan kuliah online tidak terikat waktu dan tempat sehingga bisa dilakukan kapan dan dimanapun berada. Asalkan Kita terhubung dengan akses Internet maka kegiatan belajar mengajar sistem kuliah online menjadi lancar. Alasan inilah yang menjadikan sistem kuliah online banyak peminatnya. Lantas bagaimana di masa pandemi ini? 

Kuliah online disaat pandemi juga diterapkan agar penyebaran corona tidak semakin menyebar. Meskipun dilakukan secara daring, pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan peran internet ini juga harus sesuai dengan standar kelayakan, yakni standarisasi dan pengawasan dari lembaga pendidikan tinggi. 

Hambatan Kuliah Online

Meskipun dirasakan banyak kelebihan atau manfaat yang mempermudah transfer knoledge atau berbagi ilmu pengetahuan. Namun nyatanya masih ada saja hambatan yang ditemukan selama kuliah online diberlakukan. 

Akses internet yang terkadang tidak stabil dibeberapa daerah menjadikan kendala berlangsungnya proses kegiatan belajar daring. Selain itu, para pelajar juga harus merogoh kocek lebih untuk membeli paket kuota internet guna mendukung kuliah online. 

Hambatan tersebut sebenarnya bukan menjadi masalah berarti jika ada tekad kuat dalam menuntut ilmu. Ibaratnya ya pasti ada jalan menuju ke roma. Sehingga bisa dipastikan bahwa kuliah online jauh lebih banyak manfaatnya ya. 

Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat saat ini, kemampuan belajar mengajar mampu menembus batas ruang dan waktu tanpa sekat. Padahal selama ini ruang gerak manusia. Oleh karena itu Kita wajib bersykur denfmgan hadirnya teknologi yang membantu Kita dalam kegiatan kuliah online sehingga bisa berjalan lancar. 

Manfaat Kuliah Online

  • Kegiatan kuliah online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun berada tanpa ada batas ruang dan waktu. 
  • Kegiatan kuliah online fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutujan mahasiswa sehingga tidak menggangu jadwal kerja.
  • Kuliah online yang mengharuskan membagi waktu kuliah dan kerja mampu menumbuhkan sikap disiplin dan mandiri
  • Kuliah online tidak memakan biaya yang mahal bahkan terjangkau untuk semua kalangan dan bisa berhemat.
  • Kuliah online memiliki materi perkuliahan yang sangat banyak sehingga para mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu pula.
  • Kuliah online mendidik mahasiswa untuk terbiasa dengan era digital industri 4.0
  • Kuliah online diyakini sebagai solusi alternatif dalam pemerataan pendidikan di Indonesia.

Demikianlah uraian sekilas seputar kuliah online atau online learning. Semoga Kita semua diberikan ilmu bermanfaat. Terima kasih. 

ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Kuliah Online, Kelebihan Dan Biayanya"