Cara Membuat Website Bagi Pemula - ipung.net
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Website Bagi Pemula

Cara Membuat Website Bagi Pemula

Diera digitalisasi seperti saat ini kebutuhan informasi cepat sangat diperlukan. Salah satunya melalui platform website. Bagi sebagian besar orang, cara membuat website bagi pemula sangat sulit. Oleh karena itu perlu adanya panduan atau cara membuat website bagi pemula dari nol. 

Tips Membuat Website Sendiri

Berikut ini tips sederhana dan mudah bagi kalian para pemula yang ingin membuat website sendiri dari rumah dan bahkan dari nol. Bagi kalian yang belum memiliki skill coding dan lain-lain sangat bisa membuat website sendiri ini. Berikut ini tips membuat website sendiri dari nol.

Tentukan Platform Website

Platform website saat ini banyak dan beraneka macam sesuai dengan kebutuhan dan selera kita. Beberapa diantaranya platform website yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
  • Wordpress
  • Joomla
  • Wix
  • Shopify
  • Squarespace
  • Dupal
  • Blogger
  • Laravel
  • Ruby on Rails
Platform website memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, sebagian besar pengguna internet di dunia lebih dari 30% paling banyak menggunakan Wordpress sebagai platform membuat website. 

Alasan Wordpress Populer di Dunia

Wordpress sebagai platform website ini menjadi populer dan banyak digunakan di dunia karena gratis dan user friendly serta mudah di install. Komunitas antar pengguna sangat besar dan Kalian bisa bergabung untuk saling bertukar informasi dan belajar bersama. Selain itu, Wordpress juga memiliki tampilan yang responsive dan sangat optimal disegala perangkat baik PC maupun Mobile. Untuk mendapatkan fitur terbaik lainnya yang tersedia Kalian bisa menggunakan lisensi berbayar yang sangat mendukung website secara profesional.

Pilihlah Domain dan Hosting Berkualitas

Perlu diketahui bahwa website yang ada di Internet dapat diakses karena telah memiliki nama domain dan web hosting. Nama domain adalah nama alamat website kalian, seperti blog ini bernama IPUNG.NET

Ekstensi nama domain berbagai macam. Pilihlah ekstensi nama domain populer agar website kalian lebih profesional. Beberapa nama ekstensi domain yang dapat digunakan diantaranya, .com, .net, .org, .co.id, .id, dan lain-lain.

Hindari penggunaan subdomain gratis seperti namawebsite.blogspot.com. Namun apabila kalian masih dalam tahap belajar menggunakan subdomain gratisan ini justru dianjurkan. Apabila sudah baik bisa membeli nama domain sesuai dengan keinginan kalian di beberapa penyedia resmi nama domain.

Adapun jasa penyedia nama domain resmi dan terpercaya di Indonesia, diantaranya:
  • Domainesia.com
  • Rumahweb.com
  • Idwebhost.com
  • Exabytes.co.id
  • Jagoanhosting.com
  • dll

Memilih Nama Domain

Nama domain sangat menentukan agar orang lain dapat dengan mudah mengakses website kalian di Internet. Domain ini merupakan nama website dan dapat dibeli di jasa penyedia nama domain. Harga domain dimasing-masing penyedia domain bervaariasi tergantung dari promo yang diberikan. Untuk ekstensi domain .com sekitar 99 ribu s/d 125 ribuan. Cukup murah dan terjangkau harga domain .com ini yang dapat digunakan selama 1 tahun. Bahkan, untuk perpanjangannya harganya tidak selisih banyak. 

Tips Memilih Nama Domain

Berikut ini tips sebelum membeli domain, yakni menentukan nama domain yang bagus untuk kalian.
  • Gunakan nama yang singkat dan simple, apabila kalian ingin membuat website untuk pribadi bisa menggunakan nama kalian seperti blog saya ini IPUNG.
  • Gunakan esktensi domain populer, seperti .com, .net, .org, .co.id, .id.
  • Hindari menggunakan nama dengan angka karena akan dianggap spam.
  • Nama domain bebas pelanggaran. Kalian bisa cek nama domain terlebih dahulu di https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/. Cek spam score dan backlink yang ada apabila domain yang dipilih sudah pernah digunakan orang lain. Selain itu, hindari pula nama domain yang terblokir oleh internet positif.
  • Cek ketersediaan nama domain dengan pilihan ekstensi domain

Cara Cek Ketersediaan Domain

Saya lebih suka menggunakan domainesia.com untuk mengecek ketersediaan nama domain. Tampilan nama domain yang tersedia sudah termasuk ekstensi domain lengkap dengan harganya. Jadi sangat simple dan mudah untuk mengecek ketersediaan domainnya. Apabila sudah menemukan nama domain yang cocok bisa langsung diorder. 

Memilih Web Hosting

Hosting merupakan istilah lain dari rumah untuk website kalian sedangkan domain itu alamat rumah website kalian. Nah, untuk memilih rumah pastikan kalian memilih hosting berkualitas ya. 

Kriteria Web Hosting Berkualitas

Web hosting memiliki keamanan tinggi
Kecepatan loading time yang tinggi
Ketersediaan server dengan garansi uptime
Dukungan pelanggan full time 24/7

Jenis Web Hosting Berkualitas

Penyedia layanan hosting akan memberikan beberapa pilihan jenis web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kalian. Berikut ini beberapa jenis web hosting yang dapat dipilih.

Shared Hosting
Layanan shared hosting jenis ini sangat cocok bagi pemula yang sedang merintis website dengan skala trafik kecil. Share hosting merupakan layanan populer karena harganya yang terjangkau. Jenis layanan ini mengharuskan kalian berbagi satu komputer server dengan situs lainnya. 

Cloud Hosting
Jenis layanan ini merupakan perpaduan antara shared hosting dan virtual private server (VPS). Pengelolaan shared hosting dan kapasitas besar untuk penyimpanan menjadi ciri khas dari VPS. 

VPS Hosting
Virtual Private Server adalah salah satu jenis hosting dengan penawaran kapasitas penyimpanan serta performa lebih baik dari layanan lainnya. Bila kalian memiliki trafik website yang tinggi maka pengelolaannya disarankan untuk menggunakan VPS Hosting ini. 

Setelah memahami beberapa materi di atas, kalian bisa langsung order nama domain dan hosting sesuai kebutuhan. Kemudian ikuti panduan membuat website yang diberikan oleh penyedia domain dan hosting pilihan kalian. 

Apabila dirasa masih memiliki kesulitan dalam membuat website sendiri, Kalian bisa menggunakan jasa website murah jogja. 

Jasa Website Murah

Jasa Website Murah menyediakan jasa untuk pembuatan website, digital marketing, dan inovasi karya digital lainnya yang terintegrasi. Bagi kalian yang masih bingung dan tentunya tidak memiliki waktu untuk membangun website sendiri maka solusinya bisa mempercayakan ke penyedia jasa ini. 

Berikut ini beberapa layanan yang disediakan, diantaranya
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Web App
  • Jasa Pemeliharaan Website
  • Jasa Desain Web
  • Digital Marketing
  • Branding Identity
Yuk segera hubungi jasa pembuatan website Jogja yang profesional dengan harga murah dan terjangkau. Semoga ulasan cara membuat website untuk pemula ini dapat bermanfaat. Apabila ada hal yang perlu ditanyakan bisa ditulis dikolom komentar ya guys. Terima kasih. 
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Membuat Website Bagi Pemula"